5 Negara yang Berikan Diskon untuk Wisatawan Pasca Pandemi. Bisa Jadi Pilihan Liburan Nanti Nih!

Diskon untuk wisatawan

Selama pandemi Covid-19 melanda dunia, industri pariwisata merupakan salah satu yang mengalami kelesuan. Hal tersebut akibat terbitnya berbagai aturan bepergian di tiap negara, yang ditujukan demi mencegah penyebaran virus. Dampaknya penginapan, bandara, serta objek wisata yang jadi tulang punggung industri tersebut dibatasi waktu operasionalnya, bahkan ada yang harus ditutup total. Selain itu, kondisi yang nggak menentu juga jadi alasan wisatawan menahan diri untuk liburan.

Advertisement

Tapi di tengah wacana new normal saat ini, beberapa negara yang sudah mulai pulih dari virus Corona berupaya mengembalikan gairah industri pariwisata mereka. Untuk menarik lagi minat wisatawan pasca pandemi nanti, beberapa negara tersebut bahkan memberikan berbagai diskon untuk wisatawan. Penasaran negara mana saja? Yuk simak ulasan Hipwee Travel berikut.

1. Vietnam akan berikan diskon setengah harga mulai dari hotel sampai tiket penerbangan

Ha Long Bay, Vietnam via www.pexels.com

Ba Na Hills dan Ha Long Bay merupakan salah dua destinasi favorit wisatawan di Vietnam. Namun beberapa bulan belakangan, negara yang berada di bagian paling timur semenanjung Indochina ini mengalami mati suri di sektor pariwisata. Hal itu karena Vietnam menerapkan lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Nah, setelah memastikan nggak ada kasus kematian akibat Covid-19, Vietnam mulai membuka negaranya dan menggenjot wisatawan domestik terlebih dahulu. Dilansir dari Detikcom, kebijakan itu dilakukan sekaligus dengan memberikan berbagai diskon buat menarik wisatawan. Dalam penawarannya, mulai dari harga hotel hingga tiket penerbangan bisa ditebus hingga setengah harga loh. Meski begitu, Vietnam tetap akan memastikan negara yang ditargetkan untuk promosi wisata mereka aman dari virus Corona. Wah, Indonesia masuk nggak nih?

2. Negeri gajah putih Thailand berikan diskon tiket pesawat sejak Maret hingga Agustus 2020

Ao Phang-nga National Park, Thailand via www.pexels.com

Seperti Indonesia yang sempat memberikan diskon tiket pesawat, Negeri Gajah Putih, Thailand juga menerapkan hal serupa. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Phuket atau Pantai Railay Thailand, setidaknya bisa mendapatkan diskon tiket sebanyak 20%. Diskon tiket ini hadir sebagai bagian kampanye kolaborasi Thai Airways International (THAI) dan Tourism Authority of Thailand (TAT) bertajuk Amazing Flight, Amazing Thailand. Dilansir dari Kompas, kampanye ini bergulir sejak Maret hingga Agustus 2020. Dalam periode tersebut akan ada 10.000 tiket diskon terbang ke Thailand untuk turis asing dan akan ditambah jika peminatnya banyak.

Advertisement

3. Meksiko buka kembali destinasi populernya di Quintana Roo dan tawarkan penginapan gratis

Playa del Carmen Tulum, Mexico via id.pinterest.com

Kalau di Meksiko, mereka bakal memberikan diskon untuk destinasi populernya yakni Cancun dan Riviera Maya di Quintana Roo yang akan dibuka kembali mulai 8 Juni 2020. Sebelum kembali dibuka untuk umum, perusahaan perhotelan dan pariwisata di sana menggelar pelatihan menghadapi new normal. Selain itu mereka juga akan mengurus sertifikasi bersih dan aman dari virus untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan. Dilansir dari laman Travelpulse, promo yang ditawarkan kepada wisatawan di Quintana Roo berupa penginapan gratis selama dua malam untuk tamu dengan masa inap dua malam atau lebih, serta diskon setidaknya 20% untuk spa dan lapangan golf.

4. Sisilia akan diskon setengah harga tiket pesawat, gratiskan menginap satu malam dan siapkan voucher wisata budaya

Sisilia, Italia via www.lonelyplanet.com

Setelah situasi benar-benar aman, sepertinya liburan ke Sisilia, Italia jadi tawaran menarik. Pasalnya pemerintah Sisilia bakal membayar setengah harga tiket setiap wisatawan, dan juga bakal membayar satu malam hotel kalau kamu nginap selama tiga malam. Nggak hanya itu, mereka juga menyiapkan voucher untuk wisata budaya loh. Nah, tapi Menteri Pariwisata Italia Dario Franceschini, seperti dikutip Tempo mengatakan kalau kebijakan tersebut baru akan difokuskan untuk pariwisata domestik, karena Italia akan menjelang fase liburan musim panas. Meski begitu, nggak ada salahnya ikut berharap kan. Siapa tahu kalau pandemi benar-benar usai penawaran menarik ini berlaku juga untuk turis asing.

5. Mesir turunkan biaya visa turis dan diskon setengah harga biaya masuk berbagai objek wisata

Advertisement

Pyramid of Khafre, Egypt via www.pexels.com

Kalau berniat liburan ke timur tengah, ada baiknya melirik Mesir. Pasalnya Mesir sudah mengumumkan akan memberikan diskon untuk biaya visa turis. Mengutip Detikcom, bagi turis yang mengajukan visa pada bulan Juni hingga Agustus 2020 maka akan dapat diskon dari biaya semula USD 25 atau sekitar Rp367 ribu, jadi USD 10 atau sekitar Rp147 ribu. Diskon ini berlaku untuk kedatangan melalui bandara di Aswan dan Luxor. Nggak hanya diskon biaya visa, Mesir juga ngasih diskon setengah harga untuk biaya masuk ke berbagai situs arkeologi, museum, dan berbagai objek wisata di Mesir.

Itu dia 5 negara yang sudah mulai pulih dari virus Corona, dan mencoba kembali menggairahkan industri pariwisata mereka. Nah, diskon atau destinasi wisata negara mana nih yang bikin kamu tertarik buat eksplorasi liburan selepas pandemi nanti?

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE