Buat kamu yang hobi traveling dan berenang di alam bebas, belum lengkap rasanya kalo belum snorkeling di air yang jernih. Yah, emang sih menemukan perairan jernih itu gak gampang, tapi siapa bilang gak ada?

Nah, gak ada salahnya mempersiapkan destinasi yang pas buat kamu untuk musim panas selanjutnya. Nih Hipwee kasih beberapa destinasi yang memiliki pantai dan danau eksotis dengan air paling jernih yang pastinya bakal bikin kamu terdorong untuk mendatanginya.

1. Pulau Redang, Malaysia

Pantai Pulau Redang via www.superbwallpapers.com

Pulau Redang adalah satu dari sembilan pulau yang membentuk sebuah taman laut di wilayah pantai timur negara bagian Terengganu, Malaysia. Wilayah ini terkenal sebagai tempat penangkaran penyu. Selain berenang, kamu juga bisa main ke bangkai kapal H.M.S. Prince of Wales dan H.M.S. Repulse yang ditenggelamkan pada Perang Dunia II. Tempat ini juga pernah dipake syuting film Summer Holidays lho.

2. Malolo Lailai (Plantation Island), Fiji

Plantation Island, Fiji via naturaleuphoria.com

Advertisement

Malolo Lailai adalah pulau kedua terbesar dan menjadi pusat wisata di Kepulauan Mamanuca. Selain berenang, di sini kamu juga bisa main golf lho. Karena gak ada penerbangan dari Indonesia yang langsung menuju Fiji, kamu bisa mencapai tempat itu dari Australia.

3. Pulau Arborek, Raja Ampat, Papua

Pantai Pulau Arborek, Raja Ampat | Foto: Marischka Prudence via marischkaprudence.blogspot.com

Pulau Arborek dikelilingi pantai berpasir putih dengan perairan yang jernih banget. Buat kamu yang hobi diving, di dekat Pulau Arborek terdapat diving site bernama Manta Sandy yang pantang untuk dilewatkan.

4. Pantai Agiofili, Yunani

Agiofili, Yunani | Foto: Giorgio Fiorentini. via www.panoramio.com

Terletak di Pulau Lefkada, pantai mungil ini dekat banget sama desa Vassiliki yang terletak sekitar 38 km di selatan kota Lefkada. Kalo mau ke sini, sebaiknya pagi-pagi, karena telat sedikit pantai ini bakal dipenuhi orang.

5. Velassaru, Maldives

Velassaru yang semacam surga. via www.themilliardaire.co

Velassaru itu semacam surga yang memanjakan mata. Untuk sampai di sini, kamu perlu naik speedboat selama kurang lebih 25 menit setelah keluar dari bandara. Resortnya cocok banget buat yang mau bulan madu lho.

6. Grüner See, Austria

Grüner See, Austria | Foto: Marc Henauer/Solent News via www.redbull.com

Grüner See artinya Danau Hijau. Tempat ini merupakan destinasi diving yang terkenal karena keunikannya. Pada saat musim dingin, ketinggian air hanya sekitar 1-2 m dan daerah sekelilingnya merupakan taman. Tapi pas musim semi, temperatur yang naik mengakibatkan salju di sekitarnya mencair dan menenggelamkan taman ini. Ketinggian air mencapai 12 m pada bulan Juni, yang diklaim sebagai saat terbaik untuk mengunjungi tempat ini.

7. Aitutaki, kepulauan Cook

Aitutaki, Pulau Cook via aitutaki.com

Kepulauan Cook adalah sebuah negara kecil yang terletak di selatan samudera Pasifik. Negara ini menjalin asosiasi bebas dengan Selandia baru. Aitutaki adalah salah satu pulau di kep. Cook, dengan penduduk sekitar 2.000 jiwa. Aitutaki terkenal dengan lagoon tempat berkumpulnya penyu, pulau-pulau tak berpenghuni eksotis, dan pantai dengan tetumbuhan palem.

8. Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Pulau Lengkuas via idntravel.com

Lengkuas menawarkan dua kegiatan yang berkebalikan tapi sama-sama seru, yaitu snorkeling dan mercusuar. Pantainya bersih dan jernih karena pulau ini emang gak berpenghuni, asik banget buat snorkeling. Kalo kamu bosan snorkeling, saatnya naik ke ketinggian 300 m dan melihat ke seluruh penjuru pulau. Persiapkan stamina ya, karena gak gampang naik ke puncaknya.

9. Bonito, Mato Grosso do Sul, Brasil

Bonito Mato Grosso do Sul | Foto: Haroldo Palo Jr via brazilparadiseeco.blogspot.com

Kota kecil yang berpopulasi 17,000 jiwa ini menyimpan eksotisme yang gak ada duanya: sebuah akuarium alam yang dikelilingi tebing batu dan tetumbuhan. Di sini kamu bisa snorkeling bareng ikan-ikan sambil mengamati vegetasi bawah air yang menakjubkan. Selain berenang bareng ikan-ikan, kamu juga bisa melakukan rappling menuruni tebing.

10. Pulau Comino, Malta

Pulau Comino, Malta via collegevillekids.blogspot.com

Kalo kamu sempat main ke sini, kamu wajib terjun dari atas tebing ke laut yang biru ini. Pulau yang terletak di Kep. Malta ini terkenal banget di antara para turis, lagunanya menjadi menu wajib para diver, perenang dan snorkeler. Di sini kamu juga bisa menyambangi menara St. Mary yang bersejarah. Comino juga sering dijadiin lokasi syuting film, antara lain TroyThe Count Of Monte Cristo dan Swept Away.

11. Danau Jenny, Wyoming, AS

Danau Jenny via www.flickriver.com

Danau Jenny terletak di Taman Nasional Grand Teton, Wyoming. Selain berenang, di sini kamu juga bisa hiking, naik perahu, bahkan juga mendaki puncak Teton Range.

12. Cayo Coco, Kuba

Cayo Coco via www.melia.com

Pulau yang memiliki berkilo-kilometer pantai berpasir putih ini letaknya di sebelah utara Kuba, Samudera Atlantik. Cayo Coco menawarkan eksotisme kepulauan Karibia dengan iklim subtropisnya. Apa aja yang bisa kamu lakukan di sini? Banyak, di antaranya kamu bisa kitesurfing, scuba diving, atau naik kuda. Tapi, hati-hati sama ubur-ubur biru ya.

13. Pantai Sulamahada, Ternate

Pantai Sulamahada, Ternate via sorsow.blogspot.com

Pantai Sulamahada di Ternate punya air yang sebening kaca lho. Letaknya di Hol, daerah laut yang menjorok ke daratan, sekitar 10 menit menyusuri jalan setapak. Dengan arus yang setenang danau, ini adalah lokasi favorit untuk snorkeling. Kamu juga bisa keliling naik banana boat lho.

14. Menorca, Spanyol

Cala Macarella & Macarelleta via www.surcando.com

Di Menorca, kamu bisa nemuin dua pantai kembar yang keren banget, namanya Cala Macarella dan Cala Macarelleta. Kedua pantai ini dipisahkan oleh tebing bati dan sama-sama memiliki air yang jernih banget. Gak cuma berenang, kamu juga wajib berjalan menyusuri tebingnya untuk menikmati keindahan kedua pantai ini secara keseluruhan.

15. Arnensee, Switzerland

Arnensee, Swiss via thinknsmile.com

Danau Arnensee disebut juga “Mutiara Saanenland”, karena danau ini ibarat permata yang dibingkai oleh hutan di lembah Tschärzis. Kalo mau jalan-jalan ke tempat yang cantik ini, sebaiknya sekitar bulan Juni atau Juli.

16. Bacalar, Quintana Roo, México

Bacalar, Meksiko via www.mexplora.com

Bacalar adalah kotapraja di Qintana Roo, sebuah negara bagian di Meksiko. Daya tarik utama dari Bacalar adalah lagunanya yang indah, yang terletak di sisi timur kota. Kamu juga bisa menikmati Bacalar dengan tur sepeda atau perahu.

17. Corfu, Yunani

Corfu, Yunani via www.boomsbeat.com

Corfu, kota indah yang terdiri dari gunung dan pantai. Selain pantainya yang indah, Corfu juga menyimpan bangunan-bangunan bersejarah, perpustakaan, dan museum. Di sini, kamu bisa belajar sejarah Yunani modern.

18. Isla Perro (Pulau Anjing), San Blas, Panama

Isla Perro via rubiatica.blogspot.com

Gak tau deh gimana sejarahnya bisa dinamain Pulau Anjing, tapi pantai di sini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di San Blas. Mata kamu bakal dimanjakan dengan pantai berpasir putih, air yang jernih, dan pohon-pohon kelapa. Kamu bahkan bisa tidur di sini pake hammock atau tempat tidur gantung.

19. Pulau Ndaa, Wakatobi

Pantai Pulau Ndaa, Wakatobi via djavavista.com

Kalo jalan-jalan ke Wakatobi, jangan lupa mampir ke Pulau Ndaa. Pulau gak berpenghuni yang eksotis ini dijamin bakal membuat kulitmu terbakar matahari karena kelamaan berenang.

20.  Pulau Culebra, Puerto Riko

Pulau Culebra via www.mydestination.com

Isla Culebra bisa diartikan “pulau ular”. Pulau ini punya pantai pasir putih yang keren banget, yang bikin kamu lupa kalo pulau ini ternyata pernah dijadikan tempat persembunyian bajak laut. Gak banyak hal lain yang bisa dilakukan di pulau sepi ini, berdoa aja siapa tau kamu nemu harta karun.

21. Bahia de las Aguilas, Republik Dominika

Bahia de las Aguilas | Foto: Carlos Peralta. via www.panoramio.com

Secara harafiah diartikan “teluk Elang”, Bahia de las Aguillas merupakan pantai sepanjang 8 km di selatan Republik Dominika. Pantai ini merupakan bagian dari taman nasional Jaragua dan dianggap sebagai pantai paling indah oleh masyarakat Dominika. Sebagai salah satu warisan dunia yang diakui PBB, predikat pantai terindah emang gak berlebihan.

22. Calanque de Sormiou, Prancis

Calanque de Sormiou | Foto: Karim Saari via www.panoramio.com

Tempat yang keren ini letaknya di Marseille, Prancis. Di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas panjat tebing. Tapi, mobil dilarang masuk area ini karena bisa menimbulkan kebakaran hutan.

23. Teluk Hanauma, Oahu, Hawaii

Hanauma Bay via hqworld.net

Teluk Hanauma merupakan habitat bagi sejumlah spesies laut, di antaranya Humuhumunukunukuapua’a alias triggerfish yang menjadi ikan khas Hawaii, penyu hijau, belut Morray, surgeonfish, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga ditumbuhi sejumlah koral yang pastinya seru banget kalo snorkeling di sini.

24. Pulau Peucang, Ujung Kulon, Banten

Pulau Peucang | Foto: Arief Genter via ariefgenter.wordpress.com

Terletak di Pandeglang, Banten, Pulau Peucang adalah tempat indah yang menjadi bagian dari Taman Nasional Ujungkulon. Di sini terdapat laguna Kobak dan Cangcut yang pas banget buat berenang dan snorkeling menikmati ikan-ikan dan terumbu karang. Selain itu, kamu juga bisa trekking menyusuri hutan dan mancing ikan. Di sini kehidupan alam liarnya emang masih terjaga banget, kamu bisa ketemu monyet-monyet di dekat penginapan, atau kalo beruntung kamu bisa ketemu badak bercula satu yang hampir punah lho.

25. Kepulauan Phi Phi, Thailand

Kepulauan Phi Phi, Thailand via besttropicalbeachvacations.com

Kepulauan Phi Phi berada di antara Phuket dan Selat Malaka. Ko Phi Phi Don merupakan pulau terbesar di kepulauan ini dan satu-satunya yang berpenduduk. Sementara, pantai di Ko Phi Phi Lee (pulau terbesar kedua) lah yang menjadi tujuan utama para turis, karena pernah dijadikan lokasi syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

26. Danau Tahoe, Nevada, AS

Olahraga Kayak di Danau Tahoe via wallpaperweb.org

Terletak di perbatasan Kalifornia dan Nevada, Danau Tahoe merupakan salah satu danau alpine yang berada di ketinggian 1.897 mdpl. Danau ini adalah salah satu danau yang terluas dan terdalam di AS. Saking gedenya, sampai dibagi menjadi utara dan selatan. Di daratan, kamu bisa bermain ski, golf, hiking. Sementara di danaunya, kamu bisa melakukan beragam olahraga air, seperti snorkeling, kayaking, atau paddling. Sst, di sini juga ada kasino lho.

27.  Pulau Panari, Okinawa, Jepang

Pulau Panari via starspangle200.org

Pulau yang nama resminya Aragusuku ini populasinya cuma sekitar 6 orang! Oleh warga setempat, pulau ini disebut “panari” karena letaknya yang terpisah. Pulau Panari sendiri sebenarnya adalah dua pulau terpisah yang dihubungkan oleh karang yang bisa dilewati pada saat surut. Tempat ini punya terumbu karang yang keren dan desa yang bisa dijelajahi. Meski nyaris gak berpenghuni, pulau ini pernah dipadati manusia sampai-sampai punya gedung sekolah.

28. Pulau Palawan, Filipina

Palawan via 2il.org

Oleh majalah National Geographic Traveler, pulau ini pernah dianugerahi sebagai pulau paling keren se-Asia timur dan tenggara pada 2007. Pulau ini masih asri, belum terjamah pembangunan. Selain menikmati keindahan laut, di sini kamu bisa trekking ke hutan atau Karang Ugong. Kalo kamu pengen yang hangat-hangat, ada pemandian air panas alami juga di sini.

29. Primosten, Kroasia

Primosten, Kroasia via www.croatia-expert.com

Primosten adalah sebuah kota di Kroasia yang memiliki pantai keren bernama Raduca. Perairan di kota klasik bernuansa mediterania ini cocok banget buat berenang atau mancing.

30. Pulau Komodo

Pulau Komodo via www.croatia-expert.com

Pulau Komodo dinamai sesuai naga khas Indonesia, Komodo, yang merupakan binatang asli pulau tersebut. Pulau ini punya pantai berpasir pink lho! Selain itu, biota laut di pulau Komodo merupakan salah satu yang terkaya di dunia. Surga banget deh buat diving!

31. Sabah, Malaysia

Sabah, Malaysia | Foto: Victor Hew via www.victor-hew.com

Sabah punya pantai-pantai yang indah banget di sepanjang pesisirnya. Kalo mau mlipir sedikit, Sipadan punya diving spot indah dengan habitat laut terkaya di dunia.

32. Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan adalah pulau yang paling terkenal di antara tiga pulau di Kep. Gili. Pulau ini dipenuhi turis pada peak season (Juli-Agustus dan Desember-Januari) jadi kalo mau ke sini pada bulan-bulan itu, kamu harus pesan dulu jauh-jauh hari. Di sini terdapat tempat penangkaran penyu dan lokasi scuba diving yang oke banget. Senja di Gili juga keren banget lho.

33. Pulau San Andres, Kolombia

San Andres adalah pulau yang terletak di perairan Karibia, tepatnya di Kolombia. Tempat ini menjadi salah satu favorit turis karena pantainya yang keren banget, meski fasilitasnya gak selengkap atau semodern destinasi wisata Karibia lainnya.

34. To Sua Ocean Trench, Samoa

To Sua Ocean Trench via reversehomesickness.com

Tempat ini bagai kolam renang raksasa yang menakjubkan. To Sua terletak di Desa Lotofaga dan menjadi tempat favorit untuk berenang dan snorkeling. Sekelilingnya ditumbuhi taman alami berwarna-warni yang bikin kamu betah berlama-lama di sana.

35. Cayos Chocinos, Honduras

Cayos Chocinos, Honduras via www.westbaytours.com

Kalo kamu mencari surga yang privat, Cayos Chocinos adalah jawabannya. Pulau kecil yang terletak di pesisir Honduras ini luasnya hanya 2 km persegi dan menjadi tempat konservasi hayati laut yang sangat dijaga oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

36. Whitsunday, Australia

Pantai Whitehaven via www.two4travel.net

Pantai Whitehaven menjadi tujuan utama pariwisata di Pulau Whitsunday, Australia. Pantai ini memiliki pasir putih dari silika sepanjang 7 kilometer. Pantai yang bersih banget ini bisa kamu capai dengan boat dari pelabuhan turis di Pantai Airlie dan Pelabuhan Shute.

37. La Digue, Seychelles

Anse Source d’Argent, Seychelles via www.uniworldnews.org

Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di Afrika Timur dengan 115 pulau kecil, yang terletak di Samudera Hindia. Pulau La Digue merupakan pulau dengan penduduk ketiga terbesar di Seychelles, yang memiliki pantai indah bernama Anse Source d’Argent. Selain itu, terdapat juga reservasi alam Veuve yang menjadi rumah bagi Seychelles paradise flycatcher, jenis burung langka yang diperkirakan populasinya hanya 100 ekor saja.

38. Kepulauan Vanuatu

Pantai di Vanuatu via bryan-thelifeofbryan.blogspot.com

Negara kepulauan yang terdiri dari 83 pulau ini terletak di sebelah barat Fiji, Samudera Pasifik. Pantai yang indah, gunung api, sandboarding, trekking, scuba diving dan festival menjadi daya tarik utama bagi Vanuatu. Pokoknya lengkap deh!

39. Phuket, Thailand

Pantai di Phuket via mojotravel.wordpress.com

Phuket merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Thailand. Sebagai pulau terbesar di Thailand, Phuket punya akomodasi dan transportasi lengkap untuk memanjakan para pelancong yang datang. Pantainya bikin ngiler ya?

40. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan via tsherlie79.blogspot.com

Pantai cantik ini masih terletak di wilayah Indonesia, tepatnya di Kalimantan Timur. Kamu bisa terbang langsung ke Tarakan untuk mencapai Derawan. Di sini kamu bisa scuba diving atau snorkeling bareng manta di Manta Spot, dekat Pulau Sangalaki. Selain manta, kamu juga bisa ketemu ikan-ikan besar seperti hiu serta berbagai spesies penyu.

Nah, semoga kamu jadi tertarik buat traveling ke tempat-tempat di atas. Toh gak semuanya jauh kan, banyak juga yang berlokasi di negeri tercinta kita ini, Siapa tahu kamu malah kepengen bulan madu ke sana. Jadi, kamu paling suka yang mana?