Kejahatan terhadap satwa bukanlah sebuah hal yang baru. Acapkali kejahatan terhadap satwa juga terjadi di kebun binatang. Mulai dari tidak tersedianya pangan yang memadai, sampai pemaksaan dan eksploitasi satwa untuk atraksi maupun sirkus, dan sebagainya.

Baru-baru ini, terjadi sebuah kejahatan terhadap satwa di sebuah kebun binatang di Thailand. Dalam sebuah potongan video yang viral di media sosial tersebut, ada seekor harimau yang mendapat perlakuan yang sangat buruk dari penjaga atau pawang hewan tersebut. Seperti apa kronologisnya? Yuk simak aja ulasan Hipwee Travel berikut.

Viral di sosial media, seorang petugas kebun binatang menusuk-nusuk muka harimau dengan tongkat secara kasar. Ia melakukan itu untuk memaksa harimau mengaum agar bisa difoto dengan bagus bersama pengunjung

harimau ditusuki kayu via zeenews.india.com

Advertisement

Sebuah video yang beredar di Facebook pada tanggal 18 Desember lalu mendadak viral. Video itu menceritakan seorang petugas di kebun binatang Pattaya, Thailand melakukan penganiayaan terhadap seekor harimau. Pawang kebun binatang yang bernama The Million Years Stone Park and Pattaya Crocodile Farm tersebut menusuk-nusuk wajah si harimau dengan tongkat agar ia mengaum. Tujuannya adalah agar pengunjung bisa mendapat foto terbaik ketika si harimau membuka mulutnya dan menunjukkan taringnya. Wah kurang ajar banget ya si pawang ini!

Pawang harimau ini secara kasar memaksa harimau tersebut untuk mengaum demi kepentingan foto pengunjung. Perlakuan tersebut pun dikecam keras oleh warganet

Video tersebut memperlihatkan seorang penjaga atau pawang berkemeja biru yang menusuk-nusuk wajah si harimau dengan menggunakan kayu. Ia menusuk ratusan kali dan seharian, demi bisa membuat pengunjung gembira dengan hasil foto yang bagus (dengan auman harimau). Konyol banget ‘kan tega melakukan kekerasan terhadap satwa tersebut hanya demi foto-foto pengunjung. Hal ini sontak membuat warganet geram dan mengecam tindakan tersebut. Kejadian ini pun segera mendapat respon dari pihak kebun binatang.

Kata pihak kebun binatang, petugas tersebut kini telah dipindahtugaskan. Pemilik kebun binatang diklaim sangat menyayangi binatang di kebun tersebut

pengunjung berfoto dengan gembira via www.afp.com

Pihak kebun binatang segera merespon kejadian yang viral ini. Mereka mengeluarkan pernyataan resmi di mana si petugas berkemeja biru tersebut sudah dimutasi ke bagian yang lain.

Advertisement

“Pemilik kebun binatang ini sangat menyayangi hewan, sehingga aksi tersebut tak bisa dibiarkan,” tulis The Million Years Stone Park and Pattaya Crocodile Farm dalam keterangan resminya.

Bisnis di dunia satwa semacam ini sangat laris di Thailand. Wisata fauna merupakan bisnis yang laris manis di Gajah Putih ini. Kegiatannya mulai dari menunggangi gajah, menggendong monyet, sampai memberi makan harimau. Namun tentu saja hal ini menimbulkan kecaman dari aktivis perlindungan satwa dan menganggap pihak pengelola tidak memperlakukan hewan-hewan tersebut dengan baik.

Semoga dengan kejadian ini, kesadaran akan perlindungan satwa akan meningkat. Tak cuma oleh si pemilik satwa, namun juga para pengunjung agar lebih aware dengan tidak berfoto dengan cara yang berlebihan seperti yang terjadi di kebun binatang tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya