Simak 5 Tips Praktis Menjadi Travel Influencer ala Caswan Assegaf. Biar Fotomu Ngehits di Instagram!

Tips Menjadi Travel Influencer

Di era sekarang ini, salah satu profesi yang tidak pernah terbayangkan beberapa tahun silam adalah influencer. Betapa tidak, 10 tahun lalu, siapa sih orang yang berpikir bahwa main media sosial bisa punya banyak uang? Berkembangnya peran sosial media dalam kehidupan manusia bikin muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang terkait Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Advertisement

Orang yang bisa memberikan pengaruh di sosial media disebut influencer. Nah, kini influencer Instagram jadi profesi yang menarik bagi generasi millenial. Tanpa harus kerja kantoran, kamu bisa mendapat penghasilan dari posting foto maupun video di Instagram. Meski terlihat mudah, sejatinya menjadi influencer butuh perjuangan dan kerja keras juga.

Buat kamu yang tertarik menggeluti karir serupa, yuk simak dulu tips jadi travel influencer dari Caswan Assegaf yang akrab disapa Awan. Ikuti tipsnya dan jadilah influencer berikutnya.

1 . Tips pertama, kamu harus menentukan tema konten yang akan fokuskan. Awan mengambil tema travel secara umum

IG @caswanassegaf via www.instagram.com

Sebagai influencer travel, Awan harus traveling ke banyak destinasi di dalam dan luar negeri. Dengan begitu, ia fokus dan konsisten dengan tema yang sama. Kamu juga bisa mencari tema spesifik sesuai minat kamu, seperti beauty, food, atau konten-konten hiburan.

2 . Kamu harus sering gabung di komunitas, contohnya komunitas travel fotografi ataupun komunitas Instagram

bangun komunitas yang sesuai via www.instagram.com

Ada banyak sekali komunitas yang bisa kamu ikuti untuk mendapat relasi dan jaringan terkait bidang yang kamu sukai. Jika kamu tertarik dengan travel, ya gabunglah dengan komunitas backpacker ataupun travel fotografi, baik online maupun offline. Jadi mereka bisa membantumu meluaskan ‘influence’ yang kamu ciptakan. Untuk tumbuh besar, kamu butuh teman-teman yang besar juga cakupannya.

3 . Postingan di Instagram harus konsisten, mulai dari jumlah postingan per hari, tone dan lain sebagainya

harus konsisten via www.instagram.com

Konsisten memang kunci dari seorang influencer di Instagram. Mulai dari tone-nya sebaiknya sama terus di semua foto. Tema foto juga jangan ganti-ganti. Sekarang foto jalan, besok foto make up, itu kurang konsisten. Apalagi setiap hari harus terus posting foto minimal 1 foto. Otomatis setiap hari harus mencari konten dong. Nah hal begini lah yang disebut kerja keras. Nggak gampang lho nyari foto bagus untuk ditampilkan setiap hari. Ya, apalagi pas masa pandemi ini yang semua foto late post. Hehehe.

4 . Sebagai influencer, kamu harus punya ciri khas sendiri, bedain dari ciri yang melekat pada orang lain

punya ciri khas tersendiri via www.instagram.com

Bikinlah ciri khas sendiri yang melekat pada dirimu, bukan dari meniru orang lain. Terinspirasi boleh saja asal nggak meniru sama plek dengan milik orang lain. Hal itu nggak bikin kamu punya ciri khas. Alhasil, kamu nggak akan diikuti banyak orang karena tidak unik atau punya ciri khas tersendiri.

Advertisement

5 . Terakhir, mulai dulu aja dan fokus bikin karya yang baik. Jika kamu tidak segera mulai, tentu harapan menjadi influencer tidak akan kesampaian

mulai dulu aja via www.instagram.com

Terakhir dan paling penting yaitu mulai dulu aja. Dari situ bisa belajar pelan-pelan. Biasanya butuh waktu sekitar 1-2 tahun untuk bisa mendapat puluhan ribu follower dan dipercaya brand-brand untuk mengendorse produk atau campaign untuk mereka. Jadi sebaiknya kamu tetap jadikan sambilan sembari bekerja, jika sudah menghasilkan di Instagram, kamu bisa resign aja. Tapi jika masih kesulitan, sebaiknya tetap kerja seperti yang kamu lakukan sekarang.

Untuk tau lebih lengkap obrolan santai dengan Awan, simak aja dalam video berikut ini

Jika kamu mau praktekkan tips tersebut dan konsisten, yakin deh tahun depan kamu bakal lebih besar dari Awan. Yuk mulai posting dan edit foto-foto terbaik kamu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE