Bogor adalah kota langganan untuk liburan singkat warga Jakarta dan sekitar. Selain jaraknya yang dekat, predikat kota hujan yang membuat kualitas udara cukup segar, menjadi salah satu alasan mengapa kota ini favorit sebagai tujuan wisata akhir pekan.

Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang nggak ada habisnya untuk terus dieksplorasi. Mulai dari curug, telaga hingga lanskap indah pemandangan kota dari atas bukit. Tapi, jika kamu ingin menikmati beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu liburan singkat, mungkin 5 tempat ini bisa menjadi pilihan. Selain tentunya murah, kamu hanya butuh berjalan kaki dari Stasiun Bogor untuk mencapainya. Lumayan bisa ngirit kan?

1. Piknik seru di Kebun Raya Bogor, tempat favorit liburan bareng teman atau keluarga

Kebun Raya Bogor via www.flickr.com

Advertisement

Siapa yang nggak kenal dengan Kebun Raya Bogor? Obyek wisata yang sangat asri untuk piknik ini terkenal sebagai wisata favorit keluarga. Selain nyaman, melakukan piknik di sini bisa diselingi dengan belajar mengenal flora yang ada di Kebun Raya Bogor.

Yang bikin tambah seru, lokasi Kebun Raya Bogor yang hanya berjarak 3,3 km dari Stasiun Bogor ini bisa kamu tempuh hanya dengan berjalan kaki lho. Sekitar setengah jam aja sih. Kebayang kan serunya berjalan beramai-ramai dari stasiun sambil menenteng perbekalan untuk piknik. Nah, untuk masuk ke Kebun Raya Bogor kamu cukup membayar Rp 15.000 ribu saja per orangnya. Kalau merasa agak jauh naik ojek online aja.

2. Mengenal asal-usul rekayasa genetik alam di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia via www.piknikdong.com

Obyek wisata yang satu ini pada awalnya merupakan salah satu pusat penelitian Herbarium Bogoriense. Namun dengan semakin bertambahnya koleksi hasil penelitian, tempat ini berubah nama menjadi Museum Sejarah Alam Indonesia.

Advertisement

Di Museum ini kamu bisa mengetahui asal-usul rekayasa genetik alam di Indonesia, hingga perkembangan kopi dan hasil alam Indonesia lainnya. Menarik nih, mengenal lebih jauh kekayaan hasil alam Indonesia yang dulu bikin penjajah iri. Nah, lokasi museum ini berseberangan dengan Kebun Raya Bogor, lho. Jadi kamu bisa mampir ke museum sebelum piknik dengan membayar tiket seharga Rp 5.000 per orang.

3. Berkunjung ke Taman Topi yang legendaris bakal bikin orang dewasa nostalgia dan anak-anak ceria

Taman Topi via lifestyle.okezone.com

Taman legendaris yang sudah ada sejak tahun 1975 ini akan membawa nostalgia untuk orang dewasa, dan membuat ceria anak-anak yang bisa menikmati berbagai wahana. Taman yang oleh masyarakat dikenal dengan sebutan Taman Topi berada di Jalan Dewi Sartika, Kota Bogor. Di sini tersedia berbagai wahana mulai dari, Boom Boom Car, Komidi Putar hingga Flying Fox.

Dari Stasiun Kota Bogor kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 180 meter menuju pintu masuk yang berada tepat di seberang RS Bhayangkara Bogor. Kabarnya nih, mulai Desember 2019 Taman Topi bakal dibongkar habis. Nah, sebelum tempat ini jadi kenangan, mesti disambangi nih.

4. Bisa olahraga sambil wisata di Taman Bermain Lapangan Sempur

Taman Bermain Lapangan Sempur via travel.kompas.com

Nggak sekadar tempat rekreasi, Taman Bermain Lapangan Sempur merupakan kawasan olahraga yang dikombinasikan dengan tempat rekreasi dan wisata kuliner. Di sini kamu bisa berolahraga sambil tetap berwisata, dan tinggal melipir dengan suguhan makanan yang beragam jika lapar. Selain itu yang menarik di sini tiap bulannya rutin digelar pemutaran film-film karya komunitas sineas Bogor.

Kamu hanya butuh berjalan sejauh 1,7 km dari Stasiun Bogor menuju Jalan Jalak Harumpat dengan patokan Jembatan Sempur, dan nggak usah khawatir untuk mengajak keluarga karena area bermain anaknya pun cukup komplit.

5. Berwisata ke Bogor berasa kurang lengkap tanpa mampir ke Istana Bogor dan memberi makan rusa

Istana Kepresidenan Bogor via www.bogorraincake.com

Istana Kepresidenan adalah tempat yang nggak boleh terlewatkan. Berjarak hanya 900 meter dari Stasiun Bogor, di sini kamu bisa menikmati keunikan arsitektur bangunan bersejarah itu dengan gratis. Nah, untuk kamu yang berminat mampir, Istana Bogor hanya buka untuk umum pada hari-hari tertentu saja. Tapi jangan sedih, karena setiap akhir pekan kamu bisa lo memberi makan rusa-rusa yang ada di istana meski dari luar pagar, dengan membeli wortel yang dijajakan pedagang sekitar istana dengan harga Rp 5000 hingga Rp 10.000.

Bogor selain terkenal dengan sebutan Kota Hujan, juga terkenal dengan kemacetannya yang mulai menyaingi Jakarta. Nah, daripada mood liburanmu jadi ambyar karena ngedumel di perjalanan yang macet, mending kamu berwisata menggunakan angkutan umum seperti kereta, lalu mengunjungi obyek wisata yang berada di sekitar stasiun. Hemat ongkos dan hemat waktu!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya