Ganti Jadwal Penerbangan AirAsia Kini Bisa Dilakukan Tanpa Perubahan Biaya. Berlaku Sampai 31 Desember 2020

Cara ubah jadwal penerbangan AirAsia

Pandemi Covid-19 dan segala protokol kesehatan yang harus dijalankan membuat banyak orang harus mengubah agenda yang telah direncanakan. Mulai dari yang sakral seperti pernikahan, jalan-jalan, hingga mudik yang merupakan ritual wajib tahunan. Mereka yang terlanjur beli tiket dan terkendala refund pun resah. Giliran mau ganti jadwal penerbangan biar nggak rugi-rugi amat, eh harus nombok biaya perubahan.

Advertisement

Nah, kabar baiknya beberapa maskapai penerbangan sudah menyediakan berbagai kemudahan, termasuk kalau mau ubah jadwal penerbangan seperti yang dilakukan AirAsia. Maskapai asal Malaysia ini sebelumnya sudah berinisiatif memperpanjang masa berlaku Akun Kredit penumpang jadi dua tahun sebagai kompensasi selama pandemi Covid-19. Akun Kredit adalah tempat penyimpanan saldo dari nilai pembelian tiket yang dapat ditukar dan digunakan untuk pembelian tiket penerbangan AirAsia berikutnya. Melanjutkan inisiatif tersebut, mereka kali ini menawarkan kemudahan berupa fleksibelitas ubah jadwal penerbangan tanpa biaya perubahan.

Fleksibelitas ubah jadwal penerbangan berlaku untuk tiket antara 3 Juni sampai 31 Desember 2020

Pesawat AIRBUS A320 NEO AIRCRAFT AirAsia via newsroom.airasia.com

Untuk setiap tiket yang dilakukan antara 3 Juni sampai 31 Desember 2020, AirAsia memberi keleluasaan para pemegangnya untuk mengubah tanggal penerbangan nggak terbatas melalui menu ‘Pembelian Saya’ di laman airasia.com atau aplikasi AirAsia. Setiap pemegang tiket bahkan bisa memindahkan jadwal penerbangannya hingga 31 Desember 2020 sesuai ketersediaan kursi dan selisih harga.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga, mengatakan kebijakan fleksibelitas tiket ini diambil selain karena krisis kesehatan akibat pandemi, juga bisa jadi sebuah pengalaman pemesanan tiket yang terpercaya bagi pelanggan.

Advertisement

“Kami memahami bahwa rencana perjalanan dapat berubah setiap saat, khususnya sepanjang tahun ini. Sebagai upaya lanjutan dari perpanjangan masa berlaku Akun Kredit hingga dua tahun, kami memberikan fleksibilitas lebih untuk pembelian tiket baru demi menghadirkan pengalaman pemesanan tiket yang terpercaya dan terjamin bagi pelanggan,” kata Veranita dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima pada Rabu (3/6/2020).

Langkah-langkah mudah untuk mengubah jadwal penerbangan

Langkah-langkah melakukan perubahan jadwal (Foto: dok. AirAsia) via www.airasia.com

Untuk melakukan pengubahan jadwal penerbangan melalui menu ‘Pembelian Saya’ di laman airasia.com pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini melalui smartphone atau laptop:

Advertisement
  1. Buka laman airasia.com via browser dan klik menu ‘Pembelian Saya’
  2. Masuk ke akun Anggota BIG kamu
  3. Pilih penerbangan yang ingin diubah
  4. Kemudian pilih tanggal penerbangan baru
  5. Lalu pilih jadwal penerbangan yang baru
  6. Periksa produk tambahan seperti bagasi dan makanan jika ada
  7. Lakukan pembayaran jika terdapat selisih harga tiket
  8. Selamat, kamu berhasil mengubah jadwal penerbangan.

Nah sebagai catatan, pemindahan tanggal atau waktu penerbangan ini bisa kamu lakukan paling lambat 48 jam sebelum waktu keberangkatan tiket semula. Produk tambahan yang kamu bayar seperti bagasi, makanan, dan kursi akan otomatis diteruskan ke penerbangan yang baru. Jadi nggak perlu memesan ulang. Tapi kamu bisa memilih lagi menu makanan atau kursi, kalau produk yang sebelumnya kamu pesan tersebut nggak tersedia di penerbangan baru.

Kompensasi fleksibelitas ubah jadwal ini berlaku untuk seluruh penerbangan domestik di Indonesia dengan kode penerbangan QZ, Malaysia dengan kode penerbangan AK, Thailand dengan kode penerbangan FD, Filipina dengan kode penerbangan Z2, dan India dengan kode penerbangan i5. Kompensasi ini hanya berlaku untuk pembelian melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia, ya Kamu bisa intip laman ini untuk informasi dan ketentuan lain yang berlaku, atau bisa juga pantau akun media sosial AirAsia dan tanya langsung lewat layanan pelanggan di support.airasia.com.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE