Demi Kenyamanan dan Keamanan, Maskapai Penerbangan Scoot Terapkan Langkah Pencegahan Tambahan Lawan Covid-19

Scoot terapkan langkah pencegahan tambahan

Menghadapi pandemi Covid-19 membuat kita harus patuh terhadap pelbagai aturan super ketat. Mulai dari batasan keluar rumah untuk bersosialisasi hingga aturan penggunaan transportasi publik. Meski terasa merepotkan, nyatanya hal tersebut penting dipatuhi sebab menyangkut keselamatan diri sendiri dan orang banyak.

Advertisement

Memasuki masa transisi ke periode new normal di tengah pandemi, beberapa langkah pencegahan dan protokol kesehatan pun jadi ditingkatkan. Hal ini dikarenakan vaksin Covid-19 masih belum ditemukan, sementara aktivitas publik seperti bekerja, sekolah, bahkan bepergian antar daerah akan berjalan seperti biasa. Makanya jangan kaget kalau nanti kamu harus memenuhi berbagai persyaratan dulu sebelum bisa bepergian menggunakan pesawat. Sebab, langkah pencegahan tambahan tersebut sudah dilakukan maskapai penerbangan seperti Scoot agar penumpang dapat terbang dengan lebih nyaman di periode new normal.

Penerapan langkah pencegahan merupakan komitmen Scoot prioritaskan kenyamanan penumpang dan kru selama penerbangan

Scoot terapkan langkah pencegahan tambahan (Foto: dok. Scoot) via www.flyscoot.com

Sebelumnya sejak penerbangan dibatasi akibat pandemi Covid-19, Scoot telah menerapkan sejumlah langkah untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan penumpang serta kru. Menyusul penerbangan dan transit di Bandara Changi Singapura yang per Juni 2020 mulai aktif kembali, maskapai bertarif rendah ini pun meningkatkan langkah pencegahan mereka. CEO Scoot, Campbell Wilson, mengatakan langkah pencegahan tambahan ini diterapkan dengan berpijak pada regulator dan masukan pakar kesehatan agar penumpang percaya bisa terbang aman bersama Scoot.

“Saat beberapa penerbangan mulai beroperasi kembali, kami bekerja sama dengan regulator dan pakar kesehatan untuk menerapkan rangkaian langkah komprehensif untuk memastikan standar kebersihan setinggi mungkin, dan untuk memberikan penumpang kepercayaan bahwa mereka dapat terbang dengan aman bersama Scoot,” jelas Campbell Wilson dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Senin (8/6/2020).

Advertisement

Scoot akan menerapkan langkah pencegahan tambahan mulai dari pemesanan tiket, sebelum penerbangan, selama penerbangan, hingga setelah penerbangan. Hal ini sebagai bentuk komitmen Scoot dalam mempriotitaskan kesehatan, kenyamanan dan keamanan penumpang serta kru. Yuk, simak apa saja.

Langkah pencegahan tambahan saat memesan tiket

Sejumlah produk dan layanan Scoot dihentikan sementara (Foto: dok. Scoot) via www.flyscoot.com

Sebelumnya, Scoot punya berbagai produk dan layanan yang bisa kamu peroleh, tapi dalam beberapa waktu ke depan produk dan layanan yang berpotensi menimbulkan kontak antara kru dan penumpang akan dihentikan sementara.  Produk dan layanan yang dihentikan sementara meliputi FlyBagEat dan ScootPlus, Board Me First (boarding prioritas), bagasi kabin ekstra, pemilihan kursi online, Snooze Kit, dan upgrade kelas. Selain itu belanja bebas bea, makanan, dan minuman nggak tersedia untuk pembelian online dan dalam penerbangan. Namun jika memungkinkan, makanan akan disediakan lebih dulu di kursi.

Langkah pencegahan tambahan sebelum penerbangan

Advertisement

Penumpang harus mengisi form deklarasi kesehatan (Foto: dok. Scoot) via www.flyscoot.com

Nah, kalau biasanya sebelum penerbangan kamu cuma butuh check-in, sekarang kamu harus mengisi formulir deklarasi kesehatan terlebih dahulu. Formulir ini bisa didapat di kios check-in, atau secara online melalui pemberitahuan SMS 24 jam sebelum penerbangan. Pengecekan suhu sebelum boarding juga dilakukan. Penumpang dengan suhu 37,5 derajat celsius atau lebih tinggi nggak akan diizinkan menaiki pesawat dan bisa memesan ulang tiket ketika kondisi sudah kembali fit. Penumpang juga harus memakai masker baik di bandara maupun selama penerbangan.

Selain itu bagasi kabin yang sebelumnya maksimal 10 kg juga dibatasi. Sejak 1 Juni 2020, Scoot hanya membolehkan setiap penumpang membawa satu tas berukuran kecil hingga 3 kg yang cukup diletakkan di bawah kursi di depan penumpang. Kalau kamu punya sisa kabin maksimal hingga 7 kg, dapat diletakkan di bagasi check-in tanpa tambahan biaya. Penumpang juga diimbau melakukan check-in secara online demi meminimalkan kontak fisik dengan kru.

Langkah pencegahan tambahan selama penerbangan

Selama penerbangan kebersihan dan kenyamanan penumpang diprioritaskan (Foto: dok. Scoot) via www.flyscoot.com

Untuk memfasilitasi pelacakan kontak dan jarak aman, penumpang akan diberi tahu nomor kursi pada saat check-in. Jika memungkinkan, Scoot akan menempatkan penumpang yang terbang bersama keluarga atau penumpang dalam satu kode pemesanan, di kursi yang berdekatan. Penumpang nggak boleh berpindah kursi selama penerbangan. Di dalam pesawat Scoot juga menyediakan hand sanitiser, serta toilet akan didisinfeksi secara rutin setidaknya tiga kali sejam.

Untuk menambah keamanan, armada pesawat Scoot juga dilengkapi sistem penyaringan udara kabin yang memiliki filter High Efficiency Particulate Air (HEPA), yang efektif hingga 99,98% menjebak partikel mikroskopis seperti bakteri dan virus. Saringan udara ini punya kinerja yang sama dengan saringan udara di rumah sakit dan diganti secara rutin sesuai dengan panduan pabrikan.

Sementara untuk protokol penanganan penyakit menular, para kru Scoot sudah dibekali prosedur operasi standar menangani keadaan darurat medis dalam penerbangan, termasuk menangani dan memisahkan penumpang yang menunjukkan gejala penyakit menular, dan menyediakan area kursi tertentu untuk penumpang yang tidak sehat. Bagi kru dan pilot, diwajibkan menjalani pemeriksaan suhu sebelum terbang, memantau dan melaporkan kesehatan, serta harus memakai APD selama bertugas.

Langkah pencegahan tambahan setelah penerbangan

Setelah penerbangan seluruh armada akan disterilkan (Foto: dok. Scoot) via www.flyscoot.com

Scoot juga meningkatkan prosedur operasi untuk membersihkan pesawat setelah penerbangan. Meliputi pembersihan menyeluruh untuk interior pesawat termasuk permukaan, pembersihan menyeluruh toilet dengan disinfektan, dan penyemprotan pesawat untuk memastikan disinfektan tersebar secara merata di seluruh permukaan interior pesawat. Semprotan disinfektan aerosol juga disiapkan jika prosedur disinfeksi standar tidak tersedia.

Nah, biar calon penumpang lebih nyaman, Scoot menawarkan pengubahan rencana perjalanan setelah pemesanan kepada penumpang secara gratis, sebanyak satu kali untuk pemesanan yang dibuat hingga akhir Juni 2020. Saat ini jaringan Scoot mencakup 67 destinasi di 16 negara dan teritori, dengan enam destinasi di Indonesia akan bergabung dengan pada semester dua 2020.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE