6 Destinasi Wisata Menarik di Jeneponto, Alternatif Liburan Seru di Sulawesi Selatan

Destinasi wisata di Jeneponto

Makassar adalah satu nama yang sering terlintas jika memikirkan tujuan liburan di Sulawesi Selatan. Nggak heran sih, sebagai ibu kota provinsi, Makassar wajar dikenal. Apalagi Kota Daeng punya Pantai Losari nan ikonik, Pulau Samalona yang tersohor keindahan bawah lautnya, hingga beragam kuliner Makassar yang bikin ngiler.

Advertisement

Namun, potensi wisata Sulawesi Selatan nggak cuma terpusat di Makassar saja loh. Berkendara sekitar tiga jam ke arah barat wilayah provinsi Sulawesi Selatan, kamu akan sampai di Jeneponto yang terkenal dengan pacuan kudanya. Daerah ini bisa jadi alternatif tujuan berlibur karena punya beragam destinasi menarik, seperti 6 berikut ini.

1. Kincir Raksasa PLTB Tolo Jeneponto

Foto-foto adalah pendorong keseruan liburan yang nggak boleh terlewatkan. Di Jeneponto, salah satu tempat memuaskan hasrat tersebut adalah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo. Sebagaimana namanya, tempat yang berlokasi di Kalumpang Loe ini bukan destinasi wisata, melainkan kawasan pembangkit listrik bertenaga angin. Keindahan kincir raksasa berlatarkan langit cerah lah yang menjadikan tempat ini populer di kalangan wisatawan.

Advertisement

Nah, jika tertarik menyambangi destinasi ini untuk foto-foto, kamu hanya akan diizinkan berada di luar area PLTB. Ini karena kawasan tersebut hanya bisa diakses oleh orang yang berkepentingan. Tenang saja, dari luar pun kamu tetap bisa menangkap keindahan kincir-kincir raksasa kok.

2. Batu Siping

Advertisement

Masih untuk pecinta fotografi, Jeneponto punya Batu Siping. Terletak di Desa Garassikang, Batu Siping adalah tempat di mana bebatuan karst terhampar dengan bentuk-bentuk unik setelah melalui proses abrasi. Kamu bahkan bisa menemukan bebatuan berbentuk mirip binatang hingga tumbuhan loh.

Setelah puas berfoto-foto di Batu Siping, tak berjarak jauh kamu bisa menghampiri Pantai Garassikang. Pemandangan yang akan kamu temui adalah gugusan karang yang berdampingan birunya air laut.

3. Air Terjun Tama’lulua

Setelah puas bermain air asin di Pantai Garassikang, tak ada salahnya untuk menjemput kesegaran lain berupa Air Terjun Tama’lulua di Desa Bontomanai. Butuh trekking sekitar satu jam di jalur yang cukup terjal untuk bisa mencapai destinasi ini. Namun, kesegaran air terjun setinggi 30 meter dan keasrian hutan di sekitarnya akan membuat perjuanganmu sepadan.

Cukup siapkan uang sebesar Rp10 ribu sebagai tiket menikmati keindahan Air Terjun Tama’lulua. Kalau kamu membawa kendaraan, maka harus merogoh kocek lagi sebesar Rp5 ribu untuk mobil, dan Rp2 ribu untuk sepeda motor. Murah banget, ya!

4. Bukit Bossolo

View this post on Instagram

A post shared by Rudi (@bung_rdhy)

Pengalaman berbeda menikmati keindahan Air Terjun Tama’lulua bisa kamu dapatkan di Bukit Bossolo yang terletak di Jalan Bontomanai, Kecamatan Rumbia. Dari kejauhan kamu bisa memandangi kemegahan air terjun setinggi 30 meter tadi tanpa kehilangan kesan menyegarkan dan menenangkan. Hanya butuh merogoh kocek sekitar Rp5 ribu saja untuk menikmatinya.

5. Bukit Teletubbies Bulu Jaya

Tak hanya di Cicalengka, Bromo atau Yogyakarta saja. Bukit Teletubbies juga terdapat di Jeneponto. Berlokasi di Bangkala Barat, bukit ini menawarkan hamparan savana rumput yang hijau bak permadani, dan sebuah danau kecil yang memesona. Di sini kamu bisa melakukan beragam aktivitas, seperti berkemah bersama teman-teman. Terdengar seru~

6. Pulau Libukang

Lengkapi wisata pantai selama di Sulawesi Selatan dengan menyambangi Pulau Libukang. Berjarak 15-20 menit dari pelabuhan Biringkassi, pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan air yang jernih. Pemandangan indah pantai yang nggak pernah mengecewakan!

Selain bisa bermain air atau berjemur di atas pasir nan hangat, di Pulau Libukang kamu juga bisa melakukan ziarah ke makam leluhur setempat yang dikenal dengan sebutan Puang Hawang. Untuk masuk ke pulau ini pengunjung dikenakan tiket sekitar Rp30 ribu per orang.

Itu dia beberapa destinasi di Jeneponto yang bisa dimasukkan ke dalam itinerary jika ingin berlibur ke Sulawesi Selatan. Nah kalau kamu, mana nih destinasi favorit untuk liburanmu?

Yuk ceritakan pengalaman liburan di destinasi favoritmu bareng Hipwee

Kamu juga bisa lo membagikan cerita pengalaman liburanmu. Tulisanmu akan dibaca banyak orang dan kamu juga bisa turut membantu promosi wisata daerah favoritmu di Indonesia. Plus, Hipwee juga sudah menyiapkan hadiah berupa smartphone dan e-Money, lo!

Ketentuan Tulisan:

1. Tulisan dikirimkan melalui web Hipwee.

2. Tulisan harus orisinal dan tidak mengandung unsur plagiasi.

3. Tulisan bisa dalam format Listicle atau Narasi. Panduan menulisnya sebagai berikut:

Panduan menulis Listicle
Panduan menulis Narasi
Panduan menuliskan sumber gambar
Panduan menulis di Hipwee

4. Tulis artikelmu dengan format judul: #DestinasiHipwee–Judul Tulisan

Contoh:

#DestinasiHipwee-Cerita Seru Saat Traveling ke Wae Rebo Bersama Teman Kuliahku
#DestinasiHipwee-5 Spot Seru yang Bisa Dijelajahi Kalau Kamu Main ke Solo!

6. Tambahan tag #DestinasiHipwee di dalam artikel

7. Satu peserta BOLEH mengirimkan lebih dari satu tulisan.

8. Kompetisi ini berlangsung mulai 26 Juni 2021 – 25 Juli 2021.

9. Jangan lupa share tulisan kamu di sosial media dan tambahkan #DestinasiHipwee serta tag @hipwee @hipweetraveling dan @hipweecommunity biar makin banyak orang yang membaca tulisanmu 😊

Gampang, kan? Makanya buruan ikutan!

Kamu juga bisa ikutan Social Media Challenge di akun @hipwee dan @hipweetraveling lho. Cus deh kepoin postingan di bawah!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE