Sebagai traveler muslim, terutama cewek berhijab, liburan ke luar negeri bisa dibilang susah-susah gampang. Karena stigma teroris acapkali melekat pada kaum muslim di dunia, hal ini tentu bisa menyulitkan para cewek berhijab untuk bepergian ke negara lain. Padahal liburan itu pengennya serba asyik, aman, dan happy terus.

Nggak cuma itu, sebagai traveler muslim, kamu juga diwajibkan konsumsi makanan halal dan memudahkan untuk beribadah shalat 5 waktu. Sementara makanan di luar negeri kerap menyajikan makanan yang mengandung bahan-bahan tidak halal dan jarang ada tempat ibadah. Untuk itu, simak deh negara mana saja yang ramah wisatawan muslim, terutama buatmu cewek berhijab dalam ulasan berikut ini.

1. Ke Malaysia bikin kamu seperti di Indonesia. Nggak bingung lagi cari makanan halal dan tempat ibadah

Malaysia (photo by: Sadie Teper) via unsplash.com

Advertisement

Bisa dibilang Malaysia adalah negara yang paling “tidak jauh berbeda” dengan Indonesia. Penduduk muslimnya banyak dan terdiri dari beragam etnis. Maka tak heran kalau Malaysia jadi salah satu negara terdekat yang ramah wisatawan muslim dan kalau ke sana seperti berada di rumah sendiri. Masjidnya di mana-mana, makanan halal mudah ditemukan, dan tentunya aman buat kamu sebagai traveler berhijab. Plus, budaya dan wisata alamnya juga menarik lo.

2. Singapura bisa jadi pilihan liburan dengan nuansa baru di ASEAN tanpa bingung cari tempat shalat

Singapura (photo by: Bna Ignacio) via unsplash.com

Meski Islam di Singapura merupakan agama minoritas, jangan lupa kalau Singapura menjadi salah satu negara yang ramah bagi wisatawan muslim. Lantaran di Singapura tersedia banyak fasilitas tempat ibadah seperti mushala, masjid, hingga restoran berkonsep halal food mudah ditemukan. Ada juga destinasi yang Islami semisal di Kampong Glam dengan Masjid Sultan yang apik.

3. Korea Selatan bisa dibilang selalu memanjakan wisatawan muslim lo. Kayak gimana tuh?

Korea Selatan (photo by: Yeo Khee) via unsplash.com

Siapa sangka kalau wisatawan muslim di Korea Selatan sangat dimanjakan? Hal ini karena pemerintah Korea Selatan peduli dengan keberadaan turis muslim di negaranya. Maka tak heran jika di pusat kota mudah ditemukan tempat ibadah, antara lain Masjid Pusat Seoul di Itaewon, Seoul yang dibangun sejak 1976. Pun demikian dengan masjid Busan, Anyang, Gwangju, Daegu, Kaesong, Gyeongo, dan Anyang. Tak lupa, lokasi wisata di Korea Selatan juga banyak dilengkapi dengan tempat ibadah seperti di Nami Island yang tersedia mushala. Sementara untuk mencari makanan halal, kamu bisa manfaatkan aplikasi Halal Korea.

4. Di Taiwan sudah ada badan sertifikasi halal, sehingga kamu nggak perlu ragu dengan kualitas makanannya untuk wisatawan muslim

Taiwan (photo by: Vernon Raineil Cenzon) via unsplash.com

Advertisement

Percaya nggak kalau di Taiwan sudah ada dua badan sertifikasi makanan halal? Karena itu, Taiwan menjadi salah satu destinasi wisata yang nyaman bagi muslim. Dengan keberadaan badan sertifikasi makanan halal di Taiwan, kamu nggak perlu ragu lagi untuk liburan sambil konsumsi makanan-makanan halal. Selain itu, tersedia juga panduan khusus traveler muslim di situs Chinese Muslim Association of Taiwan. Kamu bisa download brosurnya yang berisi informasi keberadaan masjid hingga lokas wisata bernuansa Islam seprti Taipei Grand Mosque.

5. Jepang juga lagi gencar-gencarnya menarik para wisatawan muslim. Kamu bisa dapatkan pemandu wisata yang muslim juga lo

Jepang (photo by: Sorasak) via unsplash.com

Tidak jauh berbeda dengan Korea Selatan dan Taiwan, Jepang juga sedang gencar menarik wisatawan muslim. Misalnya, ada dua masjid raya di Tokyo dan terdapat perkampungan muslim. Kalau kamu ke sana, bisa saja diberi pemandu wisata yang seorang muslim juga. Jika kamu mampir ke tourism center di kota Nara dan pengen shalat, kamu bisa langsung tanyakan ke petugas dan akan langsung diantar. Asyik ya!

6. Di Turki, kamu bisa sekaligus kembali mengenal sejarah tentang peradaban Islam

Turki (photo by: Darren Lee) via unsplash.com

Negara Turki menjadi salah satu destinasi favorit traveler muslim dengan peradaban Islamnya. Tak hanya soal keramahan penduduk, mudah ditemukan masjid atau mushala, pun demikian makananan halalnya. Di Turki, kamu bisa belajar sejarah tentang peradaban Islam yang begitu besar dan kaya di masa lalu. Silahkan kunjungi Masjid Sultan Ahmet, Anatolia, dan Cappadocia kalau ke sana.

7. Belanda merupakan rumah kedua bagi turis Indonesia dan wisatawan muslim dari berbagai negara

Belanda (photo by: Moritz Kindler) via unsplash.com

Apakah kamu tahu kota-kota di Belanda sangat ramah dengan traveler muslim? Misalnya saja ibukota Amsterdam yang modern memiliki sekitar 60 restoran yang menyediakan makanan halal. Pun demikian dengan hotel berkonsep halal, meski tidak banyak jumlahnya. Untuk masjidnya pun mudah ditemukan, semisal ada Masjid Westermoskee Aya Sofya dan Masjid Al Karam misalnya. Selain Amstrdam, kota-kota seperti Rotterdam, Utrecht, dan Den Haag bisa dibilang sebagai rumah kedua bagi wisatawan Indonesia dan traveler muslim.

8. Perjalanan jauh ke Afrika Selatan terbayar dengan keindahan alam dan kenyamananmu beribadah

Afrika Selatan via theculturetrip.com

Jangan lupa ada Afrika Selatan yang ramah untuk wisawatan muslim. Semisal kota Cape Town yang tersedia banyak masjid, jika dihitung kira-kira ada lebih dari 9 masjid. Kamu pun bisa kulineran di kawasan Bo Kaap karena terdapat beragam restoran halal dengan cita rasa yang begitu enak. Perjalanan jauh ke Afrika Selatan jadi terbayar deh!

Jadi traveler muslim memang paling nyaman kalau bisa jalan-jalan di negara yang ramah wisatawa muslim. Tidak hanya asyik jalan-jalan di tempat menarik, tapi juga nyaman dan tenang menjalani ibadah di sana. Plus mengonsumsi makanan halalnya pun tetap terjaga.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya