Menurut pepatah lama, pengalaman adalah guru yang terbaik. Makanya, melakukan perjalanan ke sebuah destinasi adalah salah satu cara untuk mengalami, merasakan, serta mempelajari banyak hal. Apalagi, traveling sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Tapi, apakah semua pengalaman dan perasaan yang kamu dapatkan selama melakukan perjalanan sudah kamu tuangkan ke dalam sebuah travel blog? Kalau masih belum, sebaiknya kamu segera memulainya, karena ternyata travel blog memberikan banyak keuntungan buat kamu yang gemar traveling, lho.

Advertisement

Nah, ini dia sejumlah alasan kenapa kamu yang gemar traveling sebaiknya mulai menuliskan kisahmu di sebuah blog.

1. Menulis lewat travel blog bisa membantu kamu mengingat kembali detail-detail perjalanan yang mudah terlupakan

Menulis membantu mengingat detil yang mudah terlupakan

Menulis membantu mengingat detil yang mudah terlupakan via marischkaprudence.blogspot.com

Apa yang kita dapat dari sebuah perjalanan? Pengalaman dan tentu saja kenangan, dong! Ya, sebuah perjalanan yang berkesan memang akan membuat kita selalu mengenangnya, tapi detail-detailnya sendiri bisa dengan gampang kita lupakan. Lha manusia, ‘kan, tempatnya lupa. Apalagi kalau udah banyak perjalanan yang kita lakukan.

Nah, biar kita gak mudah melupakan setiap detail cerita maupun perasaan kita saat melakukan sebuah perjalanan, tentu sebaiknya kisahmu itu langsung kamu tuangkan dalam bentuk tulisan di blog. Jadi, kamu bisa mengingat kembali hal-hal kecil yang sering luput dari ingatan. Misalnya, rute jalan, tarif tiket masuk, sampai hal-hal menarik apa yang ada di sana. Selama ada travel blog, kamu gak bakalan lupa detail perjalananmu, deh!

2. Catatan perjalananmu juga bisa menjadi referensi buat traveler lain yang ingin mendatangi tempat yang sama

asdaasda

Tulisanmu akan menjadi referensi bagi traveler lainnya via www.whateverbackpacker.com

Advertisement

Tak cuma jadi media untukmu mengingat, ulasan tentang sebuah destinasi yang kamu tulis di blogmu juga bakal menjadi informasi dan referensi menarik bagi traveler lain yang bermaksud untuk mengunjungi tempat yang sama. Semakin lengkap dan menarik tulisanmu, semakin banyak orang yang datang ke blogmu untuk mendapatkan referensi. Mereka juga pasti gak cuma datang satu-dua kali dong, beberapa mungkin bakal jadi pembaca setiamu.

3. Saat lagi gak sempat traveling, tulisan di blog bisa jadi obat kangen yang ampuh sekaligus pemacumu buat traveling lagi

aaaa

Blogmu jadi obat kangen yang ampuh via saintsonaplane.com

Ada saatnya kita disibukkan dengan tugas-tugas dan pekerjaan yang bikin kita gak sempat traveling untuk sementara waktu. Pas lagi kangen traveling, membaca-baca tulisan sendiri dan berinteraksi dengan pembaca yang meninggalkan komentarnya di blog bisa jadi obat rindu yang ampuh, sekaligus memacumu buat berangkat lagi. Soalnya, sayang ‘kan kalau blogmu dibiarkan teronggok lama tanpa postingan baru?

4. Tulisanmu juga akan menjadi sarana yang ampuh untuk menularkan gagasan tentang suatu isu kepada sesama traveler

Travel blog menjadi tempat untuk menularkan gagasan

Travel blog menjadi tempat untuk menularkan gagasan via langkahkecilkita.wordpress.com

Lewat tulisan di blog, kamu juga bisa menularkan ide atau gagasanmu kepada pembaca atau sesama traveler yang kebetulan mampir ke blogmu. Bisa berupa isu lingkungan, seperti sampah di gunung, Pulau Sempu atau keberlangsungan hiu, maupun opinimu tentang sejumlah peristiwa di alam bebas, misalnya meninggalnya pendaki Merapi baru-baru ini.

Selain untuk melakukan kampanye dan menularkan gagasan, blogmu juga bisa menjadi tempat yang asyik buat berdiskusi, karena pasti tak semua setuju dengan pendapatmu, ‘kan? Ini adalah salah satu kesempatan untuk sama-sama belajar mengasah kepekaan dalam menyikapi sebuah isu atau peristiwa.

5. Secara tidak langsung, kamu juga ikut andil dalam mempromosikan tempat-tempat kece yang berpotensi menjadi destinasi wisata

Ikut andil mempromosikan tempat wisata

Ikut andil mempromosikan tempat wisata via instagram.com

Suatu hari, tanpa sengaja kamu menemukan pantai kece yang masih perawan. Letaknya yang tersembunyi bikin tak banyak orang yang tahu tentang tempat itu. Nah, dengan mengulas tempat indah yang kamu kunjungi di blog, secara tidak langsung kamu juga ikut andil mempromosikan keelokan yang ada di negeri ini. Sehingga, orang-orang jadi punya beragam alternatif destinasi, gak cuma sekadar datang ke tempat yang itu-itu aja dan mengeksploitasinya habis-habisan.

6. Bercerita lewat blog adalah cara berbagi yang elegan sekaligus perekat keakraban dengan pembaca dan sesama travel blogger

Kopi darat Travel Blogger Indonesia

Kopi darat Travel Blogger Indonesia via travelbloggersindonesia.com

Sepulang dari traveling, pastinya menyisakan sejumlah foto dan cerita yang gak sabar untuk kamu bagikan ke orang-orang terdekatmu. Tapi, biar gak terkesan seperti pamer yang murahan, menuturkan cerita lewat blog adalah solusi yang tepat. Inilah cara pamer berbagi yang elegan.

Selain menjadi media berbagi, travel blog juga bisa merekatkan keakraban antara pembaca dan sesama travel blogger. Kalau blogmu ingin dikunjugni, tentu kamu juga sebaiknya mengunjungi blog-blog lainnya dan berinteraksi dengan sesama travel blogger, ‘kan? Nah, dari situlah keakraban akan terjalin.

7. Lewat travel blog, kamu juga berkesempatan untuk mengadu keberuntungan lewat kontes dan lomba

Bisa ikut lomba nge-blog

Bisa ikut lomba nge-blog via efenerr.com

Tak jarang, perusahaan atau media yang bergerak di bidang travel mengadakan kontes atau lomba buat para blogger. Nah, kalau kamu terbiasa menulis di blog, kamu jadi punya kesempatan untuk mengadu peruntunganmu lewat situ. Apalagi, hadiahnya juga seringkali menggiurkan, lho. Mulai dari uang tunai, merchandise, gadget, sampai jalan-jalan gratis.

Selain lomba, bukan gak mungkin kalau kamu juga bisa mendapatkan produk sponsor atau endorsement dari perusahaan-perusahaan ini. Lumayan, ‘kan? Bisa kamu pakai sendiri atau buat kamu lemparkan ke pembaca lewat giveaway.

8. Bila tulisanmu cukup unik dan berbobot, bukan tidak mungkin ada penerbit yang berniat membukukan blogmu. Kamu bisa terkenal, deh!

Trinity, penulis The Naked Traveler

Trinity, penulis The Naked Traveler

Kamu mungkin mengenal Trinity, penulis seri buku The Naked Traveler yang laris manis di pasaran. Ia juga mengawali kiprahnya di dunia tulis menulis juga dari blog, lho. Kalau tulisan di blogmu unik, berbobot, dan bisa menarik banyak pembaca, bukan mustahil blogmu bisa bernasib sama seperti blognya mbak Trinity.

Tak cuma bukumu yang diterbitkan, kamu juga bisa diundang menjadi pembicara tentang travel blogging punya banyak pembaca maupun fans di media sosial, bahkan dibayar untuk mengirim tulisan di media-media besar. Gak usah takut bermimpi!

Nah, setelah kamu menyadari keuntungan-keuntungan di balik menulis travel blog, apakah kamu masih malas menulis kisah perjalananmu sendiri? Mulai menulis, yuk!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya