Beberapa hari terakhir, vlog Raditya Dika berjudul ‘Paranormal Experience : Rumah Terseram di Jogja‘ trending di Youtube. Video pertama yang diunggah pada tanggal 22 Juni 2018 jadi viral karena membahas kisah-kisah mistis di sebuah rumah di Jogja. Dalam video yang berdurasi lebih dari satu jam tersebut, Radit ditemani narasumber yang juga teman SMA-nya bernama Rizky alias Mister. Kisah yang dipaparkan oleh Mister dalam vlog tersebut memang horor banget sih. Wajar kalau dalam beberapa hari saja sudah menembus 3 juta penonton.

Dalam video tersebut, Mister menceritakan pengalaman mistis yang dialaminya di rumah eyangnya tersebut. Tak cuma dia sendiri, ada beberapa temannya yang mengalami kejadian serupa. Nah, mari kita bahas fenomena ghaib di rumah tersebut sembari menerka di mana lokasi rumah terseram itu berada. Yuk kepoin sama-sama.

Video pertama Paranormal Experience cukup seram dan bikin merinding sih. Fenomena ghaib sampai dialami sendiri oleh Raditya Dika

Advertisement

Semua berawal dari pengalaman Radit saat menginap di rumah Mister sekitar tahun 2006 yang lalu. Mister yang kuliah di UGM sejak 2003 tinggal di rumah eyangnya yang sudah 10 tahun tidak dihuni. Nah, di rumah itu Radit mengalami pengalaman yang cukup aneh. Mereka yang tinggal di rumah itu semuanya tidur di depan TV. Ketika itu Radit mendengar suara ketukan pintu arah ke kebun diketuk berkali-kali.

Ternyata kejadian itu adalah fenomena mistis yang paling ringan di rumah itu. Mister menceritakan kejadian lain yang lebih horor. Salah satunya, lemari bisa bergerak-gerak sendiri dan penampakan makhluk ghaib yang berwujud manusia. Dari mulai masuk kuliah sampai lulus, para penghuni rumah itu tidak ada yang tinggal di kamar sampai lulus. Saking seremnya.

Mister menceritakan kisah-kisah misteri di rumah itu dengan cukup seru. Serasa kita terbawa ke rumah tersebut

ilustrasi rumah angker via bangka.tribunnews.com

Ada berbagai cerita yang menarik dari vlog tersebut. Pertama, anglo berisi arang yang tiba-tiba terbakar sendiri hingga apinya hampir menjilat atap rumah. Padahal tidak pernah ada yang menyalakan api dan bensin di anglo tersebut. Kedua, ada pula pengalaman Mister yang cukup serem karena ia merasa ditendang dari bawah kasur. Ketika dilihat ke bawah kasur tidak ada orang sama sekali. Ketiga, saat ada tamu yang tidur di kamar, ada sesosok perempuan yang mengintip di lubang ventilasi. Horor banget ‘kan diintipin begitu?

Advertisement

Kisah lainnya, Mister pernah melihat makhluk setengah badan ke bawah tengah berjalan di bawah pohon belakang rumah. Tampak perut sampai kaki dengan pakaian ala Belanda. Itu adalah penampakan yang sungguh menyeramkan di rumah itu.

Raditya Dika kembali mengunggah video part 2 yang mengundang penghuni lain rumah itu. Tapi vlog ini malah jatuhnya kocak dan nggak serem

Dalam video kali ini, ada narasumber lain yakni Fito dan Akbar. Mereka adalah teman kuliah Mister yang ikut nebeng tinggal di sana. Mereka juga ikut menceritakan kisah serem ketika sedang nonton Piala Thomas Uber di TV. Dari rumah kos-kosan di belakang ada rambut gimbal mirip kain pel. Karena dari sore sampai malam nggak bergerak sama sekali, mereka coba datangi sesuatu yang mirip pel tersebut. Setelah dekat, tiba-tiba sesuatu yang dikira kain pel itu menengok perlahan ke arah mereka sambil tersenyum. Itu bukan kain pel, tapi ternyata setan. Mereka pun kabur lalu masuk kamar. Kocak banget ini sih. Ketika Mas Gaduh (si penghuni kos belakang) pulang ke kosan, otomatis ‘kan lewat gerbang. Ketika ditanyai siapa yang ada di kosan dia, ternyata dia bilang nggak ada orang sama sekali. Wah trus siapa dong ya.

Mas Gaduh ini nyalinya gede banget sih. Soalnya ternyata dia bisa lihat makhluk ghaib. Ada cerita pula saat dia jam 3 pagi masih gitaran di depan kos, tiba-tiba ada nenek-nenek membungkuk lewat di depannya, ia tidak takut. Padahal jelas sekali bukan manusia.

Lokasi rumah terseram di Jogja ini sedikit dibocorkan oleh Mister dalam video kedua. Clue-nya cukup mudah sebenarnya, yakni Jalan Magelang dan rumahnya berada di belakang ruko-ruko

rumah angker (ilustrasi) via www.merdeka.com

Awalnya, Hipwee nggak mengira lokasi rumah tersebut ada di Jalan Magelang, tapi jalan yang lebih lapang seperti Jalan Urip Sumoharjo atau malah Jalan Gejayan. Mister secara jujur mengungkapkan lokasinya ketika ia menggambar denah di video part 2. Ia menyebutkan Jalan Magelang dan lokasi rumahnya di timur jalan. Bentuk rumah dan tanah yang digambar bisa ditemukan cukup mudah dari Google Maps. Apalagi ada clue lain yang menunjukkan di sebelah utaranya ada gudang besar dan pintu masuknya cuma 1 dengan gapura setinggi 5 meter.

Setelah dicari, ternyata memang lokasinya sedikit berbeda dengan penjelasan Mister yang telah lulus lebih dari 10 tahun lalu. Konsep lingkungannya sedikit berbeda. Toko materialnya jadi tempat jualan jajanan pasar. Gerbang tinggi sudah tidak ada karena ada truk yang keluar masuk gudang. Di dalamnya juga ada sebuah kedai makan. Bisa sih kamu googling sendiri kedai makannya, hehe. Hipwee tidak bisa sebutkan di artikel ini.

Rumah terseram yang pernah ditinggali Mister masih tampak horor dari depan. Menurut penjelasan Mister di samping barat rumahnya dulu masih ilalang, kini sudah jadi parkir mobil. Di sampingnya ada gerbang kecil di mana ada kos-kosan pula di belakang rumah. Rumah penjaga pun sudah tidak ada. Kalau kamu penasaran, silakan cari di Jalan Magelang yang berada di utara Borobudur Plaza. Tapi sepertinya sudah nggak terlalu banyak pohon seperti tahun 2006 lalu. Lebih terang dan terlihat biasa saja saat kamu datang ke sana sewaktu pagi hari. Nggak tau kalau malam hari ya.

“Iya ini rumah agak serem sih, supir truk gudang ini kalau malam sering digangguin. Semenjak rame di Youtube, banyak orang datang ke rumah di depan itu,” tutur Desi, salah seorang pegawai di gudang depan rumah tersebut.

Rumah terseram di Jogja ini pasti akan ramai dengan banyaknya netizen yang penasaran akan kebenaran cerita Mister. Lama-lama kedai di depan rumah itu bakalan laris sama netizen yang pengen mengunjungi rumah itu. Semoga rezeki kedai tersebut makin lancar ya. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya