Untuk ukuran kota dengan kehidupan yang glamor seperti Jakarta, lokasi mistis seakan sudah semakin susah ditemui. Namun siapa sih yang nggak kenal dengan TPU Jeruk Purut. Bahkan jika ditanya mana lokasi mistis paling tenar di Jakarta, mayoritas orang akan setuju dengan jawaban TPU Jeruk Purut ini. Banyak yang mengaku kerap melihat penampakan makhluk halus di daerah TPU Jeruk Purut ini. Penampakan sudah bukan hal yang mengagetkan lagi di TPU ini.

Nggak percaya? Yuk kita selami tempat pemakaman serem di Jakarta ini.

Mulai digunakan sejak tahun 1978, sedari dulu TPU Jeruk Purut sudah menyimpan banyak cerita

Sejak tahun 1978 nih via mluckyramadhany.blogspot.com

Ya, tempat pemakaman yang terletak di bilangan Jakarta Selatan ini baru berdiri pada tahun 1978. Memiliki luas 13 hektar, pemakaman seram yang satu ini memang sedari dulu terkenal mistis dan menyeramkan. Menurut orang-orang yang tinggal di sekitar TPU Jeruk Purut ini, kamu tak perlu susah-susah mencari penampakan. Cukup duduk di sekitaran pemakaman pada malam hari saja. Nggak lama pasti ada sosok cantik yang muncul duduk di sekitar pohon. Bagi mereka yang tinggal di sekitar pemakaman, ditertawakan hingga dikerjai oleh hantu-hantu penunggu TPU Jeruk Purut itu sudah biasa!

Mulai dari Genderuwo hingga Kuntilanak bisa kamu temukan di sana. Bukti bahwa horornya TPU yang satu ini nggak perlu diragukan lagi

Advertisement

Sudah banyak orang yang mengaku pernah melihat penampakan hantu di TPU yang satu ini. Yah, namanya juga pemakaman. Urusan penampakan hantu pasti nggak kaget kalau terjadi di sini. Masalahnya, tak cuma satu atau dua kali saja terjadi penampakan di sini. Namun sudah berkali-kali!

Pun demikian dengan jenis penunggu yang ada. Di TPU Jeruk Purut ini, mereka yang menungguinya nggak cuma sejenis pocong saja. Ada Genderuwo yang menyeramkan, sesosok Kuntilanak berbaju merah yang katanya hantu paling kejam kalau sudah merasuki orang, pun demikian dengan sesosok hantu kecil sejenis Tuyul yang hobinya ngisengin orang.

Pun demikian dengan hantu yang katanya ‘penunggu’ pemakaman, Pastur Kepala Buntung yang legendaris munculnya di sini

Ini nih Pastor Kepala Buntung yang melegenda via www.penampakan.org

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, sosok hantu penunggu TPU Jeruk Purut ini yang paling terkenal dan legendaris adalah sosok Pastur Tanpa Kepala. Sosok hantu yang satu ini digambarkan sebagai sosok hantu berjubah hitam yang menggenggam kepalanya di tangan kanan. Kehadirannya selalu ditemani dengan sosok anjing besar yang setia mengikuti.

Sejujurnya, tak ada yang tau pasti sejarah hantu pastur ini. Namun, ada legenda yang bilang bahwa ia adalah sosok arwah gentayangan yang ‘salah pulang’. Makam sebenarnya ada di TPU Tanah Kusir, sedangkan ia mencari dan menghuni TPU Jeruk Purut. Jelas saja lah nggak ketemu…

Buat kamu yang sok-sokan ingin melihat sosok hantu pastur ini, konon katanya ia akan muncul di malam Jum’at. Satu lagi syarat untuk bisa melihat hantu ini. Kamu harus datang dengan jumlah orang yang ganjil. Bertiga atau berlima orang gitu. Berani nggak, tuh?

Hebatnya, anak muda sekarang tak takut dengan hantunya, banyak yang uji nyali di sana. Yah, ujungnya kebanyakan dari mereka lari ketakutan juga…

Uji nyali di tempat seperti ini? via videoujinyali.blogspot.com

Meski banyak sosok hantu yang kerap muncul di TPU ini, namun penampakan-penampakan tersebut tak menyurutkan niat orang-orang untuk uji nyali di sini. Menurut juru kuncinya, hampir tiap minggu selalu ada saja yang uji nyali di sana. Biasanya sih ABG dan orang-orang yang sok berani dan ingin membuktikan diri gitu.

Menurut juru kunci TPU Jeruk Purut, ada empat titik yang sering dijadikan lokasi uji nyali. Pertama adalah pohon kembar, sumur keramat, pohon benda serta makam keramat. Yah, yang paling angker dari semua lokasi tersebut sih katanya Pohon Benda. Di tempat keramat itu, banyak dedemit berkumpul dan kerap menampakkan diri kepada semua orang yang uji nyali.

Mungkin sebagai generasi muda yang hidup di kota penuh kehidupan seperti Jakarta, sudah banyak dari kita yang tak percaya dengan perkara hantu dan sebangsanya. Namun, tetap saja untuk TPU Jeruk Purut ini, hampir semua orang Jakarta percaya bahwa tempat ini benar-benar mistis! Mending jangan main-main deh kalau di TPU Jeruk Purut ini. Hii, serem…