Begini Cara Mudah untuk Batalkan Tiket Kereta Api. Nggak Perlu ke Stasiun, Sambil Rebahan Juga Bisa!

Cara batalkan tiket kereta api

Pandemi ini membuat semua aktivitas di hampir seluruh belahan dunia terganggu. Salah satu sektor yang terdampak secara langsung adalah sektor pariwisata. Demi mencegah penularan virus yang telah menyebar di sekitar kita, imbauan keras untuk tetap #dirumahaja digaungkan di mana-mana. Pergerakan manusia yang jadi tempat tumbuh kembang virus, harus segera dibatasi. Alhasil, berpergian untuk alasan wisata jelas bukan prioritas dan bahkan dilarang di masa pandemi. Banyak orang yang sudah terlanjur merencanakan liburan, pesan penginapan, atau beli tiket, langsung kelabakan berusaha mengurus reschedule atau refund. 

Advertisement

Nah, buat kamu yang mungkin sebelum pandemi ini sudah membeli tiket kereta untuk berlibur dan harus membatalkannya jangan khawatir ya. Tiket Kereta Api Indonesia (KAI) yang telah kamu beli bisa kok dibatalkan. Kamu cuma butuh install aplikasi KAI Access aja dan ikutin step-by-step di bawah ini! Pssst, tapi pengajuan pembatalan hanya bisa dilakukan sampai satu hari (24 jam) sebelum jadwal yang tertera di tiket ya~

1. Pastikan kamu install dulu aplikasi KAI Access-nya di gawai kamu

install dulu di gawai masing-masing via indonesia.go.id

2. Setelah install aplikasi di gawai kamu, selanjutkan kamu harus registrasi terlebih dulu untuk dapat mengaksesnya di halaman ‘Beranda’. Kalau sudah, pilih menu ‘Tambahkan Tiket’ ya!

Langkah keduanya nih via penumpang.kai.id

Advertisement

3. Kalau sudah registrasi dan memilih menu ‘Tambahkan Tiket’, kamu bisa langsung masukkan kode pemesanan atau kode pembayaran tiketmu yang mau kamu batalkan

Langkah ketiga via penumpang.kai.id

4. Langkah selanjutnya, kamu harus kembali ke ‘Beranda’ untuk memilih menu ‘Pembatalan’ ya, Guys!

Langkah selanjutnyaaa~ via penumpang.kai.id

5. Nah, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Tinggal kamu pilih deh tiket yang mau kamu batalkan!

Langkah kelima via penumpang.kai.id

6. Setelah kamu pilih tiket mana yang mau dibatalkan, scroll ke bawah dan pilih menu ‘Pembatalan’ seperti gambar di bawah ini. Tapi perlu diingat, nomor identitas di akun KAI Access dan di tiket harus sama yaa~

Advertisement

Ini langkah keenam, sambil dicek ya~ via penumpang.kai.id

7. Kalau sudah sesuai berarti bisa lanjut ke tahap ini. Kamu mengisi data pengembalian uangnya dengan memasukkan data rekening yang akan di transfer oleh pihak KAI. Jangan lupa diteliti kembali ya!

Langkah ketujuh via penumpang.kai.id

8. Nah sebelum konfirmasi pembatalan tiketmu, jangan lupa, sekali lagi periksa detail pembatalan dan tiketmu ya supaya nggak ada kesalahan nantinya. Oh iya, pembatalan ini sifatnya bukan refund 100%, jadi tetap dikenakan biaya pembatalannya sebesar 25 %. Jadi kamu tetap dapat 75 % ya!

Langkah terakhir!! via penumpang.kai.id

9. Untuk memastikan apakah pembatalan tiket telah berhasil, kamu bisa langsung ke bagian halaman ‘Riwayat’ ya!

Ini kalau kamu mau lihat riwayat pembatalan yang telah berhasil via penumpang.kai.id

Nah itu tadi tahap-tahap yang lumayan mudah dan praktis untuk membatalkan tiket kereta kamu. Cuma install aplikasi KAI Access aja, nggak perlu keluar rumah bisa sambil rebahan. Aman dan simpel kan! Kalau ngerasa kesusahan tulis di kolom komentar ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

just a glitch in the matrix

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE