Mudik ke Gunungkidul Nggak Lengkap Kalau Nggak Nyicip Belalang Goreng. Renyah dan Krispi~

Belalang Goreng Gunungkidul

Siapa saja di antara pembaca Hipwee yang mudiknya ke Jogja? Siap-siap bakalan macet di semua tempat ya. Seperti biasa, Jogja selalu jadi jujugan mudik bagi perantau-perantau di kota besar. Maka tak heran penginapan penuh, jalanan macet, harga-harga jadi mahal dan tempat wisata penuh wisatawan.

Advertisement

Kalau kamu mudiknya ke Gunungkidul, jangan kira jalanan akan lengang dan enak buat liburan. Kemacetan sudah terjadi dari kota Jogja sampai ke Gunungkidul. Nah, pas lagi macet-macetnya di Gunungkidul, kamu pasti sering lihat penjual belalang goreng di pinggir jalan. Belalang goreng adalah oleh-oleh khas Gunungkidul lho. Mampirlah besok pas mudik beli belalang goreng. Rasanya renyah, krispi dan mirip rasa udang lho. Hehehe.

Belalang goreng adalah oleh-oleh khas Gunungkidul yang ramai diserbu pembeli saat mudik lebaran. Berani coba?

belalang goreng via bonvoyagejogja.com

Ada pilihan makanan seperti ayam goreng, lele goreng, maupun bebek goreng. Tapi menu hewani yang bisa digoreng nggak cuma itu aja. Belalang pun bisa digoreng dan ternyata rasanya nikmat sekali. Di Gunungkidul, banyak penjual belalang goreng di tepi jalan. Belalang yang merupakan hama bagi tanaman ternyata hewan yang kaya akan protein. Kebayang rasanya makan belalang?

Meski awalnya tampak menjijikkan, namun sebenarnya belalang goreng mengandung protein yang tinggi lho.

belalang siap digoreng via old.solopos.com

Belalang goreng telah lama dijadikan lauk makan bagi masyarakat Gunungkidul. Hal ini dikarenakan belalang yang diolah yaitu belalang kayu banyak ditemui di dahan pohon jati atau di semak-semak yang tumbuh di Gunungkidul. Belalang juga merupakan hewan yang kaya akan kandungan protein tinggi. Rasanya renyah, gurih dan krispi, sekilas rasanya mirip udang. Namun karena proteinnya tinggi, sebaiknya kamu yang mudah alergi menghindari konsumsi makanan yang satu ini.

Advertisement
Belalang goreng biasanya dibuat dalam 3 macam varian rasa, yaitu gurih, pedas dan bacem. Favorit kamu yang mana?

belalang goreng via bonvoyagejogja.com

Belalang goreng ini biasanya dibuat dalam berbagai varian rasa, biasanya sih gurih, pedas dan bacem (manis). Kalau dulu biasanya kamu beli di pinggir jalan, sekarang beli online aja sudah bisa dong. Beberapa marketplace seperti Bukalapak dan Shopee juga menjual belalang goreng ‘Pak Gareng’ yang cukup terkenal ini. Harga belalang goreng ini berkisar di angka 30-40 ribu rupiah. Kalau kamu mudik ke Gunungkidul jangan lupa beli buat oleh-oleh. Asik dinikmati bersama teman kantor ataupun keluarga.

Jadi, berani nggak cobain belalang goreng khas Gunungkidul?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE