Ada yang udah pernah ke Vietnam? Negara berbendera berwarna merah dengan bintang satu ini seru lho untuk dijelajahi. Dia punya kota tua yang fotogenik di Danang, padang pasir berwarna kuning di Muine, gugusan kepulauan yang epic di Halong Bay, dan kota bunga di Dalat. Masih banyak lagi destinasi seru di Vietnam.

Mari sejenak liburan ke Dalat. Dalat memang kota wisata. Di kota ini ada banyak destinasi wisata seru yang layak masuk dalam wishlist liburan kamu. Salah satu wisata yang seru dan wajib dicoba adalah roller coaster hidrolik di Datanla Falls, Dalat, Vietnam. Apa serunya sih? Yuk baca.

Dalat hanya berjarak sekitar 3 jam dari Ho Chi Minh City. Ada banyak transportasi umum seperti van untuk ke Dalat.

Bermobil menuju dalat via www.dinilint.com

Advertisement

Untuk mencapai Dalat, sebaiknya kamu pakai travel dari Ho Chi Minh City. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Meskipun waktu tempuhnya cenderung sebentar, tapi di tengah-tengah perjalanan mobil travel akan berhenti untuk istirahat. Peraturan di Vietnam mengharuskan sopir untuk istirahat tiap 2 jam berkendara.

Dalat nggak punya transportasi umum dalam kota yang bisa memenuhi kebutuhan traveler. Sewa mobil adalah cara untuk menuju ke Datanla Falls.

Jarak antara objek wisata di Dalat berjauhan via www.dinilint.com

Dalat merupakan kota yang cukup luas. Letak tempat wisata satu dan lainnya lumayan jauh. Transportasi umum di dalam kota sendiri nggak ada. Paling enak ya share cost untuk sewa mobil seharian untuk keliling Dalat, termasuk berkunjung ke Datanla Falls. Jarak air terjun ini dari pusat kota sekitar 6 km.

Daripada jalan kaki mendingan naik roller coaster yang bisa kita atur sendiri

roller coaster hidrolik via www.klook.com

Untuk masuk ke Datanla Falls hanya perlu bayar 10,000 VND. Untuk mencapai air terjunnya, kita harus jalan lagi ke bawah. Tapi daripada jalan kaki, paling asik naik roller coaster hidrolik untuk turun ke bawah. Bentuknya seperti kereta kecil dengan muatan maksimal 2 orang. Duduknya depan belakang. Lintasannya persis seperti roller coaster, ada turunan tajam, ada tikungan, tapi kecepatannya kita sendiri yang tentukan.

Naik roller coaster hidrolik, kendali ada di tangan pengendara. Kalau naik ini dilarang panik, ntar lupa ngerem.

roller coaster yang dikendalikan pengendaranya sendiri via www.dinilint.com

Advertisement

Naik roller coaster hidrolik di Datanla Falls ngeri-ngeri sedap. Orang yang duduk di depan bertugas pegang kendali, alias pegang rem. Ya roller coaster ini nggak butuh gas, karena rel-nya cuma turunan curam aja. Rem-nya macam rem becak yang ditarik tuasnya ke belakang. Kalo panik dan lupa narik kuas, ya rasain sendiri aja. All control is yours.

Lintasa roller coaster hidrolik di Datanla Falls menurun, mengikuti kontur tanah. Makin lama turunannya makin terjal dan bikin adrenalin makin naik.

Lewat hutan pake roller coaster via www.dinilint.com

Lintasan roller coaster hidrolik di Datanla Falls ini mengikuti kontur tanah di sana. Lintasannya sendiri masuk ke dalam hutan. Pemandangan sekeliling yang pohon-pohon rimbun. Lintasan awalnya masih enak banget, jalan turunannya nggak terlalu terjal. Lama-kelamaan lintasannya jadi makin terjal dan bikin adrenalin naik.

Di ujung lintasan ketemu Datanla Falls deh. Air terjunnya sih nggak istimewa, yang istimewa ngerasain sensasi mengendalikan roller coaster.

air terjun di ujung track roller coaster via www.dinilint.com

Di akhir perjalanan, akhirnya ketemu juga dengan Datanla Falls. Air terjunnya sendiri nggak terlalu istimewa, biasa aja malah. Yang bikin istimewa itu justru pengalaman turun pakai roller coaster hidrolik yang ngeri-ngeri sedap dan bisa direm suka-suka. Sensasi serunya naik roller coaster ini yang bikin Datanla Falls jadi destinasi wisata seru.

Kalo kamu suka banget dengan hal-hal seru dan menantang, nyobain naik roller coaster hidrolik di Datanla Falls ini wajib dicoba. Aku udah lho, kamu kapan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya