Kita baru saja menikmati liburan panjang dari weekend sampai hari Selasa yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak lalu. Karena Senin jadi hari kejepit nasional, banyak yang memanfaatkannya dengan mengambil cuti untuk menikmati liburan yang utuh. Usai liburan, kamu sudah harus disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, padahal atmosfer liburan masih bikin kamu enggan beranjak.

Nah, biar kamu bisa segera move on dari atmosfer liburan dan kembali produktif bekerja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seusai melakukan trip.

1. Sesaat setelah pulang liburan, energimu pasti terkuras habis. Pastikan tubuhmu mendapat istirahat yang cukup biar kerjaanmu nanti gak keteteran gara-gara tubuh belum fit

Tidur cukup via communitytable.com

Advertisement

Pas liburan, semangatmu begitu membara sehingga capek pun gak terasa. Rasa lelah baru kentara ketika kamu menginjakkan kaki di rumah, meski perasaan senang masih tersisa. Nah, karena besok kamu udah masuk kuliah atau kerja lagi, pastikan mengistirahatkan tubuhmu dengan benar.

Kembalikan energi yang terkuras selama perjalanan dengan tidur cukup, makan makanan bergizi dan minum banyak air putih. Dengan begitu, esoknya kamu udah bugar untuk kembali beraktivitas. Jangan sampai pulang liburan malah jadi sakit dan kerjaan pun keteteran.

2. Bereskan semua pakaian kotor yang kamu hasilkan sepulang liburan. Melihat tumpukan pakaian yang kembali bersih bakal bikin kamu semangat lagi

Jangan kelamaan numpuk cucian kotor via www.wikihow.com

Jangan tinggalkan pakaian kotor menumpuk usai liburan. Pemandangan tumpukan pakaian kotor bikin kamu jadi gak nyaman dan gak semangat. Dengan menyelesaikan urusanmu terhadap pakaian kotor dari awal kepulanganmu, kamu bisa memfokuskan semangatmu pada hal-hal lain yang lebih produktif.

3. Evaluasi lagi jumlah biaya yang kamu habiskan selama traveling. Melihat rekening tabungan yang tiba-tiba ludes gara-gara trip bakal bikin kamu semangat mengumpulkan uang lagi

Mengevaluasi biaya selama trip via www.drivenachodrive.com

Advertisement

Salah satu cara paling ampuh biar kamu cepat move on dari liburan adalah mengecek rekening tabunganmu dan mengevaluasi biaya yang kamu keluarkan selama trip kemarin. Mengecek sisa uang di rekening bisa menjadi shock terapy yang bakal—mau gak mau—memacu kamu buat ngumpulin uang lagi.

Sementara, dengan mengevaluasi biaya, kamu bisa membandingkan antara estimasi bugdet yang kamu buat sebelum trip dengan biaya sebenarnya untuk melihat seberapa boros kamu, sekaligus menjadi bahan tulisan untuk kamu bagikan ke traveler lainnya.

4. Segera tuliskan catatan perjalanan berikut itinerary dan rincian biaya di blog mumpung ingatanmu masih segar. Ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat traveler lainnya

Tulis catpermu dalam blog via www.flickr.com

Kamu yang gemar menulis di blog sebaiknya segera menuliskan kisah perjalananmu kemarin mumpung memorimu masih fresh. Menyelesaikan catper sesegera mungkin bisa bikin kamu “lega”, artinya kamu bisa segera move on dari atmosfer liburan karena kamu udah melakukan segala keinginanmu baik saat liburan maupun pasca liburan dan kamu pun bisa melakukan hal lainnya.

Lengkapi juga ceritamu dengan itinerary yang kamu susun plus rincian biaya perjalananmu agar tulisanmu bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi traveler lainnya.

5. Kesenangan yang kamu dapatkan selama liburan jangan disimpan sendiri. Bagikan oleh-oleh yang kamu bawa pulang ke rekan-rekanmu

Umpanin oleh-oleh ke teman-teman biar cepat habis via tips-cara.info

“Happiness only real when shared” — Christopher McCandles, Into The Wild

Jangan simpan sendiri oleh-oleh yang kamu bawa pulang. Makin lama disimpan, makin susah pula bagimu untuk beranjak dari liburan kemarin. Bagikan aja oleh-oleh itu ke teman-teman dekat atau rekan-rekan kerja. Dijamin cepat habis dan banyak yang suka deh! Kamu pun gak usah galau gara-gara liburan udah kelar.

6. Unggah foto-fotomu selama trip ke media sosial. Jangan lupa pasang tagar #latepost atau #throwback biar kamu sadar kalau itu semua sudah menjadi masa lalu

Posting foto pake tagar #latepost via naninanuna.wordpress.com

Pascaliburan adalah saat yang santai buat mengunggah foto-fotomu selama trip ke media sosial seperti Instagram atau Facebook. Tapi, karena udah lewat masanya, jangan lupa pasang tagar #latepost atau #throwback. Umumnya tagar ini disematkan pada foto-foto kenangan maupun yang udah telat diunggah. Dengan menyematkan tagar seperti ini, kamu pun bisa sadar kalau liburanmu udah menjadi masa lalu.

7. Siapkan mentalmu untuk kembali ke dunia nyata dengan  mengecek email kerjaan maupun tugas-tugas kuliah yang lama terabaikan

Cek email yang udah menunggu selama liburan via www.exacttarget.com

Liburan sudah berlalu, kini saatnya menyiapkan mental untuk menghadapi masa kini. Buka kembali email-email yang berhubungan dengan kerjaan maupun lembaran-lembaran tugas kuliah yang sudah menanti. Pelan-pelan, lakukan tugas-tugasmu, sehingga tanpa sadar kamu akan kembali ke workflow-mu yang biasanya.

8. Absen dulu dari mengintip situs-situs web yang menawarkan tiket promo

Absen dulu dari ngintip situs travel dan tiket promo via stylepeterson.com

Hari-hari awal pascaliburan adalah saatnya kamu kembali memfokuskan dirimu pada kerjaan dan mengembalikan ritme kerjamu. Jadi, hindari dulu membuka situs-situs web yang menawarkan tiket promo maupun paket perjalanan yang menggiurkan untuk sementara waktu. kalau gak begitu, bisa-bisa kamu terdistraksi dan susah move on dari suasana liburan.

9. Dunia ini keras dan gak santai. Biar kamu bisa menikmati liburan berikutnya dengan nyaman, kerja keras mulai dari sekarang sangat diperlukan

Siap-siap kerja keras buat liburan lagi

Setelah tabunganmu terkuras gara-gara trip selama liburan panjang kemarin, kini saatnya bekerja keras dan mengisi kembali pundi-pundi di rekeningmu. Kalau perlu, ambil jatah lembur. Kamu yang masih kuliah, jangan tunda mengerjakan tugas kuliah biar kamu bisa melakukan hal lain, kerja paruh waktu misalnya.

Upah tambahan yang terkumpul dari lembur dan kerja paruh waktu bisa mendanai tripmu yang selanjutnya. Selain itu, menyibukkan diri dengan bekerja juga efektif untuk menghalau rasa malas gara-gara masih belum move on dari atmosfer liburan.

Nah, dengan melakukan hal-hal di atas, kamu gak perlu galau lagi deh gara-gara liburan udah usai. Semangatlah bekerja biar kamu bisa mendanai tripmu yang berikutnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya