Zaman sekarang menggunakan transportasi udara sudah bukan merupakan sesuatu yang eksklusif lagi, mengingat begitu banyaknya maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan murah baik di rute domestik maupun internasional. Efeknya, pengguna moda transportasi ini tidak hanya dari kalangan elit saja melainkan juga dari kalangan menengah ke bawah. Banyaknya pengguna tentu membuat setiap maskapai memutar otak supaya dapat semakin meningkatkan jumlah penumpangnya. Selain tawaran tiket murah, banyak juga yang berusaha membuka jalur penerbangan baru yang belum ada sebelumnya.

Nah bicara jalur penerbangan, tentu saja setiap rute akan menempuh waktu yang berbeda-beda, tergantung jauh tidaknya jarak antar kota atau negara tersebut. Di Indonesia sendiri umumnya penerbangan domestik tanpa transit berkisar antara 45 menit sampai 2 atau 3 jam. Tapi tahu nggak sih kamu, kalau ternyata ada beberapa penerbangan yang tergolong tercepat di dunia, bahkan ada yang nggak sampai 1 menit!

1. Minamidaito – Kitadaito, Jepang

Bandara Minami Daito via wikimapia.org

Advertisement

Rute penerbangan tersingkat pertama datang dari negara yang dikenal dengan bunga sakuranya ini. Ya, Jepang. Sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau ini tentu saja moda transportasi udara sangat populer di sana. Jalur udara dipilih sebagai alat transportasi antar pulau karena akan mempersingkat waktu. Tapi tahukah kamu, di antara berbagai rute antar pulau di Jepang, yang paling pendek adalah rute dari Pulau Minamidaito ke Pulau Kitadaito, atau sebaliknya, yang hanya memakan waktu 15 menit. Pesawat yang digunakan juga pesawat kecil yang hanya dapat menampung 39 penumpang. Penerbangan ini tersedia 4 kali seminggu.

2. Little Cayman – Cayman Brac, Kepulauan Cayman

Kepulauan Cayman via www.airliners.net

Kepulauan Cayman yang terletak di Laut Karibia, terkenal dengan destinasi wisata lautnya yang mempesona. Pulau ini memiliki panorama bawah laut yang luar biasa. Tak jarang turis mancanegara banyak yang berdatangan ke pulau ini untuk menyelam atau snorkelling. Di kepulauan ini terdapat dua pulau yang bernama Little Cayman dan Cayman Brac. Untuk rute perjalanan antar dua pulau tersebut, ada maskapai yang menyediakan penerbangannya. Karena jaraknya yang hanya sekitar 20 kilometer, waktu tempuhnya hanya 10 menit lho! Meski begitu harga yang harus dikeluarkan penumpang untuk pulang-pergi sekitar $54 atau setara Rp 718.000. Kalau kita sudah bisa terbang pulang pergi ke Singapura ya..

3. St. Gallen, Swiss – Friedrichshafen, Jerman

Rute terpendek Swiss-Jerman via www.routesonline.com

Negara Eropa sudah terkenal dengan jarak antar negaranya yang dekat-dekat, sehingga bepergian ke luar negeri bukanlah hal yang sulit di sana. Bahkan, banyak transportasi darat yang menyediakan rute perjalanan antar negara. Meski berdekatan, transportasi udara disana juga cukup digandrungi. Salah satu rute yang dikenal tersingkat tak hanya di Eropa, bahkan di dunia adalah dari St. Gallen, Swiss ke Friedrichshafen, Jerman, atau sebaliknya. Rute ini hanya memakan waktu 8 menit saja! Dalam sehari ada 2 kali penerbangan antar kota tersebut dengan jumlah penumpang 50 orang dan harga tiket PP $45. Sebenarnya bisa juga menggunakan kapal ferry atau mobil. Tapi tentu saja waktu tempuhnya lebih lama, sekitar 80 menit.

4. Inishmaan – Connemara, Irlandia

Pesawat komersil dengan ukuran kecil via irishpost.co.uk

Advertisement

Dua kota tersebut terpisah oleh laut sejauh sekitar 16 kilometer. Untuk bepergian dari dan ke sana, kamu tidak ada pilihan lain selain naik pesawat. Tapi tenang saja, tidak butuh waktu lama untuk sampai karena waktu tempuhnya hanya 6 menit! Meski hanya sekejap mata, penerbangan jalur ini membutuhkan biaya $54 untuk pulang-pergi lho! Penerbangannya juga bisa dibilang sering karena dalam sehari akan ada 3x jadwal.

5. Westray – Papa Westray, Skotlandia

Antara Westray dan Papa Westray via www.flightsim.com

Jika 6 menit masih terlalu lama bagi kamu, tunggu dulu sampai kamu mencoba rute penerbangan Westray-Papa Westray di Inggris ini. Kota yang ada di beda pulau ini berjarak tidak sampai 3 kilometer dan kamu cuma perlu waktu 2 menit saja jika mengambil rute perjalanan ini! Karena jaraknya yang dekat, pesawat yang digunakan pun berukuran kecil dan hanya bisa menampung 8 penumpang. Jadwalnya juga tidak tersedia setiap hari, hanya 6x dalam seminggu. Tapi tiketnya tetap saja mahal. Untuk pulang pergi kamu akan dikenakan biaya $30, hampir 400.000 rupiah!

6. Desa Kegata – Apowo, Indonesia

Pesawat Susi Air via www.kitabangga.com

Tidak hanya di luar negeri saja yang punya rute-rute pendek, Indonesia juga punya, bahkan lebih cepat dari 5 rute di atas lho! Kegata dan Apowo adalah nama dua desa di Nabire, Papua, yang terpisah oleh bukit dan lembah yang dalam. Letak geografis itu membuat medan yang harus ditempuh penduduk kedua desa tersebut terbilang cukup sulit. Alhasil mereka jadi sulit berinteraksi. Karena faktor itulah, akhirnya Susi Air memutuskan membuat rute penerbangan antara Desa Kegata dan Desa Apowo dengan menggunakan pesawat jenis Pilatus Porter. Jarak kedua desa ini hanya 1,8 kilometer. Penasaran waktu tempuhnya? Kamu cuma butuh waktu 73 detik lho! Karena itulah rute penerbangan ini menjadi rute tersingkat pertama di Indonesia.

Wah sepertinya rute pendek seperti itu akan membuat kita jadi kurang menikmati perjalanan ya Guys? 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya