Jika dibandingkan dengan Yogyakarta atau Semarang, dari segi wisata nama Blora mungkin belum sepopuler kedua kota tersebut. Tapi meski begitu, bukan berarti kota ini menjadi halal untuk dilewatkan begitu saja oleh para petualang. Di kota yang berbatasan langsung dengan Rembang dan Kabupaten Pati ini ada banyak tempat wisata yang bisa kamu singgahi.

Secara umum Blora memiliki topografi yang didominasi oleh batuan kapur baik di bagian selatan dan utaranya. Maka gak heran kalau di kota yang menjadi salah satu daerah penghasil minyak ini terdapat banyak bukitan kapur yang mengelilinginya. Eh daripada berlama-lama, mendingan langsung saja kita ulas berbagai tempat wisata yang menarik di Blora:

1. Menapaki keindahan Goa Terawang saat siang hari menjadi agenda wajib saat kamu berwisata di Blora

keindahan Goa Terawang

keindahan Goa Terawang via goaterawangblora.blogspot.com

Advertisement

Salah satu goa yang keindahannya layak kamu telusuri saat berpetualang di Blora adalah Goa Terawang. Goa Terawang terletak di kawasan goa seluas 13 hektar yang sekaligus menjadi salah kompleks goa terbesar yang ada di Jawa Tengah. Di kompleks ini sebenarnya tidak hanya ada Goa Terawang saja, tapi juga terdapat enam goa lainnya yakni Goa Kuncir, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Bebek, Goa Menggah, Goa Gombak, dan Goa Kanggilon.

Di Goa Terawang kamu dapat melihat keindahan sinar matahari yang masuk melalui celah-celah dinding goa. Untuk para pemburu gambar, tentunya pemandangan ini akan menjadi sasaran empuk jepretan kamera mereka. Nah bagi kamu yang tertarik untuk melihat secara langsung keindahan Goa Terawang silahkan langsung saja datang ke sini. Bagi yang berasal dari Semarang bisa melewati rute: Semarang-Purwodadi, Wirosari lalu menuju ke Kunduran Kabupaten Blora.

2. Perjalananmu ke Blora belum afdol jika tidak menengok cantiknya Waduk Bentolo yang berpadu indah dengan areal persawahan di sekitarnya

waduk bentolo

waduk bentolo via plesirplesir.blogspot.com

Tempat lainnya yang wajib pula untuk disinggahi oleh para pecinta wisata alam saat berlibur ke Blora adalah menengok Waduk Bentolo. Waduk ini terletak tidak jauh dari Goa Terawang, hanya berjarak sekitar setengah kilometer saja. Keberadaan waduk ini sangat penting bagi masyakarat Blora yang menjalankan sektor pertanian karena air dari waduk tersebut adalah sumber utama pengairan untuk sawah mereka.

Advertisement

Waduk Bentolo berukuran 270.795 meter. Luasnya waduk berpadu indah dengan hijaunya sawah yang membentang di sekitarnya membuat siapa saja yang memandang daerah ini akan merasa sejuk. Untuk bisa menikmati keindahan Waduk Bentolo kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena memang tidak ada pungutan biaya tiket masuk. Jadi masukkan Waduk Bentolo ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi saat main ke kota ini ya!

3. Bosan dengan cuaca panas di Blora? Yuk sejukkan tubuhmu di Pemandian Sayuran yang sejuk di daerah perbukitan

pemandian sayuran Blora

pemandian sayuran Blora via pecelewongblora.blogspot.com

Ketika mendengar nama Pemandian Sayuran mungkin yang terbayang olehmu adalah tempat wisata yang didominasi oleh sayuran atau tumbuh-tumbuhan. Tapi ternyata pemandian sayuran adalah salah satu pusat rekreasi keluarga di mana kamu dapat berenang bersama keluarga. Di sini ada dua kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak.

Dibangun pada tahun 1990, Pemandian Sayuran kini menjadi salah stau kolam renang di Blora dengan standar nasional. Udara sejuk ala perbukitan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan untuk mencoba sensasi berenang di Pemandian Sayuran. Pada musim liburan biasanya tempat ini akan sangat ramai dikunjungi oleh keluarga untuk berlibur bersama keluarga mereka.

4. Pergi bersama keluarga ke Blora jangan lupa menengok Waduk Tempuran: Pusat rekreasi keluarga super lengkap di kota ini

waduk tempuran

waduk tempuran via www.blogsfiw.com

Selain Waduk Bentolo, waduk lainnya yang tak kalah menarik di Blora adalah Waduk Tempuran. Waduk ini menjadi pusat rekreasi masyarakat yang tinggal di sekitar Blora seperti Pati, Kudus, dan juga Demak.Waduk Tempuran juga menjadi tempat para atlit dayung internasional untuk berlatih. Biasanya pengunjung yang datang ke sini selain itu menikmati keindahan waduk juga ingin melihat atlit dayung yang sedang berlatih.

Di pinggir waduk sudah ada rumah makan dengan konsep lesehan di pinggir waduk. Jadi sembari menikmati sajian makanan, kamu dapat juga melihat keindahan waduk. Bagi pengunjung yang datang dengan keluarga dapat pula mencoba wahana permainan, kolam renang, bahkan sampai dengan homestay.

5. Sempatkan untuk melihat gagahnya Loko Wisata Cepu. Lokomotif tua yang punya sejarah tersendiri

lokomotif tua ala Blora

lokomotif tua ala Blora via www.wisatamu.com

Jika kamu adalah seorang yang menyukai wisata sejarah, di Blora ada juga loh tempat wisata yang berhubungan dengan hal ini yakni Loko Wisata Cepu. Loko Wisata cepu adalah lokomotif tua yang kini menjadi objek wisata yang banyak menarik minat wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Kereta tua ini konon sudah ada sejak tahun 1928 dan dibuat oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Berliner Maschinnenbeun. Meskipun berumur sangat tua tapi kondisi lokomotif ini bisa dikatakan sangat terawat. Maka tidak mengherankan bila banyak orang yang sengaja datang ke Blora untuk menengok lokomotif tua yang memiliki nilai sejarah tersendiri itu.

6.  Pastikan kamu juga melihat Temanjang, agrowisata yang menyajikan keindahan alam yang penuh kesejukan

Temanjang Blora

Temanjang Blora via pecelewongblora.blogspot.com

Meskipun belum sepopuler wisata alam lainnya, tapi wisata agrowisata akhir-akhir ini cukup diminati oleh banyak wisatawan. Di Blora sendiri terdapat pula objek wisata yang khusus menawarkan pemandangan serba hijau khas wisata agro bernama Temanjang. Lokasi wisata ini terletak di Desa Temanjang, Kecamatan Banjarejo sekitar 16 kilometer di Selatan Kota Blora.

Pemandangan alam yang didominasi oleh pohon jati siap menyambut siapa saja yang datang ke sini. Tempat tersebut sangat direkomendasikan untuk para pengunjung yang sudah bosan dengan pemandangan kota yang itu-itu saja. Tidak hanya untuk tempat wisata, Agrowisata Temanjang juga menjadi tempat sakral bagi penduduk lokal yang ingin melakukan upacara tertentu.

7. Mendakilah ke Gunung Manggir kalau ingin melihat relief gua yang kecantikannya akan membuat kamu tersihir

Wisata alam yang semakin membuat Blora terasa begitu istimewa adalah Gunung Manggir. Lokasi Gunung Manggir berada di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan. Jarak antara Blora dan desa ini sejauh 38,5 kilometer. Kamu dapat menggunakan baik kendaraan roda dua dan empat untuk bisa sampai di lokasi wisata tersebut. Sesampainya di sana, satu hal yang wajib dilakukan adalah menikmati udara segar khas pegunungan.

Di puncak gunung ini pula terdapat gua yang dibedakan berdasarkan tingkat ke dalamannya. Keunggulan ketiga gua tersebut terletak pada stalaktitnya. Relief  berusia ratusan tahun tersebut terlihat begitu unik di dinding gua. Jangan lupa untuk mengabadikan relief tersebut di kameramu ya, karena pasti hasilnya akan sangat memesona.

Buat kamu yang sudah gak sabar lagi menjelajah kota Blora buruan pesan tiket dan kepak barangmu untuk menjelajah kota nan eksotis ini. Selamat berpetualang ya.

Featured Image by: goaterawangblora.blogspot.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya