5 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima di Bandung. Makan Hemat dan Enak walau Kantong Mepet

Kuliner Kaki Lima di Bandung

Bandung tidak hanya identik dengan wisata alam dan wisata belanja, ada satu wisata lagi yang terkadang dilupakan oleh orang-orang, wisata kuliner. Sebagai tujuan pariwisata terbesar di Jawa Barat, tentunya Bandung memiliki beragam kuliner yang siap memanjakan lidah kamu, mulai dari café kekinian, restoran fancy, hingga family restaurant.

Advertisement

Tetapi kuliner Bandung lebih dari itu, Bandung juga menyimpan berbagai makanan kaki lima yang ternyata dapat bersaing secara rasa dan harga. Rasa yang enak dan harga yang miring ini menjadi daya tarik tersendiri untuk mengulik dan mencari makanan kaki lima di Bandung. Untuk para pelancong yang ingin menyiasati budget, makanan kaki lima adalah hal yang pastinya dapat meringankan beban tersebut, apalagi jika makananya enak!

Hipwee sudah merangkum beberapa rekomendasi makanan kaki lima yang oke untuk kamu coba cicipi ketika singgah di Bandung!

1. Bubur Ayam Haji Amid. Tempat sarapan bubur yang beneran bikin kenyang

Bubur Ayam Haji Amid | Foto dari Dokumentasi Pribadi

Bubur Ayam Haji Amid ini adalah salah satu primadona bubur di Kota Bandung, kenapa bisa begitu? Tempat ini menyediakan bubur dengan tekstur yang bisa membuat kenyang, tidak terlalu encer tetapi tidak juga terlalu kental. Selain itu di tempat menyediakan porsi bubur yang lumayan besar, ini tentunya sebuah hal yang menyenangkan, apalagi untuk kamu yang punya perut sedikit longgar. Tapi tenang aja, untuk kamu yang perutnya enggak longgar-longgar banget, kamu bisa memesan bubur ini dengan porsi setengah.

Advertisement

Bubur Ayam Haji Amid ini juga menyediakan banyak topping yang bisa kamu mix and match sesuai selera kamu. topping ini bervariasi , mulai dari cakwe, ati ampela, sampai telur. Selain enak, mengenyangkan dan porsinya banyak, harga bubur di sini juga enggak akan bikin kantong bolong. Kamu bisa mendapatkan bubur di sini dengan harga mulai dari Rp.6.000 untuk bubur polos, hingga Rp.20.000 untuk bubur special!

Alamat: Jl. Pajajaran No.105, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

2. Batagor dan Cuanki Serayu. Kuliner khas Jawa Barat yang asik dijadikan teman ngemil sore atau siang

Advertisement

Ilustrasi Batagor dan Cuanki via commons.wikimedia.org

Kalau yang ini adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat, Batagor dan Cuanki Serayu. Menu paling juara di tempat ini adalah batagor, karena rasanya emang beneran enak. Kalau biasanya kita menemukan batagor kuahnya encer dan biasa aja, maka hal itu enggak berlaku buat batagor Serayu ini! Kuah kacang gurih yang kental, ditambah dengan batagor crispy yang juga enak, pastinya bakalan membuat kamu kepincut sama rasanya.

Selain batagor, di sini mereka juga menjual cuanki, kalau dideskripsiin, paling gampang adalah kamu bayangkan bakwan Malang, kemudian kamu ganti isinya dengan isian batagor! Cuanki di sini juga juara karena enak dan gurih kuahnya. Cuanki di sini juga enggak terlalu banyak memakai penyedap rasa seperti cuanki kebanyakan, jadi rasa kuahnya beneran gurih bukan buatan!

Soal porsi tidak perlu diragukan, porsinya banyak, tetapi tetap enggak membuat kantong jebol! Seporsi batagor atau cuanki dengan isi 6 buah bisa kamu tebus dengan harga Rp.17.000 aja, selain itu pelanggan juga bisa memesan porsi 4 buah dengan harga Rp.12.000.

Alamat: Jalan Serayu, No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

3. Nasi Goreng Bistik AA / AA Bistik. Salah satu kuliner malam enak yang wajib kamu coba

Jangan tertipu dengan bentuk tempat ini, walaupun hanya sebuah gerobak di pinggir jalan, tetapi percayalah, jika sedang ramai, membutuhkan kesabaran ekstra untuk mencicipi Nasi Goreng Bistik AA ini. Tapi abaikan hal tersebut, jika kamu bisa bersabar, maka kesabaran itu akan di ganjar lunas dengan nasi goreng bistik yang enak!

Dua menu yang paling populer di Nasi Goreng Bistik AA adalah nasi bistik dan nasi goreng bistik. Sebenarnya yang juara di tempat ini adalah bistik dan sausnya, potongan ayam fillet crispy yang gurih terasa pas di mulut, apalagi dengan saus bistik yang asam manis! Tentunya dengan menambahkan nasi goreng, menikmati bistik ini menjadi lebih special, karena banyak rasa yang bercampur dan meledak-ledak di lidah!

Untuk seporsi nasi goreng bistik harganya sekitar Rp.20.000, di nasi goreng tersebut kamu akan menemukan nasi goreng, bistik, saus bistik, telur dadar/ceplok, dan potongan kentang yang di goreng garing. Sedangkan untuk menikmati bistik ini dengan nasi putih, harganya Rp.17.000, secara isi sebenarnya ini sama, hanya saja nasi gorengnya diganti dengan nasi putih.

Alamat: Jl. Astana Anyar, Nyengseret, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

4. Susu Murni Siliwangi/Kalipah Apo. Minum susu murni hangat sambil menikmati dinginnya Bandung

Ilustradi Susu Murni via pxhere.com

Kalau yang ini paling pas dinikmati saat santai sambil menikmati semilir dingin udara malam Bandung. Kedai Susu Murni Siliwangi ini sudah buka sejak tahun 1968 dan tetap eksis sampai sekarang sebagai tempat minum susu yang asik!

Susu murni yang disediakan di sini juga bervariasi, mulai dari rasa moka, coklat, strawberry, hingga STMJ (susu telur madu jahe). Kalau kamu ingin membawa pulang susu ini untuk dinikmati nanti juga bisa lho! Kedai ini menyediakan susu murni ukuran 1 liter yang bisa kamu bawa pulang. Soal harga, bersahabat tentunya, harga susu di sini mulai dari Rp.4.500 sampai Rp.20.000 untuk susu ukuran 1 liter.

Alamat: Jl. Kalipah Apo, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

5. Perkedel Bondon. Perkedel paling terkenal di Bandung, camilan tengah malam buat kamu yang kelaparan

Ilustrasi Perkedel via commons.wikimedia.org

Kalau nasi goreng bistik adalah kuliner terkenal, maka Perkedel Bondon adalah kuliner legendaris punya kota Bandung! Walaupun warungnya sendiri buka selama 24 jam, tetapi khusus perkedel bondon hanya akan di olah setelah pukul 23.00 hingga 06.00 WIB.

Perkedel ini unik karena memiliki dua tekstur yang berlawanan, renyah dan garing di luar tetapi lembut di dalam. Hal tersebut membuat makan perkedel ini terasa aneh karena dua tekstur yang berlawanan tersebut, soal rasa jangan di tanya, enak pisan deh pokoknya. Tetapi kunci untuk menikmati rasa sejati perkedel ini berada pada sambalnya. Sambal terasi yang tidak terlalu pedas ini akan menambah gurih rasa perkedel, apalagi jika dinikmati selagi hangat. Satu buah perkedel bondon harganya hanya Rp.2.000!

Alamat: Jl. Stasiun Timur No.14, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat

Nah itu kiranya rekomendasi 5 makanan kaki lima dengan harga bersahabat dan enak yang bisa kamu kunjungi selagi singgah di Bandung!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE