Sudah bukan rahasia lagi kalau panorama alam di Indonesia bagian timur memang begitu memesona. Siapa yang menyangsikan keindahan Pulau Komodo, Pantai Pink, Pantai Ora atau Raja Ampat? Bisa dibilang, keindahan alam Indonesia sebagian besar berada di Indonesia bagian timur. Sepakat?

Tak cuma di Nusa Tenggara dan Papua, cuilan surga juga bisa kamu temukan di Maluku Utara. Salah satu destinasi yang kece banget adalah pantai Sulamadaha di Ternate. Pantai ini sering nongol di timeline Instagram. Sebuah bukti bahwa traveler dari kota-kota besar telah ‘menginvasi’ pantai tersebut. Seperti apa keindahan pantai Sulamadaha? Yuk simak aja!

Terletak di Ternate bagian utara, pantai Sulamadaha mudah dijangkau dari kota Ternate. Cuma butuh 30 menit perjalanan saja

sulamadaha via www.instagram.com

Advertisement

Pantai Sulamadaha relatif mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Lokasinya berada di pulau Ternate bagian utara. Karena pulau ini cukup kecil dan jalan utamanya melingkari pulau, jadi mudah sekali untuk menemukan destinasi wisata di sana. Sesampai di Sulamadaha, kamu akan disambut oleh kios-kios penjual makanan dan souvenir. Tampak sebuah pantai berbentuk U dengan pasir kehitaman yang indah. Pulau Hiri tampak di seberang sana. Pantai ini sudah sangat terkenal baik oleh turis lokal maupun mancanegara.

Sebenarnya keindahan utama Sulamadaha bukanlah terletak di pantainya, melainkan di sebuah teluk kecil yang seakan menciptakan laguna yang sangat jernih seperti kaca

pantai sulamadaha yang indah via traveltodayindonesia.com

Jangan duduk lama-lama di pantai Sulamadaha karena pesona sesungguhnya sedikit tersembunyi. Ada sebuah teluk yang bisa ditempuh sekitar 10 menit berjalan kaki. Namanya teluk Saomadaha yang bentuknya sekilas mirip laguna padahal pantai. Di pantai yang bentuknya seperti danau di tengah hutan ini, kamu bisa snorkeling sepuasnya. Air lautnya sangat jernih sehingga bawah lautnya begitu terlihat jelas. Indah sekali, bagai cuilan surga yang diturunkan di bumi. Keindahannya mirip danau Labuan Cermin di Kalimantan.

Saking jernihnya, kamu bakal bahagia deh melihat kapal seolah melayang di Saomadaha. Begini nih definisi traveling yang menyenangkan. Hehehe

jernih banget ya via www.instagram.com

Di teluk ini, air laut tampak begitu tenang, berwarna biru, jernih dan seolah transparan. Nggak heran kalau kapal-kapal yang tertambat di sana seakan melayang. Biru dan bening banget soalnya. Beneran deh, kalau lihat sendiri bakal betah di sana dan nggak mau pulang. Hehehe.

keindahan teluk saomadaha via nilasarifitria.student.umm.ac.id

Advertisement

Nilai plusnya sih, turisme di Ternate nggak segila di Jawa. Kalau di Jawa ada tempat sebagus ini pasti udah rame tuh manusia di sana setiap harinya. Nah, di pantai ini lebih sering sepi. Jadi rasanya seperti pantai privat yang kerennya kebangetan. Datang di akhir pekan pun masih oke banget. Surga banget lah pokoknya.

Kamu bisa sewa alat snorkeling di kios-kios yang jual makanan di tepi pantai. Kalau beruntung bisa ketemu penyu lho

bawah laut sulamadaha via www.instagram.com

Serunya liburan di sini, kamu yang nggak sabar menikmati pantai, bisa langsung nyebur di sana. Tenang, ada penyewaan pelampung, alat snorkeling dan juga ban jika ingin berenang. Bawah laut pantai ini sangat indah. Kalau kamu beruntung bisa ketemu penyu juga. Sewanya nggak mahal kok, sekitar 35 ribu untuk sewa alat snorkeling. Tiket masuknya sendiri 5 ribu rupiah. Kamu bisa sewa kapal juga untuk menikmati sensasi yang lebih menyenangkan. Jangan lupa foto-foto ya.

Jadi, kapan kamu liburan ke Ternate?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya