Mitos-mitos Malam 1 Suro yang Berkembang di Pulau Jawa. Apakah Kamu Masih Percaya?

Mitos Malam 1 Suro

Pernah nonton film Malam 1 Suro yang dibintangi oleh Suzanna? Film itu horor banget ya dan terngiang-ngiang di kepala. Aksi Suzanna yang memang udah serem ditambah dengan judul yang bombastis. Sudah sejak lama malam 1 Suro atau tahun baru Hijriah itu justru identik dengan hal-hal mistis dan negatif. Pernah kan denger larangan nikah di 1 Suro, nggak boleh pergi jauh saat 1 Suro, dan larangan-larangan sejenisnya.

Advertisement

Larangan-larangan semacam itu semakin menegaskan kalau malam 1 Suro itu terkesan membawa aura negatif bahkan bisa disebut sial. Apakah benar begitu? Padahal kan harusnya tahun baru Islam disikapi dengan suka cita bukan? Oke mari kita ulas dulu mitos-mitos apa saja yang terkait dengan malam 1 Suro.

Dilarang keluar rumah saat malam 1 Suro. Konon bisa mengalami hal yang buruk

malam 1 suro via www.islampos.com

Mitos ini sudah berkembang sangat lama. Sedari kecil, banyak pesan dari orang-orang tua bahwa sebaiknya pada saat malam 1 Suro tidak bepergian jauh karena jika tetap bepergian bisa terkena marabahaya. Lebih baik berdiam diri di rumah. Hal ini terkait dengan mitos lainnya bahwa arwah leluhur akan pulang di malam 1 Suro. Jadi sebaiknya berdoa dan menyambut arwah leluhur.

Di malam 1 Suro, beberapa kalangan meyakini bahwa arwah leluhur akan kembali ke rumah

Foto hantu perempuan via pixabay.com

Mitos ini sudah tidak berkembang luas, dan hanya berkembang di kalangan Kejawen. Beberapa kalangan meyakini bahwa arwah leluhur akan pulang ke rumah saat malam 1 Suro. Jadi sebaiknya tidak keluar rumah dan menyambut arwah leluhur yang datang. Tak cuma itu saja, ada pihak yang meyakini bahwa arwah korban tumbal pesugihan akan diberi kebebasan di malam 1 Suro.

Advertisement

Tidak boleh menggelar pernikahan di malam 1 suro bahkan bulan Suro/Muharram

Pernikahan Jawa via www.indonesia.go.id

Kepercayaan akan mitos ini masih terbawa di sebagian besar masyarakat Jawa, terutama yang bermukim di pedesaan. Nikah ataupun menyelenggarakan pesta pernikahan di malam 1 Suro (bahkan di seluruh bulan Suro) adalah hal yang tidak terpuji bahkan terlarang. Tidak jelas apa sebabnya, namun bisa jadi hal ini dulunya bakal menyaingi acara yang digelar di kraton. Nikah zaman sekarang sih yang penting bisa dapat gedung yang sesuai budget, tanggal tidaklah terlalu penting.

Malam 1 Suro banyak makhluk ghaib gentayangan karena mereka berpesta di malam ini

ilustrasi hantu usil via www.youtube.com

Malam 1 Suro identik dengan lebarannya makhluk ghaib sehingga mereka akan keluar dari perseinggahannya. Maka dari itu, malam 1 Suro bakal muncul penampakan-penampakan makhluk astral. Ini adalah mitos yang cukup menyesatkan sih. Sebaiknya kamu tidak perlu mempercayai mitos yang satu ini. Makhluk ghaib tiap hari ada dan berbeda dimensi dengan manusia. Jadi jangan sampai takut dengan mitos seperti ini.

Secara logika, semua hari baik dan semua bulan juga baik. Dalam Islam sendiri yang sebagian besar dianut oleh masyarakat Jawa, semua hari itu baik termasuk tahun baru Hijriah saat Nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah. Tahun baru Islam harusnya kita bersuka cita kan bukan dipenuhi mitos yang memberi ketakutan. Jangan sampai kamu malah takut pada sesuatu hal yang di luar akal sehat. Percaya tradisi boleh, asal nggak bertentangan dengan agama dan akal sehat bukan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE