Panduan Mengamati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Esok. Harus Pakai Alat-alat Ini Nih!

Panduan Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari akan mampir ke Indonesia pada hari Kamis, 26 Desember 2019. Tahun ini adalah kali kelima gerhana matahari mampir ke Indonesia, dan esok adalah yang terakhir di tahun ini. Kebetulan gerhana matahari cincin bisa disaksikan dari berbagai daerah di Indonesia. Setidaknya ada 25 titik untuk mengamati gerhana matahari dari Sabang sampai Merauke.

Advertisement

Namun, jangan terlalu bersemangat untuk melihat gerhana matahari. Menyaksikan gerhana secara langsung bisa merusak mata. Jadi ada tips buat kamu yang pengen melihat gerhana matahari cincin 26 Desember esok. Hal-hal ini yang harus kamu siapkan.

Begini cara aman menyaksikan gerhana matahari sebagian. Jangan langsung dengan mata telanjang!

gerhana matahari cincin via www.forbes.com

Untuk menyaksikan gerhana matahari, kamu dilarang melihatnya secara langsung dengan mata telanjang. Hal ini bisa merusak mata kamu. Gerhana matahari bisa memancarkan cahaya spektrum ultra violet (UV) yang tidak kasat mata tapi sangat berbahaya. Untuk itu kamu bisa menyaksikan gerhana matahari hanya dengan cara-cara berikut ini:

  1. Menggunakan kacamata gerhana matahari. Pastikan kacamata kamu aman dengan menyalakan flash di smartphone kamu tepat di depan kacamata. Kalau flash tak terlihat tandanya kacamata kamu aman.
  2. Menggunakan filter di lensa kamera. Meskipun kamu menyaksikannya dengan lensa kamera sekalipun, filter tetap diperlukan agar mata terlindungi.
  3. Pihnole kamera atau kamera lubang jarum relatif aman untuk menyaksikan gerhana matahari.
  4. Melihat gerhana lewat bayangan air.
  5. Jangan terlalu lama melihat gerhana, setidaknya cukup 1-2 menit saja.
Advertisement

Gerhana matahari cincin akan datang pada tanggal 26 Desember dan bisa disaksikan di berbagai daerah di Indonesia lho

gerhana matahari cincin via timesofoman.com

Gerhana matahari cincin akan melintasi wilayah Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019. Pengamatan di Kabupaten Siak, Riau, menjadi lokasi yang paling ideal untuk menyaksikan fenomena alam tesebut. GMC ini diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Ada beberapa titik lagi yang bisa kamu datangi untuk menyaksikan gerhana matahari cincin seperti Sibolga, Padang Sidempuan, Siak, Duri, Pulang Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rangsang, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Makulit, Tanjung Selor, dan Berau.

Sudah siap menyaksikan gerhana matahari cincin 26 Desember nanti?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE