10 Rekomendasi Tempat Bukber di Jogja yang Unik dan Estetik!

Kota Jogja dengan sejuta cerita, memang menjadi destinasi favorit yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Kota yang memiliki banyak tempat wisata yang beragam ini memang kerap disambangi oleh para turis dan wisatawan.

Tidak hanya tempat wisata, Jogja juga menyimpan banyak sekali tempat kuliner yang estetik dan cita rasa makanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari menu makanan yang beragam, serta tempatnya yang menarik membuat banyak pengunjung memilih untuk mendatanginya dan menjadikan tempat-tempat kuliner tersebut sebagai alternatif untuk berbuka puasa bersama.

Nah, memasuki bulan Ramadan, Hipwee sudah kumpulkan rekomendasi tempat bukber Jogja yang bisa dijadikan pilihan untuk menentukan tempat bukber bareng keluarga maupun kerabat. Check it out~

ADVERTISEMENT

1. Pondok Cabe Bistro Simanjuntak

Pondok Cabe Bistro Simanjuntak

Pondok Cabe Bistro Simanjuntak | Credit: Instagram @pondokcabejogja

Resto yang berlokasi di Kecamatan Gondokusuman ini memiliki suasana tempat yang cozy dan modern. Pilihan tempat yang satu ini bisa menjadi alternatif tempat untuk bukber karena memiliki beragam menu makanan yang bervariasi serta tempatnya yang nyaman untuk bukber beramai-ramai.

Resto yang mengusung nama ala Indonesia ini ternyata tidak hanya menyajikan menu makanan Indonesia saja, melainkan juga memiliki beragam menu makanan Barat yang lezat. Beberapa menu diantaranya seperti iga bakar pedas, sapo tahu spesial, tom yum sup, dan masih banyak lainnya.

Harga yang dipatok di Pondok Cabe Bistro Simanjuntak ini juga relatif murah, sehingga bila memilih tempat ini sebagai tempat bukber, maka tidak akan membuat kantong jebol.

ADVERTISEMENT

2. Mang Engking Soragan Castle

Mang Engking Soragan Castle

Mang Engking Soragan Castle | Credit: Instagram @ladydyla

Tidak seperti cabang Mang Engking lainnya, kali ini cabang Mang Engking yang berlokasi di Bantul mempunyai konsep bangunan yang unik. Tidak seperti cabang lainnya yang identik dengan saung-saung di atas danau, kali ini cabang Mang Engking Soragan Castle memiliki bentuk gedung yang menyerupai bangunan kastil.

Meskipun bangunannya terlihat klasik dan megah, tetapi makanan yang ditawarkan pun tidak berbeda dengan cabang Mang Engking lainnya, yakni tetap menyajikan makanan khas Sunda. Namun, jika SoHip ingin bukber dengan suasana yang lokal, SoHip dapat memilih makan di area saung-saung di atas kolam \yang berlokasi di dalam area Mang Engking Soragan Castle.

ADVERTISEMENT

3. Heha Sky View

Heha Sky View

Heha Sky View | Credit: Instagram @hehaskyview

Tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan. Pasalnya, Heha Sky View memang dikenal sebagai tempat yang menyuguhkan pemandangan alam yang cantik. Tempat ini bisa dijadikan opsi sebagai tempat bukber yang cocok karena dapat menghabiskan waktu ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka dengan menikmati indahnya view langit senja.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, Heha Sky View yang berlokasi di Sleman ini juga menghidangkan menu makanan berupa All You Can Eat serta menu makanan satuan lainnya. Kamu bisa memilih menu yang diinginkan sesuai dengan selera. Maka, jika memilih berbuka puasa di Heha Sky View, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman berbuka puasa yang mengesankan.

ADVERTISEMENT

4. Kalluna

Kalluna Restaurant

Kalluna Restaurant | Credit: Instagram @kalluna_id

Tempat makan yang satu ini menghadirkan konsep yang minimalis dan instagramable. Kalluna sangat layak sekali untuk dijadikan pilihan tempat bukber bersama teman maupun keluarga karena suasananya yang nyaman. Selain itu, bangunan yang berlokasi di Gondokusuman ini didominasi oleh aksen berwarna putih dan cokelat ini akan mengingatkanmu dengan suasana tropis ala Bali.

Untuk makanannya sendiri, Kalluna menyajikan berbagai menu makanan western yang beragam, seperti pizza, grilled beef ribschicken wings, dan masih banyak lainnya. Hidangan ini cocok sekali untuk dinikmati saat berbuka sambil bercengkrama dengan kerabat atau sanak saudara.

ADVERTISEMENT

5. Omah Dhuwur

Omah Dhuwur

Omah Dhuwur | Credit: Instagram @prmstory

Restoran yang bernuansa adat Jawa ini akan memberikan pengalaman makan dengan suasana ningrat. Restoran Omah Dhuwur yang berlokasi di Bantul ini bisa dijadikan pilihan tempat untuk bukber karena tempatnya yang luas dan nyaman. Biasanya, Omah Dhuwur ramai dipesan untuk berbagai acara, termasuk dengan acara buka puasa bersama.

Meskipun menghadirkan nuansa tempat makan yang kental dengan budaya adat Jawa, namun makanan yang disajikan di Omah Dhuwur tidak hanya makanan khas Nusantara saja, melainkan ada juga makanan ala western. Tidak hanya itu, menu makanan ala Timur Tengah juga tersedia di Omah Dhuwur. Lengkap sekali, kan?

ADVERTISEMENT

6. Obelix Hills

Obelix Hills

Obelix Hills | Credit: Instagram @jogja24jam

Berlokasi di daerah Sleman, Obelix Hills menawarkan pengalaman bukber dengan suasana outdoor kota Jogja. Di Obelix Hills, SoHip bisa merasakan sensasi makan di ketinggian dengan view pemandangan kota Jogja dan pegunungan hijau di sekitarnya. Bila bukber di Obelix Hills, SoHip dapat menunggu waktu berbuka puasa sambil menikmati langit senja dan matahari terbenam.

Selain pemandangannya yang indah, Obelix Hills juga memfasilitasi pengunjungnya dengan berbagai sudut tempat yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Tempatnya yang instagramable membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama di sini. Selain itu, Obelix Hills juga memiliki permainan ayunan dari ketinggian, serta dapat berfoto di jaring-jaring yang menguji adrenalin karena terletak di pinggir ketinggian.

7. Svarga Flora Coffee

Svarga Flora Coffee

Svarga Flora Coffee | Credit: Instagram @svargaflora.coffee

Bukber di Svarga Flora Coffee, SoHip dapat merasakan bagaimana suasana buka puasa di tengah sejuknya pepohonan. Pasalnya, konsep kafe yang satu ini memang menghadirkan nuansa hijau yang diselimuti oleh banyak pepohonan hijau yang rindang di sekitar areanya. Konsep hijau ini membuat suasana kafe menjadi nyaman dan asri.

Kafe yang berlokasi di daerah Kabupaten Sleman ini layak untuk dijadikan pilihan tempat bukber bersama kerabat. Pilihan tempat duduk yang disediakan oleh Svarga Flora Coffee ini juga berbeda-beda, jadi pengunjung bisa memilih tempat duduk sesuai selera mereka. Karena suasananya yang rindang, membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di Svarga Flora Coffee.

8. SUWATU by Mil&Bay

SUWATU by Mil&Bay

SUWATU by Mil&Bay | Credit: Instagram @laachica

SUWATU by Mil&Bay memang sangat populer sekali di Jogja. Restoran yang berlokasi di Sleman ini memang kerap dijadikan tempat untuk ngumpul bersama atau sekedar nongkrong oleh warga Jogja maupun para wisatawan. SUWATU by Mil&Bay juga bisa dijadikan pilihan untuk tempat berbuka puasa karena menyuguhkan pemandangan alam yang cantik dan eksotis. Mulai dari pemandangan pepohonan hijau hingga persawahan dapat dilihat dari ketinggian.

Selain itu, bila berbuka puasa di SUWATU by Mil&Bay, pengunjung dapat menghabiskan waktu ngabuburit sambil menikmati suasana sunset yang indah. Saking indahnya tempat ini, membuat SUWATU by Mil&Bay kerap ramai dikunjungi. Sebaiknya, jika ingin berbuka puasa di sini, lebih baik untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

9. Phuket Resto

Phuket Resto

Phuket Resto | Credit: Wisata Diary

Bila ingin berbuka puasa dengan aneka makanan Thailand, sebaiknya SoHip mengunjungi Phuket Resto karena tempat makan yang satu ini menawarkan banyak menu makanan Thailand. Uniknya, menu yang dihidangkan di Phuket Resto ini ternyata dimasak dengan bahan-bahan asli Indonesia, sehingga cita rasanya masih dapat diterima oleh lidah orang Indonesia.

Restoran yang berlokasi di daerah Tegalrejo ini kerap ramai dikunjungi, terutama ketika malam hari. Sebaiknya, lakukan reservasi terlebih dahulu untuk acara bukber agar kebagian tempat untuk bukber bersama teman-teman atau keluarga.

10. Floating Resto

Floating Resto Jogja

Floating Resto Jogja | Credit: Instagram @tanyadimana

Masih berlokasi di daerah Sleman, restoran yang satu ini menghadirkan konsep unik yang dapat membuat pengalaman bukber terasa lebih berbeda. Restoran yang satu ini dianggap unik karena terapung di atas air dengan bentuk bangunan yang unik. Selain itu, banyak sekali spot foto yang disediakan oleh Floating Resto, sehingga sembari menunggu berbuka puasa, kamu bisa foto-foto atau selfie terlebih dahulu di beberapa area Floating Resto.

Untuk menu makanannya sendiri, Floating Resto menawarkan berbagai menu pilihan khas Nusantara yang rasanya nikmat dan lezat di lidah. Menunya pun sangat banyak, mulai dari aneka salad, gado-gado, hingga berbagai olahan seafood yang sangat beragam seperti cumi-cumi, udang, dan ikan semuanya tersedia di sini.

Itu tadi deretan tempat di Jogja yang cocok dijadikan pilihan tempat untuk bukber saat bulan Ramadan nanti. Jadi, SoHip masih bingung nggak nih, mau bukber di mana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day