Tujuan traveling adalah untuk mendapatkan hal-hal baru yang belum banyak kita tahu. Alangkah mengasyikkan lagi kalau traveling dengan orientasi belajar soal kebudayaan sosial daerah setempat yang kita tuju. Bukan cuma menangkap keindahan alam dan situasi yang nggak bisa kita dapatkan dari tempat kita biasanya. Banyak pengetahuan dan ilmu baru yang bisa didapatkan dari semua perjalanan kita. Meski nggak banyak, tapi seenggaknya tetap ada yang bisa kamu dapat.

Nah, buat kamu yang pengin dapat pengetahuan dan pengalaman baru di negara asing, tapi kamu belum punya kesempatan buat ke sana, tenang! Jangan piknik, eh, panik! Kali ini Hipwee Travel akan berikan sedikit pengetahuan soal media yang bisa mendekatkan kamu dengan masyarakat di luar negeri. Ya, media yang sangat dibutuhkan setiap traveler di negara orang. Uang! Inilah beberapa mata uang yang perlu kamu tahu sebelum berangkat ke negara-negara ini!

Sebelum melangkah jauh meninggalkan Nusantara, nggak ada salahnya kamu coba ke Thailand. Kenalin nih, Bath.

TBH 20. via delcampe.com

Nah, 1 THB ini bernilai sekitar Rp350 Indonesia. Buat kamu yang pengin ke Thailand, tukerin dulu ya, uang sakumu. Oh iya, mata uang kertas di Thailand selalu bergambar raja mereka lho.

Ini dia mata uang Korea, Won. Eits, Korea Selatan dan Korea Utara beda loh!

Advertisement

Setelah Perang Dunia II, Korea mengalami perpecahan. Hal ini berujung pada mata uang yang mereka gunakan. Untuk mata uang sebenarnya masih sama, tapi kode ISO dan nilai kursnya saja yang berbeda. Kalau kode ISO untuk Korea Selatan adalah KRW, sementara Korea Utara memakai KPW. Nilai tukar mata uang ini pun berbeda. Seratus KRW bernilai Rp 1156,04. Sementara kalau ditukar dengan rupiah, adalah Rp 2047,84 untuk seratus KPW.

Yuk, segera liburan ke Korea Utara, eh maap, ke Selatan aja deh. Daripada di dor sama Kim Jong Un :p

Tukarkan Rupiahmu dengan Rupee, buat kamu yang pengin ke Nepal. Bukankah Himalaya terlalu menggoda?

Nih, kenalin dulu mata uangnya, sebelum berniat mendaki Everest. :p

Segera tukarkan Rupiahmu menjadi Rufiyaa. Buat kamu yang minat berbulan madu ke Maldives.

Koinan Maldives. via worldcoingallery.com

Ya, ini uang logam Maladewa yang masih digunakan. Sekadar catatan, MVR 1 sama dengan Rp855,82 loh. Wow banget! Negara yang luasnya hanya 298 km2ini memang memiliki tulang punggung pariwisata yang dapat mengatrol perekonomian mereka.

Buat kamu yang pengin ke Sagrada Familia, jangan lupa pakai mata uang ini, ya. Peseta Spanyol.

Traer de vuelta la peseta! via www.telegraph.co.uk

Pada tahun 2012, setelah kebijakan moneter menetapkan Euro sebagai mata uang beberapa negara di Eropa, 1 dari 5 orang di Spanyol berharap Peseta balik jadi mata uang resmi negara mereka. Inilah penampakan Peseta sebelum hilang digeser Euro.

Kembali ke masa silam, tukarkan uangmu dengan Gulden. Selamat datang di Amsterdam!

Gulden dari tahun 70an. via www.pinterest.com

Nih, Guldennya Belanda. Dulu pasti rakyat Indonesia familiar dengan mata uang ini ya…

Bertolak dari Eropa, mampirlah ke benua Amerika. Nih, mata uangnya Argentina, Peso.

Nih, buat kamu yang pengin mendaki ke Gunung Aconcagua. Segera tukarkan Rupiahmu dengan Peso, ya!

Nggak adil rasanya kalau ke benua Amerika tanpa ke Brasil. Nih, Real Brazil (BRL).

fahfa via www.flickr.com

Sedikit lebih tinggi dari Argentina, kurs BRL hampir mencapai Rp 3715. Ya, nggak masalah sih, ya. Nabung dulu makanya, sebelum ke Brasil.

Kalau kamu pengin liburan unik bin asyik, cobalah mampir Zimbabwe. Negara ini punya mata uang yang…epik!

Ini bacanya gimana?? Sampe nggak muat angkanya. 🙁 via message.snopes.com

Jangan berpikir kamu akan kaya raya dengan memegang uang segitu banyak nominalnya! Ketika kamu pengin beli roti, ternyata para pedagang di Zimbabwe membandrol harga sepotong roti sebesar 600 juta dolar! Kalem, Gaes. Nilai tukar mata uang di negara ini sangat sangat kecil. Karena invansi besar-besaran dalam beberapa periode di negara ini. Kasian. Tapi lucu sih. 😀

1 US Dolar = 35.000 Trilyun Dolar Zimbabwe!

Buat yang pengin ke Jepang, tukarkan Rupiahmu dengan Yen.

Nilai tukar 1 yen sama dengan Rp120,38. Kamu harus banyak-banyak nabung sih kalau mau ke Jepang. Mahal, Bo!

Setelah dari Jepang, dan kamu pengin mampir ke Cina, tukerin dulu uangmu jadi Yuan.

Renminbi. via www.seputarforex.com

Sebenarnya, Yuan adalah sebutan untuk satuan mata uang. Mata uang Cina yang resmi adalah Renminbi. Maksudnya, begini contoh kasusnya.

Neneng: Pak, guci ini berapa Renminbi harganya?

Koko (pemilik toko guci): Dua ratus Yuan, Nyonya.

Untuk nilai tukarnya, satu Renminbi sama dengan Rp 2033,89 per April 2016.

Mungkin inilah mata uang paling unik di dunia. Uang koin air suci dari Kepulauan Palau.

Ada tabungnya! via www.tipsiana.com

Yang desain uang logam ini pasti jago banget! Sebuah koin kecil bergambar Maria bersama sebuah botol kecil, yang benar-benar berisi air. Konon katanya, air ini merupakan air suci yang didapatkan dari gua Lordes, Perancis.

Sebelum atau sesudah menjelajah negara-negara di dunia, ada baiknya kamu mengenal mata uang Riyal. Ya, jalan menuju penyempurnaan ibadah, umrah atau naik haji.

Modern Saudi Arabia money. via www.thenewkhalij.net

Nggak perlu bingung ketika kamu udah sampai Saudi Arabia tapi uangmu masih berupa Rupiah. Di sana banyak loh money changer. Untuk per April 2016, nilai tukar Rupiah dengan Riyal Saudi Arabia berkisar di angka Rp3508,74. Bersegeralah haji dan umroh dan gunakan Riyal di sana.

Nah, itulah beberapa mata uang negara-negara di dunia yang mungkin akan kamu kunjungi. Sebelum ke sana, seenggaknya kamu harus tahu mata uangnya dululah. Nilai tukar uang negara ini terhitung per April 2016. Mungkin suatu waktu bisa berubah. Ya, paling nggak kamu harus nabung dululah, ya!