Fenomena langit masih akan menghiasi cakrawala di bulan Juli ini. Setelah awal tahun ada Super Blue Blood Moon dan juga Trilogi Supermoon, gerhana bulan akan menyambangi Indonesia di akhir bulan ini. Wah harus siap-siap ngajakin teman-teman kamu buat camping di gunung atau pantai ya buat menyaksikan gerhana bulan total kali ini.

Gerhana bulan yang akan terjadi pada tanggal 28 Juli 2018 esok akan jadi gerhana bulan terlama yang terjadi di abad ke 21! Gerhana bulan total akan terjadi selama 103 menit. Wow, keren dong ya. Belum tentu nih keulang lagi dalam waktu dekat.

Advertisement

Buat kamu yang mau siap-siap hunting foto gerhana, nih simak dulu ulasan dari Hipwee Travel ya!

Gerhana bulan terlama akan menyapa Indonesia pada tanggal 28 Juli nanti. Ini adalah gerhana yang cukup langka, Gaes. Jangan sampai kelewatan ya!

Gerhana bulan total  via www.infoastronomy.org

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Berdasarkan siaran pers BMKG, pada tahun 2018 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana, yaitu: 1. Gerhana Bulan Total (GBT) 31 Januari 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, 2. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 4. Gerhana Bulan Total (GBT) 28 Juli 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, dan 5. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Kabar baiknya, Gerhana Bulan Total pada tanggal 28 Juli bisa disaksikan dari seluruh Indonesia. Tenang, menyaksikan gerhana bulan dengan mata telanjang aman kok!

gerhana bulan via www.gulalives.co

Advertisement

Gerhana bulan total bisa disaksikan oleh mata telanjang kok. Fase gerhana bulan akan dimulai pukul 00.13 WIB dan gerhana sebagian (parsial) dimulai pada pukul 01.24 WIB. Sedangkan gerhana total akan dimulai pada pukul 02.30 WIB. Sementara itu, puncak gerhana bulan total terjadi sekitar pukul 03.21 WIB dan berakhir pada 04.14 WIB. Fenomena langit ini seluruhnya akan berakhir pada pukul 06.30 WIB. Dengan durasi puncak gerhana bulan total selama 103 menit kamu Kamu bisa saksikan di seluruh Indonesia kok. Ayo jangan sampai lewatkan!

Buat kamu yang mau menyaksikan gerhana bulan total, lebih baik kamu camping ke pantai atau naik gunung di tanggal 27 dan bermalam sembari menikmati gerhana di tanggal 28 Juli 2018

gerhana tampak di myanmar via www.dailymail.co.uk

Lokasi yang biasa jadi favorit untuk menyaksikan gerhana ya di pantai atau di gunung. Itupun sebisa mungkin jauh dari kota besar agar tidak terlalu banyak awan di langit. Untuk itu, akhir pekan ini mending kamu ajak teman-temanmu untuk camping di pantai atau mendaki gunung sekalian. Ya kamu bisa camping di pantai-pantai selatan Jogja atau Malang. Kalau lebih suka mendaki gunung cobalah mendaki Gunung Prau atau Gede. Syahdu banget ‘kan menyaksikan gerhana langsung dari alam.

Jadi, di mana kamu akan menghabiskan malam pada akhir pekan nanti? Semoga kamu bisa menyaksikan gerhana tanpa halangan suatu apapun ya. Selamat hunting!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya