Begini 10 Desain Ruang Publik di Berbagai Negara Biar Tunawisma Nggak Tidur di Jalanan!

Desain Ruang Publik

Di Eropa dan Amerika, banyak kejadian para gelandangan atau disebut homeless yang meninggal di jalanan. Kebanyakan kasus meninggalnya mereka karena kedinginan. Betapa tidak, suhu ketika memasuki musim dingin bisa sangat ekstrem di negara-negara tersebut. Kalau tidur di pinggir jalan, bisa dibayangkan seperti apa tersiksanya mereka. Banyak gelandangan meninggal dunia karena kedinginan.

Pemerintah kota setempat kemudian membuat desain ruang publik yang sangat tidak ramah untuk gelandangan. Desain itu dibentuk tidak nyaman untuk tidur sehingga tidak digunakan untuk para gelandangan tidur di sana. Hal ini untuk mencegah kejadian nahas gelandangan yang meninggal karena kedinginan.

Di Toronto, Kanada, dibuatkan pedestrian dengan bentuk nggak rata begini biar nggak bisa digunakan untuk rebahan. Kreatif banget sih pemerintah Toronto

toronto kanada via twitter.com

Di Los Angeles, dibuatlah bangku taman dengan sekat di tengah-tengah bangku. Biar gelandangan nggak bisa tidur di sana

los angeles via twitter.com

Kalau bangkunya kaya begini, nggak bisa diapa-apain sih. Ini potret di sebuah taman di Tokyo, Jepang

tokyo via twitter.com

Di bawah jalan layang atau tol biasanya dipakai sebagai tempat tinggal gelandangan. Nah, pemerintah London bikin kaya begini lho di bawah jalan layang. Ngeri bener

london via twitter.com

San Fransisco nggak mau kalah kejam dengan kota lain. Besi-besi ditanam di tempat yang bisa dipakai rebahan

san fransisco via twitter.com

Di bawah jalur kereta yang bisa digunakan untuk tiduran ini dibikin tempat penyimpanan sepeda. Jadi nggak ada space buat tidur

seattle via twitter.com

Rusia mah idenya simpel, gembok aja bangkunya!

rusia lebih galak via twitter.com

Paris nih udah bikin besi-besi yang tinggi biar tempat ini nggak jadi tempat tidur gelandangan. Eh tetep bisa diakali ternyata

paris via twitter.com

Agak ngeri sih itu ketusuk pas tidur. Lokasi ada di Boston, Amerika Serikat

boston via twitter.com

Montreal Kanada punya bangku yang nyentrik begini. Ya elah jangankan tidur, duduk aja susah di situ

bangku di montreal via twitter.com

Tugas pemerintah selanjutnya, bagaimana memperlakukan gelandangan lebih manusiawi karena itu tanggungjawab mereka. Bukan cuma mengusir dan bikin ruang publik tak ramah dengan gelandangan tersebut.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE