Tahu kan kalau tahun 2015 nanti akan ada integrasi ASEAN secara besar-besaran? Itu artinya, kita harus lebih mengenal negara-negara tetangga yang berada dalam satu region.  21 fakta tentang ASEAN ini bisa jadi pintu masuk untuk lebih mengetahui karakteristik negara-negara tetangga kita. Siap jadi warga ASEAN di tahun 2015?

1. Perjalanan ASEAN

Perjalanan menuju ASEAN via www.facebook.com

ASEAN terbentuk dari hasil Deklarasi Bangkok pada 5-8 Agustus 1967. Lima negara yang mendirikan ASEAN adalah Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Pada tahun 1984, Brunei Darussalam bergabung. Disusul dengan Vietnam pada tahun 1995. Di tahun 1997, Laos danMyanmar  ikut bergabung. Pada tahun 1999, Kamboja masuk sebagai anggota terakhir.

ASEAN ingin menciptakan Komunitas ASEAN yang bebas dari berbagai hambatan barang, jasa dan perpindahan orang pada tahun 2015 mendatang.

2. Hari Kemerdekaan Negara ASEAN

Fakta tentang hari kemerdekaan negara-negara ASEAN via www.facebook.com

Advertisement

Ternyata hari kemerdekaan Indonesia, Singapura dan Malaysia sama-sama berada di bulan Agustus!

3. Kecepatan Internet Singapura = Cheetah ; Kecepatan Internet Indonesia = Kuda Nil

Kita patut berbangga, Singapura digambarkan sebagai cheetah dalam kecepatan internet. Mengalahkan Jepang, Amerika dan China. Tapi sayangnya 6 negara ASEAN lain ternyata masih memiliki  kecepatan internet kurang dari 10 Mbps. Bahkan Indonesia hanya memiliki kecepatan sebesar 4,1 Mbps dan digambarkan sebagai kuda nil.

4. Pengeluaran Pemerintah vs Pendapatan Nasional

Pengeluaran vs GDP via www.facebook.com

Brunei Darussalam tercatat sebagai negara yang paling banyak menggunakan pendapatan nasionalnya untuk belanja negara. Sementara Indonesia masuk di tiga teririt, bersama Filipina dan Singapura.

5. Universitas Terbaik di ASEAN

Fakta tentang universitas terbaik via www.facebook.com

Malaysia dan Singapura menduduki 3 teratas pendidikan tinggi terbaik di ASEAN. Sementara Indonesia harus cukup puas duduk di nomor 8.

6. Perkiraan Banyaknya Wisatawan Asing yang Datang

Fakta tentang kedatangan turis via www.facebook.com

Malaysia, diperkirakan masih menjadi negara yang didatangi oleh wisatawan sepanjang tahun 2010-2015. Disusul oleh Thailand dan Singapura. Indonesia harus bekerja keras kalau mau menyaingi ketiga negara tersebut.

7. Tingkat Literasi di ASEAN

Tingkat Literasi ASEAN via www.facebook.com

Singapura memegang angka tertinggi tingkat literasi di negara-negara ASEAN dengan angka 95,9%. 7 negara anggota lain juga sudah memiliki angka literasi diatas rata-rata. Sayangnya Kamboja dan Laos masih berada dibawah rata-rata literasi dunia dengan angka literasi penduduk berkisar 70%.

8. Fakta tentang Pengguna Internet

Fakta tentang pengguna internet via www.facebook.com

Indonesia harus hati-hati kalau mau bilang negara ini sudah melek internet. Ternyata, pengguna internet di Indonesia masih di angka 9% dari total penduduk lho. Angka ini berbeda jauh dengan Singapura yang pengguna internetnya sudah mencapai 70% dari keseluruhan jumlah penduduk.

9. Jumlah Perokok di Negara Asean

Fakta tentang perokok via www.facebook.com

Ternyata 40% penduduk Laos adalah perokok. Disusul oleh Indonesia, di angka 35%. Dua terendah jumlah perokok di ASEAN dipegang oleh Brunei dan Singapura.

10. Jumlah Tenaga Kerja ASEAN

Perkiraan jumlah tenaga kerja via www.facebook.com

Indonesia, Vietnam dan Thailand akan memiliki jumlah tenaga kerja terbanyak di tahun 2015 mendatang. Kalau bonus demografi ini tidak disikapi dengan baik, bisa-bisa di tiga negara ini muncul banyak sekali pengangguran. Ketiga negara dengan bonus demografi terbanyak harus meningkatkan kualitas tenaga kerja agar lebih siap bersaing di pasar ASEAN yang makin terbuka.

11. Jumlah Perawat vs Jumlah Pasien

Fakta tentang jumlah perawat via www.facebook.com

Di Filipina, seorang pasien bisa dirawat oleh 6 orang perawat. Hal yang hampir sama juga terjadi di Singapura dan Brunei Darussalam. Ironisnya, di Indonesia ; Thailand ; Vietnam; Laos dan Myanmar hanya ada kurang dari 1 sampai 2 orang perawat untuk setiap pasien yang sakit.

12. Peringkat di Kejuaraan FIFA, 2012

Ranking FIFA via www.facebook.com

13. Konsumsi Mie Instan

Konsumsi mie instan

Indonesia ternyata negara pengkonsumsi mie instan terbesar di ASEAN, 60, 3% orang Indonesia mengkonsumsi makanan cepat saji ini. Disusul oleh Vietnam di angka 55,1%. Pengkonsumsi mie instan terendah di negara ASEAN adalah Myanmar.

14. Konsumsi Kopi di ASEAN

Fakta tentang konsumsi kopi via www.facebook.com

Setiap tahun, 1 orang d i Filipina dapat mengkonsumsi hingga 423 cangkir kopi. Sementara Indonesia, yang memiliki banyak varietas kopi ternyata hanya duduk di posisi keenam dengan tingkat konsumsi 176 gelas/penduduk/tahun.

Malaysia dan Vietnam duduk di posisi kedua dan ketiga dengan angka 300 gelas per tahun untuk setiap penduduk.

15. Fakta tentang konsumsi soft drink

Fakta tentang konsumsi soft drink via www.facebook.com

Thailand menduduki posisi tertinggi sebagai negara penikmat soft drink. Diperkirakan dalam satu tahun 1 orang penduduk Thailand dapat meminum sampai 41,3 liter minuman soda. Indonesia masuk kedalam 5 besar penikmat soft drink dengan angka 3,1 liter per penduduk setiap tahunnya.

16. Hutang Luar Negeri dalam US Dolar

Fakta tentang hutang Luar Negeri via www.facebook.com

Singapura, Indonesia dan Malaysia adalah tiga negara dengan hutang luar negeri terbanyak di ASEAN. Hmmm semoga hutang luar negeri ini memang digunakan untuk kemajuan pembangunan domestik ya. Bukannya malah dikorupsi.

17. Hutang dalam Negeri vs Pendapatan Nasional

Fakta tentang Hutang Dalam Negeri via www.facebook.com

Tahukah kamu, kalau setiap penduduk ASEAN menanggung hutang sebesar 19,023 US Dolar seumur hidup? Negara penyumbang terbesar bagi tingginya angka hutang ini adalah Singapura. Dengan proporsi hutang mencapai 108% dibandingkan pendapatan nasionalnya.

18. Fakta Tentang Perolehan Medali Sea Games 2013

Fakta tentang perolehan medali SEA Games via www.facebook.com

Thailand memimpin dengan 282 total medali. Disusul Vietnam dan Myanmar. Indonesia harus sementara puas dengan posisi ke 4.

19. Fakta Tentang Tindak Korupsi

Fakta tentang tindak korupsi via www.facebook.com

Singapura menjadi negara terbersih dari tindak korupsi nomor 5 di seluruh dunia. Sementara Indonesia masih dikategorikan sebagai negara korup. Indonesia menduduki peringkat keenam sebagai negara terkorup di ASEAN, dan memegang peringkat ke 114 dari keseluruhan negara di dunia.

Laos, Myanmar dan Kamboja masuk sebagai negara dengan angka tingkat korupsi yang tinggi.

20. Orang ASEAN lebih Suka Coca-Cola dibanding Pepsi

Fakta tentang Coke VS Pepsi via www.facebook.com

72,8% penduduk di wilayah ASEAN memilih mengkonsumsi Coca Cola dibanding Pepsi.

21. Indonesia adalah negara dengan penduduk terpendek di ASEAN

Fakta tentang tinggi badan via www.facebook.com

Tinggi badan rata-rata bagi penduduk laki-laki di ASEAN adalah 164 cm. Sementara untuk penduduk wanita ada di angka 153 cm.

Menariknya, Indonesia adalah negara dengan rata-rata tinggi badan penduduk terpendek di ASEAN. Hanya 158 cm untuk laki-laki dan 147 cm untuk wanita. Nampaknya kita harus lebih menggalakkan gerakan minum susu.