Masak di Hutan hingga Berkelana Naik Kereta, Situs dan Kanal YouTube Ini Suguhkan 5 Pengalaman Menarik Liburan Virtual 

Liburan virtual Aja

Meski perasaan bosan bukanlah suatu hal untuk dibanding-bandingkan, faktanya kita yang hidup di era internet ini memang lebih beruntung ketimbang era orang tua dulu dalam hal menghadapi kebosanan. Asalkan punya gawai yang terkoneksi dengan internet, apapun bisa dilakukan.

Advertisement

Nah, karena pandemi telah memaksa setiap orang mengurungkan niat liburan, jalan-jalan virtual kerap dijadikan pelarian pelipur kebosanan. Konsep yang diusung penyelenggara jalan-jalan virtual dewasa ini beragam. Mulai dari tur dengan tarif tertentu ke destinasi eksklusif, hingga yang gratisan seperti di beberapa situs dan kanal YouTube berikut ini. Nah, daripada uring-uringan karena liburan akhir tahun nggak bisa ke mana-mana, mending liburan virtual yuk.

1. Jalan-jalan virtual menikmati pemandangan indah dari seluruh dunia di situs Tab with A view

(dok. tangkapan layar/Tab with A view) via www.withaview.co

Dibuat oleh beberapa orang pakar teknologi, Tab with A view adalah sebuah ekstensi Google Chrome dan Microsoft Edge yang memungkinkan siapa saja untuk mengunggah video dan foto liburan, pemandangan, atau destinasi wisata. Nah, karena siapa saja bisa mengunggah file liburannya ke dalam ekstensi ini, kamu secara nggak langsung bisa menjelajahi dunia!

Seluruh pemandangan indah yang terdapat dalam Tab with A view ini bisa kamu nikmati langsung dari peramban internet Google Chrome. Tapi sebelumnya kamu harus menambahkan ekstensi ke dalam peramban, dengan cara klik ikon yang muncul ketika laman Tab with A view dibuka. Selain menyuguhkan pemandangan indah dari seluruh dunia, situs ini juga dilengkapi informasi perjalanan dan Covid-19 yang secara rutin diperbaharui.

Advertisement

2. Jalan-jalan naik kereta menyusuri penjuru Norwegia di kanal YouTube RailCowGirl dan lorirocks777

Uniknya jalan-jalan virtual adalah kamu bisa mengunjungi beberapa tempat sesuka hati. Nah, kalau sudah puas menjelajahi Tab with A view, kamu bisa mampir ke kanal YouTube RailCowGirl. Di sana kamu akan diajak oleh seorang masinis perempuan yang menempatkan kamera di kemudinya, agar penonton turut merasakan perjalanan kereta yang ia kemudikan sepanjang jalur Bergen Line, Norwegia.

Jalur Bergen Line merupakan salah satu jalur kereta api paling indah di dunia lo. Jalur ini juga terhubung dengan Flåm Railway atau Flam Line yang tersohor sebagai jalur kereta api paling curam di dunia.

Nah, selain di kanal RailCowGirl, kamu juga bisa menjajal pengalaman jalan-jalan virtual dari ruang kemudi kereta api di kanal lorirocks777. Nggak beda jauh dengan kanal sebelumnya, di sini kamu akan diajak menyusuri jalur kereta Swiss.

Advertisement

3. Rindu akan suasana jalan-jalan di tengah kota? kanal berikut ini bisa menebus rindumu

Kalau kamu mengetik “Live experience” di kolom pencarian YouTube, video-video yang berisi pengalaman jalan kaki akan muncul. Kamu bisa pilih acak satu di antara sekian banyak. Tapi jika ingin menikmati video dengan kualitas apik, maka kanal Nomadic Ambience, Watched Walker, Seoul Walker, dan VIRTUAL JAPAN adalah beberapa dari yang cukup populer. Kamu tinggal pilih mau ikut jalan-jalan di New York, Jepang, atau Seoul.

Nah, tapi kalau kamu anaknya Jakarta banget dan sedang rindu keriuhan ibu kota, maka bisa mampir ke kanal Seamata yang menyuguhkan video jalan kaki di beberapa titik kota Jakarta. Mulai dari SCBD, Pasar Senen, hingga mall Grand Indonesia buat yang kangen suasana shopping.

4. Plesiran secara virtual ke taman hiburan di kanal Theme Park Review dan 3D-VR-360 VIDEOS

Beberapa orang cukup mengidolakan taman hiburan untuk disambangi ketika liburan. Kalau kamu salah satu yang nggak berkesempatan main ke taman hiburan karena pandemi, kanal YouTube Theme Park Review dan 3D-VR-360 VIDEOS ini bisa menghadirkan suasana seru yang kamu harapkan.

Channel 3D-VR-360 VIDEOS bahkan memiliki koleksi video menjajal roller coaster yang dapat ditonton dengan menggunakan VR. Jadi terasa lebih nyata meski dari layar gawai.

5. Keseruan berkemah, memasak, dan bertahan hidup di hutan bisa kamu intip di beberapa kanal berikut ini

Entah mengapa, berkemah untuk mengasah daya bertahan hidup di hutan seringkali terlihat menyenangkan, tapi belum tentu saat dipraktikkan. Nah, daripada kesel karena udah capek-capek masuk hutan untuk mengasah kemampuan bertahan hidup tapi nggak sesuai ekspektasi, mending intip dulu pengalaman orang-orang di balik kanal Bertram – Craft and Wilderness, Nagualero, atau Swedwoods. Selain nambah edukasi, kamu juga bakal terhibur dengan keasrian tempat-tempat yang ada.

Kalau ingin yang versi Indonesia, kamu bisa intip kanal YouTube Barkaaah atau Rusa Kelana. Atau kalau kamu mau tayangan yang menggugah selera makan, coba tengok kanal AlmazanKitchen yang menyuguhkan pengalaman masak di tengah hutan, atau kanal BBQ Mountain Boys untuk mengintip suasana memasak, berkebun, memancing versi hutan Indonesia.

Nah, itu dia situs dan kanal YouTube yang dapat menghadirkan suasana liburan meski hanya dengan menontonnya. Mana yang menurutmu paling menarik?

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE