Menilik Keindahan Pulau Kanawa, Surga Tersembunyi di Tepi Flores

Pulau Kanawa, Labuan Bajo

Berkunjung ke Labuan Bajo rasanya tak lengkap kalau belum singgah ke berbagai pulau yang ada di sana. Selain Komodo, satu pulau yang tak kalah indahnya adalah Pulau Kanawa. Pulau dengan pasir putih ini berada di gugusan Kepulauan Komodo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Advertisement

Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil dengan yang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Terdapat berbagai macam terumbu karang yang bisa dilihat dari beningnya air laut di pulau ini. Pantai di sekelilingnya pun tak kalah cantik dengan pasir putih yang lembut. Untuk kamu yang menginginkan tempat yang private, jauh dari keramaian, pulau ini cocok untuk kamu sambangi.

Beragam aktivitas tak boleh dilewatkan, terutama snorkeling dan diving

Berkunjung ke Pulau Kanawa | Credit by Anton Diaz on Flickr

Untuk menuju ke pulau Kanawa, dari Bandara Komodo, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke dermaga dengan speedboat atau menyewa kapal dengan lama perjalanan kurang lebih satu jam. Jika sudah sampai di Pulau Kanawa, kamu bisa melakukan beragam aktivitas yang mengasyikkan. Pertama, kamu tak boleh melewatkan snorkeling atau diving dan menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Tak perlu takut dengan arus atau gelombang, air laut di pulau ini cenderung  jernih dan tenang.

Di pagi dan sore hari, kamu bisa menikmati keindahan matahari yang terbit dan terbenam di tepi pantai. Untuk mendapatkan matahari terbit, kamu harus mengunjungi pulau ini mulai pukul 05.00 WITA. Di sore hari, matahari terbenam di pulau ini dikenal dengan pesona “golden sunset”.

Advertisement

Pulau Kanawa menyediakan  berbagai pilihan untuk tempat istirahat, mulai dari bale-bale sampai resort pun ada

Pesona Pulau Kanawa | Credit by SunDawn (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia

Di tengah pulau, ada bukit yang bisa kamu pakai untuk mendaki dan mencari objek untuk berfoto. Jalan menuju puncak bukit itu tak terlalu sulit karena tidak ada pohon tinggi di sana. Dari ketinggian pulau itu, kamu bisa melihat pemandangan sekeliling pulau yang menakjubkan.

Jika ingin beristirahat, tersedia bale-bale di tepi pantai yang berbentuk mirip seperti gazebo. Kamu bisa istirahat sambil tetap memandangi keindahan alam di Pulau Kanawa ini. Kamu juga bisa memilih cottage, resort, ataupun bungalow yang tersebar di area ini. Keberadaan Pulau Kanawa di tepi Flores ini mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, namun ternyata selain wisatawan lokal, ada banyak pula turis asing yang berkunjung ke tempat tempat menakjubkan ini.

Oleh karena keberadaannya yang terpencil, kamu bisa melakukan beberapa trik agar tidak kaget sesampainya di sana. Pertama, kamu harus menghemat listrik karena listrik di pulau ini hanya akan menyala pukul 6-11 malam. Kedua, kamu perlu menghemat air bersih. Ketiga, jangan lupa membawa peralatan berenang atau snorkeling jika tak ingin menyewanya, dan terakhir jangan sampai tertinggal sunclock dan kaca mata hitam. Wah, sepertinya akan seru banget ya SoHip kalau bisa berkunjung ke Pulau Kanawa ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE