Bulan suci Ramadhan bukan alasan untuk berhenti ber-traveling, karena Ramadhan justru menjadi moment yang pas untuk memulai traveling-mu.  Acara-acara seperti sahur on the road dan safari tarawih bisa jadi salah satu pilihanmu. Jadi bukan hanya traveling semata, namun ibadah kita juga tetap terjaga.

Kini sudah tak terhitung banyaknya masjid yang dipoles dengan arsitektur yang sangat indah. Tak hanya di kota-kota besar saja, masjid di kelas kota kecamatan pun tak mau kalah unjuk gigi kemegahannya. Tapi sayang, peningkatan kemegahannya tak diiringi dengan peningkatan jamaahnya. Di bulan puasa ini kamu bisa  tuh ikut meramaikan masjid-masjid indah ini dengan menjadi salah satu jamaahnya saat sholat tarawih. Hitung-hitung safari tarawih  sambil meramaikan majelis dan tempat ibadah kan?

1. Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya, untuk kamu yang ingin mengenal islam lebih dalam selama puasa

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho via papasemar.com

Advertisement

Jumlah pengunjung Masjid Cheng Ho selama bulan puasa akan meningkat dari ratusan hingga ribuan orang tiap harinya. Tujuan mereka kesini kebanyakan adalah untuk mengenal Islam lebih dalam. Masjid yang terletak di Kota Palembang ini memang dikenal sebagai tempat belajar favorit untuk para mualaf.  Selama Ramadhan masjid ini juga menyiapkan pesantren ramadhan, tadarusan, pembagian takjil, dan ceramah agama.

2. Masjid Raya Sumatera Barat, walau tak berbentuk kubah, bentuknya tetap saja indah

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat via id.wikipwdia.org

Masjid yang didirikan pada tahun 2007 ini memang mengusung tema arsitektur modern. Kenyamanan menjadi salah satu pelayanan yang diutamakan di masjid ini dan semakin ditingkatkan selama bulan ramadhan. Fasilitas air hingga parkir sudah dibenahi oleh pemerintah setempat sejak jauh-jauh hari. Untuk program ramadhan, Masjid Raya Sumbar memiliki program sholat tarawih berjamaah, ceramah agama, tahsinul Quran, berbuka kurma, dan subuh mubarak yang akan diisi langsung setiap harinya oleh Pak Gubernur, wah keren!

3. Bukan di negeri dongeng, masjid 1001 malam ini ada di Tuban! Kamu bisa foto cantik sembari beribadah menghadap Tuhan

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban via kanalpost.com

Masjid Agung Tuban berada di sebelah barat alun-alun kota ini akan ramai setiap ramadhan tiba. Bukan hanya warga Tuban saja yang hadir disana, tapi banyak pula musafir yang sengaja memilih beribadah disana sembari menikmati keindahan masjidnya. Julukan masjid 1001 malam pun melekat pada masjid ini karena keindahan warna dan desain arsitekturnya. Kamu bisa berbuka puasa bersama, tarawih maupun i’tikaf di dalam masjid ini. Suasana sejuk yang sangat cocok untuk berdiam diri membuat masjid ini menjadi tempat favorit untuk i’tikaf.

4. Tak hanya megah dan indah, Masjid Agung Jawa Tengah ini juga super nyaman untuk beribadah

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah via halhalal.com

Advertisement

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki arsitektur yang sangat luar biasa karena memang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa dan Yunani. Selama ramadhan, masjid ini mengadakan banyak sekali kegiatan dari mulai mengaji kitab kuning, tadarusan, ceramah agama, buka bersama, dan tentunya sholat tarawih berjamaah. Banyak ulama yang diundang untuk mengisi berbagai macam acara tersebut. Pas banget kalau kamu kesini untuk safari tarawih karena artinya kamu akan mendapatkan ilmu tambahan juga selama tarawih disana.

5. Kamu memang sudah sangat mengenalnya, tapi Istiqlal tetap selalu membuatmu kembali lagi kesana

Masjid Nasional Istiqlal

Masjid Nasional Istiqlal via abcmagz.com

Sebagai masjid terbesar, Istiqlal tentunya memiliki kegiatan ramadhan yang paling banyak. Panitia khusus yang dibentuk untuk program ramadhan telah siap guna melayani masyarakat untuk melakukan ibadah mahdlah (prioritas) maupun ibadah sunnah. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan ibadah yang sangat lengkap disana, dari mulai i’tikaf, fahmil qur’an, ta’jil, tarawih, tadarus, hingga zakat di akhir ramadhan. Jika kamu ingin menikmati euforinya kamu bisa datang di malam Nuzulul Quran yang pasti akan diperingati besar-besaran.

6. Masjid Al Irsyad Padalarang karya Ridwan Kamil, yang cantik sekaligus sangat unik

Masjid karya Ridwan Kamil

Masjid karya Ridwan Kamil via simas.kemenag.go.id

Masjid ini terletak di kawasan elit Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat. Kamu yang kebetulan sedang traveling di Bandung selama ramadhan wajib mampir di masjid yang dibuat menyerupai ka’bah ini. Letaknya sangat strategis dan sering sekali  digunakan sebagai tempat syiar islam oleh para komunitas religi. Banyak pula yang datang kesini hanya ingin berwisata menikmati lafadz Asmaul Husna yang tertulis di dindingnya. Kamu yang ingin lanjut beri’tikaf setelah safari tarawih sekaligus menambah ilmu, masjid ini sangat cocok karena banyak sekali kajian yang diadakan di masjid ini.

7. Abaikan dulu tempelan-tempelan dan sponsornya, Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang ini unik banget lho sebenernya

Masjid Muhammadiyah

Masjid Muhammadiyah via kaskus.co.id

Masjid ini terletak di pusat kota Padang dan di dekat pasar raya Padang, tak heran jika penataan masjid ini cukup sulit terutama ada pedagang yang berdagang di sekitar masjid. Demi menyambut ramadhan pemerintah telah melakukan pembenahan baik fasilitas maupun kebijakan terkait masjid. Keindahan masjid ini memang sekarang agak tertutupi oleh kesemrawutan penataan. Tapi kamu tetap harus berkunjung kesana guys, tak hanya tarawih kamu juga bisa menikmati “pabukoan” gratis ala-ala Padang disana.

8. Salah satu Masjid Kampus terindah di Indonesia, Masjid Kampus UGM punya banyak sekali acara Ramadhan yang insyaallah barokah

Masjid-Kampus-UGM-4-aansmile.wordpress.com_

masjid kampus ugm via yogyakarta.panduanwisata.id

Masjid Kampus UGM memang jadi jujugan tokoh-tokoh nasional untuk khutbah tarawih maupun Subuh. Setiap tahun, nama-nama macam Mahfud MD, Jusuf Kalla, Amien Rais, Salahudin Wahid dll selalu sukses bikin masjid ini penuh oleh jamaah. Belum lagi setiap hari ada buka puasa untuk mahasiswa atau siapapun yang berkunjung ke sana. Satu lagi, kamu bisa update instagram kamu dengan selfie di sana. Yuhuuu…

Walaupun masjid-masjid ini indah dan banyak spot yang bisa digunakan untuk selfie maupun wefie, pastikan kalau niatmu bukan hanya untuk itu saja. Niat utamamu harus tetap beribadah, mendapatkan lokasi yang instragamable hanyalah bonusnya agar kamu lebih semangat ibadahnya. BTW semoga ibadah puasanya lancar hingga mendapatkan kemenangan di hari raya idul fitri nanti ya guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya