Tanah Priangan selalu mempunyai daya tarik sendiri untuk kita kunjungi. Selain Garut, Sumedang atau Ciamis, ada sebuah kawasan bernama Tasikmalaya yang pastinya gak kalah menarik. Selain kaya dengan kulinernya yang unik – dan yang paling terkenal adalah Mie Basonya – Tasikmalaya mempunyai destinasi-destinansi yang bisa memberikan kesegaran dan ketenangan bagi jiwa kita.

Secara topografi, Tasikmalaya dipenuhi bukit-bukit yang masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama gunung. Makanya, jangan kaget kalau kamu lagi di Tasik, banyak tempat atau jalan yang nama depannya gunung, seperti Gunung Sabeulah, Gunung Kuda, Gunung Pompok, Gunung Putri dan gunung-gunung lainnya. Penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals, bahkan tak ragu menyebut Tasikmalaya dengan julukan Kota Seribu Bukit dalam sebuah kampanye tanam pohon di tahun 2010.

Nah, untuk itu Hipwee Travel ingin mengajak kamu mengenal sederet destinasi wisata di Tasikmalaya yang bisa kamu jadikan referensi liburan kamu. Check em out dan rasakan kesegarannya… 😀

 

1. Jadikan Gunung Galunggung sebagai list teratas tujuan destinasi travel kamu. Nikmati pesona khas gunung yang pernah gegerkan dunia di tahun 1982 ini.

Indah, kan? via www.instagram.com

Advertisement

Destinasi yang wajib kamu kunjungi waktu menghabiskan liburan di Tasikmalaya adalah Gunung Galunggung.  Gunung yang pernah membuat dunia geger saat terakhir kali meletus pada tahun 1982 ini selalu menjadi wisata favorit untuk semua kalangan. Di kaki gunung, kamu bisa menemukan pemandian air panas alami yang dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Buat kamu yang penasaran dengan bentuk kaldera bekas Galunggung meletus, kamu bisa melihatnya dengan cara menaiki 620-an anak tangga. Tangga yang menjadi akses menuju bibir kawah mempunyai cerita unik. Konon, jumlah anak tangga tak selalu sama jika kita hitung. Jawabanmu dengan jawaban temanmu pasti selalu berbeda.

Oiya, kalo mau nge-camp, kamu bisa melakukannya di pinggiran kawahnya, lho! Karena menghadap timur, kamu juga bisa menikmati momen matahari terbit di bibir kawahnya.

 

2. Ajak pasanganmu dan nikmati bersama romantisnya suasana senja di Situ Gede.

Nuansa romantisnya sungguh juara. via masghalih.files.wordpress.com

Tasikmalaya dikenal mempunyai beberapa situ. Dan salah satunya yang menjadi andalan pemerintah Kota Tasikmalaya adalah Situ Gede. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi.

Situ Gede mempunyai pemandangan indah, terlebih saat sore menjelang matahari terbenam. Kamu harus merasakan suasana romantis dengan pasangan kamu di tempat ini. Itu pun kalo punya. Dan akan lebih asyik kalau kamu menikmati pemandangan sekelilingnya sambil naik perahu.

3. Refleksikan diri kamu di sini. Kampung Naga mengajarkanmu tak lupa untuk menjunjung tinggi nilai tradisional.

Masyarakat Kampung Naga hidup tanpa listrik. via www.instagram.com

Di sebelah barat, tepatnya Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya mempunyai sebuah perkampungan yang memegang teguh nilai-nilai ketradisionalan dan adat peninggalan leluhur. Di kampung tersebut, rumah-rumah sederhana terbuat dari bambu dan kayu, serta atap rumah dari daun nipah, berderet indah. Letaknya pun di sebuah lembah yang sejuk dan asri.

Namanya Kampung Naga. Kampung ini wajib kamu kunjungi buat kamu yang butuh ketenangan jiwa dari urusan duniawi yang hedon. Datang ke kampung ini seperti refleksi diri dan membuat kita berpikir, “tempat yang tepat buat kita untuk kembali ke hakikat sebagai manusia.”

4. Mainlah ke ujung Tasikmalaya sebelah selatan. Pantai Sindang Kerta gak cuma soal pantai.

Yuk sowan.. via www.instagram.com

Buat kamu pecinta pantai, Tasikmalaya juga punya pantai lho. Namanya Pantai Sindang Kerta. Pantai Sindang Kerta merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan. Kita bisa mandi sepuasnya di pantai ini.

Selain itu, Pantai Sindang Kerta juga menjadi tempatnya penangkaran penyu. Di sana, kita bisa menyaksikan bagai mana penyu dibudidayakan. Pembudidayaan penyu di Pantai Sindang Kerta merupakan inisiatif pemerintah daerah setempat, untuk menjaga kelangsungan habitat yang dianggap mulai punah.

Gimana? Kalau tertarik, jangan lupa masukan pantai ini sebagai salah satu tujuan destinasi. Gak nyesel deh.

5. Nikmati pengalaman relaksasi di salah satu pantai terluas di selatan Pulau Jawa.

Cipatujah endah.. via www.instagram.com

Pantai lain yang gak boleh kamu lewatkan di Tasikmalaya adalah Pantai Cipatujah. Letaknya gak jauh dari pantai Sindang Kerta ko. Cuma sekitar 4 kilometer.Luasnya sangat luas, sekitar 115 hektar. Makanya jangan kaget kalo pantai ini merupakan salah satu pantai terluas dan terpanjang yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa.

Buat kamu yang seneng liat terumbu karang dan ikan lucu-lucu, Pantai Cipatujah bakal jadi destinasi yang cocok buat kamu. Selain itu, kalo umumnya pantai itu berpasir putih, maka pantai ini berbeda. Cipatujah punya pasir besi yang sangat baik untuk berjemur maupun relaksasi.

6. Pantai yang satu ini sangat layak kamu kunjungi. Keindahan pemandangan di Pantai Karangtawulan bikin pikiran segar.

Manjakan mata kamu di sini. via www.instagram.com

Kalau pantai sebelum-sebelumnya merupakan pantai yang bisa dipake renang atau mandi, Pantai Karangtawulan hanya menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Kalo mengunjungi pantai ini, coba deh tengok ke sebelah timur. Kamu bisa menemukan sebuah pulai kecil bernama Nusa Manuk. Nama Nusa Manuk sendiri diambil karena pada waktu tertentu, pulau tersebut dipenuhi ratusan sampai ribuan burung.

7. Tak jauh dari kawasan Gunung Galunggung, mending sekalian main ke Curug Ciparay. Seger, Bray!

Nikmatilah hujaman airnya. via www.instagram.com

Tasikmalaya kaya sekali dengan wisata air terjun. Dan salah satu yang jadi favorit wisatawan adalah Curug Ciparay. Keindahannya akan membuat kita terpesona. Lokasi air terjun ini berada di kaki Gunung Galunggung, atau tepatnya di belakang kawah.

Selain keindahan suasana sekitarnya, airnya yang sejuk bisa bikin kamu betah buat berlama-lama mandi di sana. Brrr mantap…

8. Curug terelok punya Tasikmalaya. Manjakan mata kamu dengan suguhan panorama curug bertingkat di Curug Dendeng.

Relaksasikan diri. via www.instagram.com

Kalo main ke Tasik, kamu perlu siapin banyak baju ganti. Sebab, kamu pasti bakal gak tahan buat gak nyebur ke curug yang satu ini. Curug Dendeng letaknya cukup jauh dari pusat kota. Kamu butuh sekitar 3 jam untuk mencapainya dan sedikit trekking 30 menit melewati perkebunan.

Curug Dengdeng menawarkan keindahaan yang tak dimiliki curug lainnya. Buat kamu yang terbebani banyak hal, cocok banget menjadikan curug ini untuk jadi sarana relaksasi. Panorama curug yang mempunyai bentuk bertingkat-tingkat ini bisa bikin tenang.

9. Kesederhanaan tak melulu soal sesuatu yang biasa. Situ Sanghiyang jadi bukti yang sederhana juga bisa mempesona.

Yang sederhana bisa jadi juara. via www.instagram.com

Selain Situ Gede, kamu juga bisa menikmati Situ Sanghiyang. Berjarak 25 kilometer dari pusat kota, keindahan danau yang tenang dan sederhana nan mempesona akan memberikan pengalaman baru buat kamu. Situ ini tak seramai Situ Gede, dan cocok banget buat siapa aja yang pengen nyari ketenangan bathin.

Pemandangan hijau di sekitar danau bisa kamu nikmati sembari berperahu. Jangan ragu untuk menyapa warga setempat yang sering memancing atau menjaring ikan di situ ini.

10. Hirup aroma khas Priangan Timur di sini. Ribuan hektar kebun teh akan menjamu kamu dengan kesegaran.

Hijau dan segar. via www.instagram.com

Kalo Bogor punya Puncak, maka Tasik punya Taraju yang gak kalah menarik buat didatangi. Buat kamu yang pengen memanjakan mata dengan hamparan luas perkebunan teh, di sinilah tempatnya. Perkebunan teh ini punya luas sekitar 2.062 hektar! Luas banget, kan?

Bagi kamu yang pengen ke Kebun Teh Taraju, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Jarak dari pusat kota memang cukup jauh, tapi kamu gak bakal nyesel deh kalo main ke sini. Kesegaran udara dan pemandangannya gak ada dua.

11. Ada situs arkeologi di Tasikmalaya. Mainlah ke Gua Melawang dan rasakan suasana zaman pra-sejarah di sini.

Gua Malawang yang ditemukan barang arkeologis. via 2.bp.blogspot.com

Tasikmalaya juga punya gua yang menarik untuk dikunjungi. Gua Melawang letaknya berada di tengah perkebunan. Uniknya, masyarakat sekitar menamakan kompleks Gua Malawang dengan banyak nama, seperti Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin.

Di Gua Melawang, dulu sempat ditemukan barang-barang arkeologis berupa 13 buah pecahan gerabah kuna. Kemudian penelitian dilangsungkan beberapa kali, antara lain oleh Balai Arkeologi Bandung. Temuan arkeologis yang ditemukan antara lain berupa fragmen gerabah, fragmen keramik, alat batu berupa perkutor dan kapak batu, dan tulang-tulang binatang.

12. Cerita mitos di Gua Pamijahan bikin penasaran. Kamu kudu membuktikan sendiri  kebenarannya dengan sowan ke sini.

Tafakur alam. via www.instagram.com

Bagi kamu yang suka dengan wisata religi, gak ada salahnya kamu datang ke Pamijahan. Di sini terdapat gua alam dan sebuah makam waliyullah penyebar agama Islam zaman dulu di Jawa Barat, Syekh Abdul Muhyi.

Di hari-hari tertentu, kamu bisa menemukan puluhan hingga ratusan kendaaraan yang memuat ribuan orang yang hendak melakukan ziarah. Salah satu cerita yang menarik perhatiaan dan bikin penasaran banyak orang terletak di Gua Pamijahan. Menurut warga sekitar, Gua Pamijahan memiliki lorong sempit yang bisa mengantarkan seseorang tembus ke Mekkah.

Selain itu, Gua Pamijahan memiliki lekukan-lekukan bulat di atap gua yang menyerupai kopiah. Konon, jika ada lekukan yang pas dengan kepala pengunjung, maka dia bisa menjalankan ibadah haji ke tanah suci. Gimana? Tertarik untuk mencobanya?

13. Masjid Agung Manonjaya, masjid tertua dengan nuansa arsitektur yang neoclassic.

Saksi berdirinya Tasikmalaya. via www.initasik.com

Selain Pamijahan, buat kamu yang suka sejarah, jangan lupa untuk mengunjungi mesjid legendaris di Manonjaya. Letaknya gak terlalu jauh ko dari pusat kota, cuma sekitar 12 km .

Masjid ini dipercaya masyarakat sekitar sudah dibangun sejak tahun 1832 dan selesai 1837. Saat Kerajaan Sukapura masih eksis dan masih dipimpin Raden Tumenggung Danuningrat. Mesjid ini merupakan saksi awal mula berdirinya Tasikmalaya.

Itulah sederet tempat-tempat yang bisa jadi referensi kamu yang bakal main di Tasikmalaya. Rasanya Tasikmalaya masih mempunyai banyak tempat-tempat indah yang tersembunyi di dalamnya. Kalau kamu punya destinasi wisata favorit lainnya di Tasikmalaya, jangan pernah ragu untuk menyebutnya di kolom komentar.

“Sasibuk-sibukna maneh, ulah poho bagja.”