Siapa sih yang nggak tahu makanan Padang? Kuliner ini terkenal di Indonesia karena rasanya yang lezat. Jenis makanannya pun beragam mulai dari rendang, ayam pop, sate, dan masih banyak lagi. Bahkan rendang telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia! Nggak heran kalau penggemarnya semakin banyak. Restoran Padang pun dibuka di berbagai daerah.

Namun tahukah kamu, sebetulnya nggak ada restoran Padang di daerah asalnya sendiri. Kalau kamu datang ke Padang, Sumatra Barat, nggak ada tuh restoran yang berlabel “masakan Padang”. Sebab sebutan itu nggak dibutuhkan di sana. Sebagai penduduk Padang, tentu aja mereka menjual rendang dan aneka makanan khas lainnya. Jadi kamu hanya akan melihat tempat-tempat bernama Rumah Makan Kapau, Rumah Makan Salero, Rumah Makan Ampera, dan lainnya. Seluruh tempat itu menjual aneka santapan lezat. Yuk simak satu per satu makanan Padang di tempat aslinya~

1. Sebelum digoreng, ayam pop direbus bersama air kelapa dan bawang putih. Karena itulah warnanya jadi putih pucat. Biasanya dimakan bersama sambal dan sayur daun singkong rebus

Ayam pop yang berwarna putih pucat via www.masakapahariini.com

2. Terbuat dari daging sapi yang dimasak berjam-jam, rendang menjadi primadona masakan Padang. Bahkan dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia!

Rendang yang sangat terkenal via www.beepdo.com

3. Sate Padang dilengkapi saus dari campuran tepung beras dan air rebusan daging yang kaya rempah. Ada tiga macam sate Padang yaitu sate bersaus kuning, merah, dan kecoklatan

Sate Padang berkuah kuning via www.republika.co.id

4. Buat kamu yang suka pedas, cicipilah kelezatan dendeng batokok. Makanan ini terbuat dari potongan daging tebal yang berpadu dengan sambal cabai hijau serta potongan bawah merah di atasnya

Pedasnya dendeng batokok via pesona.travel

5. Setiap restoran Padang mempunyai resep ikan balado yang berbeda. Namun bahan dasarnya terbuat dari cabai, bawang merah, tomat, air jeruk nipis, gula, dan garam. Nikmat banget!

Ikan tongkol balado via kumparan.com

6. Tanpa menggunakan santan, ikan asam padeh mempunyai rasa yang segar. Biasanya terbuat dari ikan tongkol, asam kandis, kemiri, dan cabai yang pedas

Ikan asam padeh via rasamasa.com

7. Selain harganya murah, telur dadar khas Padang ini jadi favorit karena tebal dan nikmat. Terbuat dari campuran daun bawang hingga parutan kelapa lo! Makin nikmat kalau dimakan bersama siraman kuah dan sambal

Telur dadar khas Padang yang tebal via www.islampos.com

8. Soto Padang terbuat dari daging kering yang renyah, perkedel, paru, dan su’un. Kuahnya beraroma rempah. Lebih nikmat kalau dimakan bersama perasan air jeruk, sambal, dan kerupuk

Soto Padang lengkap via sajiansedap.grid.id

9. Buat para pencinta daging bebek muda (itik), gulai itiak adalah pilihan yang tepat. Gulai berwarna hijau ini dilengkapi banyak rempah berupa laos, kunyit, jahe, daun kunyit, daun jeruk, dan lain-lain

Lezatnya gulai itiak via www.apasih.web.id

10. Sama-sama terbuat dari daging sapi, kalio dagiang nggak kalah lezat dari rendang. Bedanya, kalio dagiang dilengkapi kuah dan bumbunya lebih encer

Kalio dagiang yang mirip rendang via www.ringkaskata.com

11. Suka hidangan daging kambing? Coba deh makan cancang. Masakan pedas ini terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu, lalu dimasak dengan rempah dan santan

Cancang dari daging kambing via www.tokopedia.com

12. Gulai tauco terbuat dari daging itik yang dibumbui dengan rempah-rempah. Nggak lupa dilengkapi buncis, tahu, dan udang. Rasanya lezat deh~

Sedapnya gulai tauco via cookpad.com

Advertisement

Itulah aneka makanan Padang yang sangat lezat. Ternyata jenisnya banyak ya! Supaya makin nikmat, kamu bisa memakannya bersama sambal yang disediakan. Bisa-bisa nambah terus nih, hihihi~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya