Soto Batok Mbah Katro, Sarapan Unik di Sleman dengan Pemandangan Sawah. Rasa Sotonya Maknyuss!

Soto Batok Jogja

Pernah berkunjung ke Candi Sambisari di Sleman, Yogyakarta? Kalau liburan ke sana jangan lupa mampir ke Soto Batok tepat di belakang kompleks candi. Seyogyanya sih datang ke sana pas pagi hari, jadi mampir ke Soto Batok dulu untuk sarapan. Soto ini cukup unik karena mengganti mangkuk dengan batok kelapa. Jadi serasa makan soto di zaman kerajaan dulu. Hehehe.

Advertisement

Nggak cuma unik karena menggunakan batok, soto ini juga lezat dan murah meriah. Pengen tau cita rasa Soto Batok seperti apa? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja.

Berada di sebelah utara Candi Sambisari, Soto Batok merupakan kuliner pagi hari yang selalu dipenuhi oleh pembeli

soto batok via www.hipwee.com

Akhir pekan, saatnya berburu kuliner khas Jogja yang citarasanya luar biasa. Salah satu tempat yang harus kamu datangi adalah desa Sambisari. Di Sambisari kamu bisa berkunjung ke Candi Sambisariyang letaknya lebih rendah di bawah permukaan tanah. Tak jauh dari sana, kamu juga bisa mengicip kuliner bernama Soto Batok Mbah Katro. Soto ini menggunakan batok kelapa sebagai mangkuknya. Terasa lebih tradisional dan rasanya otentik gitu kan.

Rasa soto batok ini seger banget deh. Pas banget buat sarapan sembari menyaksikan pemandangan hijau persawahan di Sambisari

soto batok via www.hipwee.com

Rasa soto ini memang harus diakui lezat banget. Soto ini disajikan dalam batok atau tempurung kelapa dan terdiri dari nasi, tauge, potongan daging sapi, serta ditaburi cincangan daun seledri juga taburan bawang merah goreng. Makin lengkap setelah disiram dengan kaldu sapi yang bening dan rasanya sangat gurih. Kurang lengkap jika tidak dikucuri sedikit air jeruk nipis, sambal rawit dan sedikit kecap.

Biar makin lengkap ada tempe goreng yang mantap banget kedelainya, sate usus, sate telur puyuh, dan juga kerupuk. Kayanya satu mangkuk bakalan kurang deh. Dua mangkuk plus tempe, sate dan kerupuk baru lengkap. Ditutup dengan es teh atau es jeruk. Maknyuss banget deh.

suasananya asri karena di tepi sawah via www.hipwee.com

Soto Batok ini murah banget Gaes. Satu mangkoknya cuma 6 ribu rupiah saja

ada ayunannya via www.hipwee.com

Harga soto per mangkuknya cuma 6 ribu rupiah. Harga tempe 500 rupiah, sate telur 2000 rupiah, sate usus 1000 rupiah saja. Es teh dan es jeruk 2500 rupiah saja. Wah murah meriah banget ya. Rasanya enak, tempatnya asik, harganya murah. Hanya saja jika datang di akhir pekan pasti rame banget. Setelah sarapan kamu bisa berkunjung ke Candi Sambisari yang tiketnya cuma 5 ribu rupiah saja.

soto batok mbah katro via www.hipwee.com

Alamat Soto Batok ini berada di dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Kamu bisa ke sana via jalan Solo atau lewat Maguwo.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE