5 Kota Terdingin di Indonesia, Cocok Banget Buat Liburan Bagi yang Nggak Suka Panas

Kota Terdingin di Indonesia

Indonesia dikenal dengan negara tropis, yang berarti wilayahnya disinari oleh sinar matahari sepanjang tahun. Nggak mengherankan jika mayoritas wilayah di Indonesia cenderung panas atau hangat. Saking panasnya, warga Indonesia sendiri sering mengeluhkan hal tersebut.

Advertisement

Walau dikenal sebagai negara tropis Indonesia memiliki keadaan alam yang beragam, Indonesia juga punya kok tempat-tempat yang dingin. Banyak berbagai kota yang menawarkan hawa sejuk yang bisa kamu kunjungi, pastinya cocok banget untuk ngademin hati terutama bagi yang nggak suka panas!

1. Berastagi, Sumatra Utara. Diapit oleh dua gunung dan ada di ketinggian 1.300 MDPL, dinginnya berasa lagi di puncak gunung.

Potret Kota Berastagi/ credit: web Kabupaten Karo via karokab.go.id

Sumatera Utara Berastagi merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kota ini berada pada ketinggian lebih dari 1.300 mdpl, sehingga menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia. Selain itu Daerah Berastagi diapit oleh Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang terdapat air terjun Sikulikap. Selain itu Berastagi juga memiliki destinasi wisata seperti desa kuno, Lingga dan Tongko.

2. Gayo Lues, yang suhunya bisa mencapai 19 derajat Celcius, jangan lupa pake jaket ya SoHip biar nggak masuk angin.

Advertisement


Aceh Gayo Lues adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia. Terletak di ketinggian mencapai 1.000 meter dari permukaan laut dan merupakan jalur pendakian Gunung Leuser. Suhu di tempat ini bisa mencapai 19 derajat Celsius, suhu yang rendah ini menjadikan kota Gayo Lues dikenal sebagai salah satu kota terdingin di Indonesia. Tapi SoHip nggak usah khawatir, bila kedinginan kamu bisa menikmati kopi Gayo yang sudah mendunia. Selain itu ada juga lokasi pemandaian air panas di Puri Betung.

3. Terkenal dengan komoditas apelnya, Kota Batu yang dingin miliki pemandangan alam yang indah dan cocok banget untuk liburan.

Advertisement


Kota Batu terletak di provinsi Jawa Timur , Indonesia. Untuk sampai ke sana kamu perlu menempuh 90 km dari Surabaya atau 15 km dari Malang. Kota Batu terletak pada ketinggian rata-rata 862 mdpl sehingga sebagian besar daerah di Kota Batu terletak di perbukitan/lereng.

Kota batu juga memiliki banyak wilayang pegunungan dan memiliki komoditas utama berupa apel. Kalau kamu pengen menikmati agrowisata maka Kota Batu merupakan wilayah yang tepat. Tapi selain itu kamu juga menikmati Berbagai wisata alam air terjun, mendaki Gunung Panderman hingga bermain bersama keluarga di Jatim Park.

4. Ruteng, Nusa Tenggara Barat, terkenal sebagai kota seribu biara juga Prahanya Indonesia. Kalau main ke daratan Flores wajib banget mampir kemari

Photo by Bryn Pinzgauer via Wikimedia Commons

Penampilan kota Ruteng, disebut-sebut juga sebagai Praha-nya Indonesia. Hal tersebut kota Ruteng yang memiliki banyak bangunan dengan desain klasik khas gereja katolik di tengah-tengah ketinggiannya yang mencapai 1200 mdpl. Di Ruteng kamu bisa menemukan sekitar 52 kelompok biarawan atau biarawati dari berbagai negara di dunia.

Selain pemandangan yang indah dan kultur yang unik terdapat objek yang bisa banget kamu kunjungi. Terdapat Gua Liang Bua yang dulunya dempat ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis. Serta perkampungan di atas awan, Wae Rebo yang memukau.

5. Paling dingin di Indonesia, Kota Mulia yang terletak dekat dengan Pegunungan Jaya Wijaya, Papua

Kota terdingin di Indonesia, Kota Mulia /credit: kompas regional via regional.kompas.com

Kota Mulia adalah sebuah kota yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, di provinsi Papua, Indonesia. Kota Mulia berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Suhu di kota ini bisa mencapai sekitar 9 derajat pada malam hari hingga 15 derajat Celsius pada siang hari dengan curah hujan yang hampir terjadi sepanjang tahun.

Karena lokasinya yang dikelilingi pegunungan maka kota ini terkenal dengan wisata gunungnya. Walau sudah tinggi, kamu bisa menikmati Kota Mulia dari ketinggian dari Pos Merah Putih yang ada di sana. Akses perjalanan ke Kota Mulia ini bisa dilakukan menggunakan mobil dari Wamena atau pesawat badan kecil dari Jayapura.

Bagaimana SoHip yang sudah tak tahan dengan udara panas, kapan nih mau main ke kota-kota bersuhu dingin yang sudah disebutkan di atas?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE