Beroperasi Satu Kali Seminggu, Scoot Kembali Layani Penerbangan Rute Surabaya-Singapura Mulai 17 Juli 2020

Scoot kembali layani penerbangan rute Surabaya-Singapura

Menjalani kembali aktivitas dengan normal yang baru di tengah pandemi telah dilakukan sejumlah negara termasuk Indonesia. Meski beberapa kegiatan masih harus dilaksanakan dari rumah, fasilitas publik seperti penerbangan sudah bisa diakses seperti sedia kala tentunya dengan protokol tambahan. Rute-rute penerbangan yang sebelumnya ditutup sementara pun sudah dibuka kembali meski frekuensinya berkurang.

Advertisement

Maskapai penerbangan bertarif rendah milik Singapore Airlines Group, seperti Scoot, menadi salah satu yang mulai membuka kembali rute penerbangan mereka di Indonesia. Sebelumnya lima rute penerbangan Scoot di Indonesia terpaksa berhenti beroperasi sejak Maret lalu, dan mulai 17 Juli 2020, rute Surabaya-Singapura jadi yang pertama untuk dibuka kembali.

Rute Surabaya-Singapura dibuka kembali untuk fasilitasi masyarakat yang perlu melakukan perjalanan

Ilustrasi liburan bersama Scoot (Foto: dok. Scoot Indonesia) via www.flyscoot.com

Scoot Chief Commercial Officer, Calvin Chan, mengatakan dibukanya kembali rute Surabaya-Singapura ini untuk memfasilitasi masyarakat yang perlu melakukan perjalanan, terutama yang ingin pulang ke rumah. Selain itu, ia mengatakan hal ini merupakan satu langkah positif menuju pemulihan, sebab Indonesia telah jadi pasar penting bagi Scoot.

“Indonesia merupakan pasar yang penting bagi kami, dan beroperasinya kembali penerbangan ini merupakan langkah positif menuju pemulihan. Kami senang dapat kembali menerbangi rute Surabaya-Singapura meskipun frekuensinya berkurang, untuk melayani penumpang yang perlu melakukan perjalanan saat ini, terutama mereka yang ingin kembali ke rumah,” kata Calvin dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Rabu, (15/7/2020).

Advertisement

Rute Surabaya-Singapura hanya beroperasi satu kali dalam seminggu dengan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan

Ilustrasi pesawat Scoot (Foto: dok. Scoot Indonesia) via www.flyscoot.com

Adapun penerbangan Scoot rute Surabaya-Singapura, seperti dikatakan Calvin, hanya akan beroperasi satu kali dalam seminggu menggunakan pesawat berbadan sempit jenis Airbus A320. Sampai akhir bulan ini, penerbangan rute Surabaya-Singapura hanya tersedia pada tanggal 17, 24, dan 31 Juli 2020. Sekaligus dengan dibukanya penerbangan tersebut, Scoot juga telah menerapkan sejumlah langkah kesehatan dan keselamatan tambahan di seluruh tahap perjalanan, mulai dari saat memesan tiket hingga setelah penerbangan.

“Scoot telah memperkenalkan langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang telah ditingkatkan demi menjamin keselamatan dan kesehatan penumpang dan kru, dan akan terus memantau perkembangan untuk membuka kembali lebih banyak rute penerbangan,” imbuh Calvin.

Advertisement

Ilustrasi perencanaan perjalanan (Gambar: dok. Scoot Indonesia) via www.flyscoot.com

Scoot juga menjadi salah satu maskapai penerbangan di dunia yang punya kebijakan pembatalan penerbangan dengan pilihan pengembalian tiket dalam bentuk uang tunai. Kebijakan perubahan tanggal secara gratis sebanyak satu kali untuk pemesanan yang dilakukan via situs web dan aplikasi Scoot hingga 31 Juli 2020, juga diperpanjang agar penumpang bisa lebih nyaman merencanakan perjalanan. Selain itu, untuk pelanggan yang memilih pengembalian tiket dalam bentuk voucher, Scoot menawarkan tambahan nilai voucher sebesar 20% dari yang seharusnya sebagai bentuk apresiasi. Calvin mengatakan sejauh ini dari lebih 6.600 permintaan pengembalian tiket di Indonesia mereka sudah memproses sebanyak 96%.

Calvin juga menegaskan, untuk menghindari penyebaran COVID-19, seluruh penumpang bertanggung jawab untuk memastikan memiliki dokumen perjalanan dan kesehatan, yang diperlukan dan berlaku sebagai syarat memasuki negara tujuan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE