Segarnya Rujak Es Krim Pak Nardi yang Legendaris di Jogja. Rasanya Otentik dan Maknyus!

Rujak es krim Pak Nardi Jogja

Kreasi kuliner rujak memang nggak ada habisnya. Beragam resep rujak mulai dari campuran kuah ikan hingga menambahkan rumput laut sukses memanjakan lidah kita. Selain kreasi tersebut, ternyata rujak juga bisa dinikmati dalam bentuk yang anti mainstream. Adalah dengan menambahkan es krim di atas hidangan rujaknya, kuliner legendaris Rujak Es Krim Pak Nardi turut menambah deretan kreasi rujak yang nggak biasa.

Advertisement

Pernah terbayang makan rujak dengan topping es krim? Kalau belum, mending simak ulasan Hipwee Travel kali ini, yuk. Siapa tahu kamu jadi pengen coba apalagi cuaca lagi panas-panasnya nih~

Kamu bisa menikmati semangkuk rujak es krim ini dengan berkunjung ke Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman

warung rujak es krim Pak Nardi

Rujak es krim Pak Nardi adalah rujak es krim pertama di Jogja. Bisa dibilang rujak es krim paling legendaris di kota gudeg. Sejak didirikan pada tahun 1978 dagangan Pak Nardi ini bisa ditemukan di trotoar Jalan Harjowinatan dalam bentuk gerobak. Namun, per Agustus 2018 sudah dipindahkan ke rumah yang berlokasi tepat di seberang gerobak sebelumnya.

Rujak es krim Pak Nardi terbuat dari campuran aneka jenis buah dan disiram dengan kuah rujak yang khas. Rujak ini disajikan dengan es krim di atasnya. Makin nyess!

Advertisement

Buah-buahan yang digunakan untuk rujak terdiri dari kedondong, pepaya, bengkoang, ketimun, jambu biji, dan sesekali buah mangga. Sebelum disajikan, buah-buahan ini diserut terlebih dahulu. Untuk kuahnya, Pak Nardi nggak menggunakan campuran kacang tanah seperti rujak kebanyakan. Melainkan dari air yang terkandung oleh aneka buah-buahan tadi. Jika kamu teliti lagi, buah-buah yang dipakai semuanya mengandung banyak air. Campuran air inilah yang akhirnya menghasilkan kuah rujak yang asin asin gurih. Khas banget!

Ini nih yang menarik banyak perhatian. Es krim puter yang dijadikan topping rujaknya. Es krim yang manis dicampur dengan rujak yang asin, kebayang nggak tuh sensasinya di lidah?

topping es krim rujak pak nardi via www.goodindonesianfood.com

Es krim yang menjadi topping rujak ini ternyata buatan sendiri. Bahan-bahannya terdiri dari tepung maizena, gula pasir, dan tepung hunkwe untuk menghasilkan warna merah muda pada es krim. Pengolahannya pun tanpa menggunakan mesin alias langsung pakai tangan.

Advertisement

Sensasi manis bercampur asin yang menyatu dalam sebuah mangkuk ini sukses memanjakan lidah. Ketika disendok ke mulut, lembutnya es krim langsung meleleh dengan kuah rujak.  Bagi kamu yang penasaran perpaduan rasa manis dengan asin harus banget cobain kuliner satu ini.

Rujak es krim Pak Nardi adalah pionir bagi kuliner serupa di Jogja. Meskipun sudah banyak rujak es krim yang menjamur, punya Pak Nardi ini tetap punya keunikan sendiri

Di sepanjang Jalan Pakualaman saja sudah terdapat empat usaha kuliner rujak es krim. Namun, kuliner legendaris ini tetap bisa dibedakan dengan para pesaingnya di luar sana. Adalah dari tekstur lembutnya es krim putar yang paling menonjol membedakan. Dikarenakan pengolahannya yang manual, membuat es krim ini lebih lembut dan manis dibandingkan es krim rujak lainnya.

Kios rujak es krim Pak Nardi buka mulai pukul 8 pagi sampai rujaknya habis. Datang siang-siang oke juga nih

kios rujak es krim pak nardi via www.traveloka.com

Rujak es krim Pak Nardi mampu dalam satu hari dagangan ini menjual habis 150 porsi. Biasanya rujak ini sudah mulai habis pada pukul 1 siang. Paling lama tutupnya yaitu pukul 4 sore. Jadi, buat kamu yang ingin mencicipi kuliner unik ini, pastikan jangan sampai kehabisan ya! Kamu hanya perlu merogoh kocek senilai 8 ribu rupiah untuk 1 mangkuk rujak es krim. Worth to try banget deh pokoknya!

Selamat mencoba ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE