Indonesia memang negeri yang kaya dengan sumber daya alam. Tak ayal, bidang pertambangan menjadi salah satu devisa utama negara ini. Namun, aktivitas ini seperti pedang bermata dua. Di satu sisi menjadi sumber penghasilan, di sisi lain, eksploitasi yang berlebihan juga mengancam ekosistem alam.

Namun, alam selalu menemukan caranya untuk menunjukkan keperkasaannya bertahan hidup. Alih-alih menggantungkan diri dengan bantuan manusia berkedok reklamasi, alam tetap mampu memperlihatkan keindahannya di tengah kerakusan manusia yang tak terbendung ini.

Berikut Hipwee Travel bakal sampaikan beberapa destinasi eksotis yang dulunya adalah bekas atau bahkan masih dilakukan aktivitas pertambangan.

Datanglah ke Brown Canyon, kamu akan merasa seperti terdampar di negeri avatar.

Pandora van Semarang via www.rodasemarang.com

Pernah nonton film avatar? Ingat dengan Planet Pandora tempat tinggal bangsa avatar? Ingat tebing-tebing batu yang tinggi menjulang di planet tersebut kan? Indonesia juga punya.

Advertisement

Lokasinya berada di daerah Tembalang, cukup 45 menit dari kota Semarang. Masyarakat setempat menyebutnya Brown Canyon. Bedanya dengan yang di film sih, disini nggak berwarna hijau, namun coklat. Wajar kan kalau namanya Brown Canyon. Tapi, nggak kalah kerennya lho.

Dulunya ini adalah bekas tambang galian kelas C. Hingga kini kita masih bisa sering menemukan aktivitas penambangan kok, meski sudah nggak sebanyak dahulu.

Ingin melihat perpaduan warna hijau toska dan putih, coba datanglah ke Danau Kaolin, Belitung.

Biru Putih via flickr.com

Di Belitung itu bukan cuma ada  SD Muhammadiyah gantong saja lho. Danau Kaolin ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Warna tanahnya yang putih pucat, berpadu serasi dengan airnya yang berwarna hijau toska.

Dulunya ini merupakan bekas tambang timah. Namun, setelah timahnya habis, dibiarkan begitu saja tanpa reklamasi. Namun, alam menunjukkan kemampuan bertahan hidupnya dengan berubah menjadi danau cantik. Tapi ingat, jangan sekali-kali berenang di danau ini ya. Karena ini adalah bekas tambang timah, kadar logam berat yang terkandung di airnya sangat tinggi.

Bermain di Bukit Jamur, Gresik akan membawamu seperti ke dalam permainan klasik di tahun 90an

Jamur Raksasa via viva.co.id

Masih ingat dengan game Super Mario? Ingat kan bagaimana Mario dan Luigi kalau habis makan jamur? Kalau ingat, berarti kita seumuran. Hahaha.

Sedikit berbeda, disini jamur-jamurnya yang besar. Perbukitan bekas galian kelas C dibantu dengan kikisan dari air hujan dan angin, telah mampu menciptakan gundukan-gundukan berbentuk seperti jamur. Jadi, kalau mau nostalgia main game Super Mario, jangan ragu untuk datang kemari.

Tak Perlu jauh-jauh ke Arizona, Bentuk batuan eksotis seperti ini akan mudah kita temukan di Madura

sexy rock has curve via arifdwijanarko.wordpress.com

Madura kaya akan perbukitan kapur. Salah satunya adalah di Arosbaya ini. Awalnya, disini hanya aktivitas pertambangan kapur biasa. Namun, hasil irisan-irisan yang terbentuk dari aktivitas penambangan, meninggal kan bentuk yang eksentrik. Penduduk setempat masih belum menyadari nilai artistiknya hingga ada seseorang yang pergi kesana dan mengunggah foto tersebut ke instagram. Tak ayal, kini bukit kapur Arosbaya pun menjadi viral.

Masih di Madura, Ada Bukit Jaddih yang Kini Ngetop padahal Bekas Tambang Batu Kapur

Bukit Jaddih via flickr.com

Masih berada di Kabupaten Bangkalan, Madura, satu lagi kawasan bekas tambang yang kini mendadak menjadi tempat wisata tenar. Adalah Bukit Jaddih, tempat ini terletak di desa Jaddih dan merupakan kawasan tambang batu kapur. Di beberapa bagiannya bahkan aktivitas tambang masih dilakukan sehingga jika berkunjung ke sana pada siang hari traveler akan berkutat dengan jalanan yang berdebu.

Nyatanya di sisi yang lain, Bukit Jaddih ini sedang dikembangkan sebagai kawasan wisata. Terbukti dengan dibangunnya kolam renang Goa Potte di dekat area tambang dan memanfaatkan area bekas penambangan yang sudah tidak digarap. Sebagian besar traveler yang pernah berkunjung ke sana menyamakan kawasan Bukit Jaddih dengan obyek wisata Cappadocia di Turki.

Tidak punya ongkos untuk melihat danau Kaolin Di Belitong? Danau Blingoh di Jepara menawarkan opsi yang tak kalah kerennya.

Danau Blingoh Jepara via id.wikipedia.org

Jepara tak hanya punya Kepulauan Karimun Jawa. Kamu juga bisa berkunjung ke Danau Blingoh di desa Blingoh, Kecamatan Donorojo. Danau ini mempunyai warna air hijau toska yang cantik. Banyak traveler yang tergoda dengan keindahannya apalagi kawasan di sekitar danau ini berupa perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang subur.

Awalnya danau ini adalah bekas pertambangan batu kapur. Danau ini pula menjadi bukti bahwa alam bisa beradaptasi dari luka-luka yang dibuat manusia dengan aktivitas pertambangannya. Kini Danau Blingoh menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jepara. Banyak pula yang mengatakan jika keindahannya sebanding dengan Kawah Putih Ciwidey di Bandung.

Dibalik musibah selalu ada hikmah. Setelah menjadi bencana besar yang merugikan masyarakat maupun negara, Lumpur Lapindo kini menjadi obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan

Monumen peringatan bencana semburan lumpur lapindo via wego.co.id

Tentu masih ingat di ingatan kita peristiwa menyemburnya lumpur dari perut bumi di daerah Porong, Sidoarjo. Menyemburnya lumpur diperkirakan karena tekanan yang terlalu besar dari sumur minyak yang waktu itu sedang dikerjakan oleh PT Lapindo Brantas. Kejadian tersebut berhasil melahap ribuan rumah dan menelan kerugian hingga Ratusan Milyar. Meski sudah terjadi sejak 9 tahun lalu, belum nampak tanda-tanda penurunan aktivitasnya.

Alih-alih menunggu berhentinya semburan lumpur, kini justru menjadi tempatwisata yang tak pernah sepi pengunjung. Kamu bisa berkeliling dan berfoto-foto di danau lumpur seluas 1500ha ini dengan menyewa ojek atau membawa motor sendiri. Mobil nggak bisa masuk hingga ke dalam. Capek kan kalau harus jalan kaki?

Tak hanya memiliki puluhan pantai indah dan menawan, Gunung Kidul juga memiliki kawasan Telaga Biru yang mempesona

Telaga Biru, Semin via jogja.co

Gunung Kidul memang tak pernah bosan menunjukkan pesona wisatanya. Deretan puluhan pantai menawan di sepanjang bibir laut selatan ternyata masih belum cukup. Masih ditambah Tambang Batu Kapur yang berubah jadi tempat yang tak kalah menawan. Memang keterlaluan kabupaten di sebelah selatan Kota Yogyakarta ini.

Wisata Telaga Biru ini masih tergolong baru. Masih belum ngehits. Kamu masih dengan mudah menemukan spot-spot foto yang sepi dengan background bagus. Makanya, ayo buruan kemari sebelum diserbu turis-turis alay..

Nah, itu dia bekas tambang yang kini jadi jujugan para traveler yang berburu foto keren. Kamu udah ke sana? Kalau belum segera agendakan liburanmu mengunjungi destinasi keren-keren itu ya!