Daryl Aiden Yow, selebgram asal Singapura ini tengah jadi buah bibir di media sosial Instagram. Gara-garanya sih, Daryl mengambil foto orang dan mengeditnya seolah miliknya sendiri. Ia mengedit dengan photoshop foto-foto stock (foto dengan watermark dan berbayar) milik shutterstock atau orang lain. Saking terlalu banyak foto yang ia edit agar feeds Instagramnya makin cantik, ia pun ketauan netizen. Kebongkar deh cara curang Daryl dalam mengedit foto hingga ia mendapat followers hingga 100 ribu lebih!

Buat kamu yang penasaran seperti apa foto-foto editan dan plagiasi yang dilakukan Daryl Aiden, yuk simak ulasan Hipwee Travel kali ini.

Daryl Aiden Yow, seorang fotografer di Singapura mendadak populer beberapa hari belakangan. Dia terindikasi mencuri foto milik orang lain dan stok foto untuk kepentingan foto brand yang ia dapatkan

eh ketauan via www.thisisinsider.com

Advertisement

Daryl Aiden Yow mungkin nggak pernah menyangka bahwa kebohongannya akan terbongkar. Foto-foto keliling dunia yang indah dan dramatis miliknya ternyata tak seindah kelihatannya. Adalah Jurnalis mothership.sg yang mengaudit dan mengecek kebenaran foto-foto Daryl Aiden, selebgram dengan followers lebih dari 100 ribu. Dalam foto-foto Daryl, terdapat beberapa kejanggalan yang sekilas terlihat. Seperti contoh, foto di atas tertulis lokasinya di Thailand dan foto itu digunakan untuk promosi sebuah brand. Di salah satu komentarnya ada yang menyebut itu adalah foto yang diambil dari Shutterstock dan lokasinya di Jepang. Daryl terindikasi mengedit foto dengan menghilangkan watermark dan tentu saja tanpa menyebutkan sumbernya. Lokasinya pun ia palsukan dan menyebut foto itu diambil di Thailand.

Tak cuma satu, ada banyak foto yang sudah ia edit. Salah satunya foto di Mykonos, Yunani berikut ini. Ia menggunakan photoshop untuk memasukkan dirinya ke dalam foto stok

daryl aiden di mykonos via coconuts.co

Ulah Daryl Aiden Yow masih banyak banget kalau mau dicek satu-satu fotonya. Ada foto bathub diedit dengan memasukkan dirinya ke dalam bak, ada pula fotonya di padang pasir eh taunya ngedit gambar foto di Shutterstock yang mirip wallpaper gitu, dan masih banyak lagi deh. Tapi ada satu yang cukup menyita perhatian yakni fotonya di Mykonos, Yunani. Daryl mengedit foto dengan memasukkan dirinya melalui photoshop. Foto itu jadi heboh karena ia menuliskan sebuah review kamera dari Sony. Ia mereview produk dengan foto curian dan editan. Sontak Sony pun menghentikan kerja sama dengan selebgram yang satu ini.

Selalu ada kesempatan iklan dalam sesuatu kejadian yang viral. Maskapai Scoot justru mempromosikan penerbangan ke Athena dengan menyinggung kejadian Darydl Aiden

malah promosi via www.facebook.com

“Mengapa harus menggunakan Adobe Photoshop jika kamu bisa mewujudkannya jadi nyata? Kami terbang ke Athena mulai dari $ 219 (sekitar 3 juta rupiah)!”

Advertisement

Maskapai Fly Scoot ini memang kreatif banget sih. Tau ada fotografer asal Singapura yang terkena kasus plagiasi, mereka malah menggunakannya untuk promosi. Kebetulan Fly Scoot basisnya juga di Singapura. Menggunakan foto Mykonos di mana Daryl Aiden membuat foto editan di sana, Fly Scoot justru mengajak selfie di tempat itu beneran, nggak cuma editan. Alhasil postingan tersebut juga ikut viral dan dikomentari oleh ribuan pengguna Facebook. Jago banget sih marketingnya maskapai yang satu ini.

Masih banyak sekali foto editan yang dibuat oleh Daryl Aiden. Besok Hipwee Travel akan menunjukkan foto-foto editan serta kejanggalannya di artikel selanjutnya. Pokoknya kamu jangan meniru tingkah selebgram yang satu itu ya. Demi meraup like dan followers (termasuk uang) ia menghalalkan segala cara dan mencuri foto milik orang lain tanpa kredit. Ia pun merilis permintaan maaf dan menghapus seluruh postingannya di Instagram.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya