Trik Packing dengan Rumus 2+3+7 Saat Mau Liburan. Anti Ribet, Tak Perlu Banyak Koper

Trik Packing

Mengemas barang ke dalam koper atau tas adalah proses cukup menyebalkan saat akan liburan. Memilih dan memilah barang yang dibawa saat liburan nyatanya tak semudah di bayangan. Karena takut dan khawatir kekurangan, akhirnya kita membawa banyak barang yang sebenarnya kurang penting. Padahal liburan dengan barang bawaan ‘segudang’ itu malah menyusahkan. Belum lagi soal mengepak barang yang nggak boleh asal. Kalau nggak tahu caranya, ruang koper atau tas nggak bisa digunakan dengan maksimal.

Advertisement

Supaya liburan lebih santai dan ringan, gunakan trik berikut ini. Tak perlu banyak koper, semua barang kebutuhan selama liburan akan terbawa karena ruang koper masih cukup lega. Yuk, langsung cek aja!

1. Pilih baju sesuai dengan jenis tempat wisata

Pilih baju sesuai tempat liburan | Pxhere on Pxhere

Penting banget nih menyesuaikan baju dengan jenis tempat wisata yang akan dikunjungi. Jadi, kamu nggak perlu membawa semua baju. Apalagi membawa baju yang nggak bisa dipakai saat liburan. Misalnya, kamu nggak mungkin pakai baju tipis ketika berwisata ke daerah dataran tinggi yang dingin. Pilih saja baju yang tebal seperti jaket. Trik ini pun berlaku saat kamu liburan ke tempat yang cenderung panas seperti pantai.

2. Gunakan rumus 2+3+7

Kemas barang dengan rumus 2+3+7 | Cookie M on Flickr

Bila hendak pergi liburan lebih dari 3 hari, terapkan rumus 2+3+7. Artinya, siapkan 2 jaket, 3 bawahan, dan 7 baju. Dengan begitu, kamu nggak perlu membawa banyak barang. Usahakan pilih celana bahan, biasa, atau jeans. Selain itu, pilih jaket dengan fungsi anti air, anti angin, dan bergaya santai, contohnya jaket jeans. Soal pakaian, padu-padankan kaos pendak lengan pendek, kaos lengan panjang, kemeja, tank top, atau gaun. Pastikan bahan yang dibawa mudah kering dan dicuci, ya.

Advertisement

3. Kalau soal pakaian nggak ada masalah, saatnya pilih alas kaki

Pilih alas yang tepat | Pxhere on Pxhere

Selain pakaian, alas kaki saat liburan pun perlu diperhatikan. Jangan sampai menggunakan alas kaki yang nggak cocok dengan  destinasi wisatanya. Jika lebih banyak berjalan kaki, bawa alas kaki yang empuk. Nah, kalau liburan ke tempat dengan nuansa alam, ada baiknya pilih alas kaki berwarna gelap. Tujuannya, biar nggak cepat kusam dan kotor. Saat mengemas alas kaki, selipkan barang-barang kecil ke dalamnya seperti aksesoris, perhiasan, atau kacamata. Maksimalkan ruang yang ada agar isi koper atau tas masih tersisa.

4. Siapkan minimal dua tas kain (tote bag)

Siapkan tote bag | Pxhere on Pxhere

Tas kain sangat berguna selama liburan terutama untuk membawa barang yang tak bisa dimasukkan koper. Dengan tas kain, kamu bisa membawa barang elektronik atau barang cair. Sehingga kamu nggak perlu repot-repot membongkar koper. Bawa minimal dua tas kain. Satu tas simpan di koper, satu tas untuk dijinjing.

5. Jangan lupa kemasan kecil yang bisa dilipat, ya

Kemasan untuk barang-barang kecil | Sean Bonner on Flickr

Peralatan mandi memang rata-rata berukuran kecil, tapi kadang jumlahnya banyak. Kalau nggak disiasati saat mengepaknya, barang-barang tersebut bikin koper cepat sesak. Sama halnya dengan peralatan makan dan tata rias. Simpan barang-barang tersebut ke dalam kemasan kecil yang bisa dilipat. Agar nggak memakan tempat, sebaiknya bawa peralatan mandi yang memiliki fungsi lengkap. Misalnya, sabun yang difungsikan juga sebagai sampo.

Advertisement

6. Tak perlu gengsi mencuci

Manfaatkan jasa laundry | Rudy and Peter Skitterians on Pixabay

Cara gampang ketika persediaan baju menipis saat liburan adalah membeli baju baru. Sayangnya, cara ini malah bikin barang bawaan makin banyak. Alih-alih membeli, sebaiknya mencuci baju. Kalau tak sempat mencuci, cari jasa laundry di sekitar penginapan yang menawarkan harga miring.

7. Atur pengeluaran agar barang bawaan tidak semakin banyak

Rencanakan pengeluaran biar nggak beli banyak barang | Pxhere on Pxhere

Keinginan membeli barang dan oleh-oleh itu wajar, tapi secukupnya aja. Kalau nggak, kamu bisa kewalahan membawa barang saat pulang liburan. Rencanakan dengan baik dan matang oleh-oleh yang akan dibeli. Perkirakan jumlahnya nggak melebihi kapasitas koper dan tas. Sebisa mungkin tahan diri untuk membeli barang atau oleh-oleh yang berukuran besar. Jika sangat tertarik, kirimkan barang lewat jasa ekspedisi.

Daripada pusing dengan barang bawaan, gunakan 7 trik tersebut. Kini, kamu bisa liburan tanpa perlu repot-repot menenteng banyak koper dan tas. Bila disiasati dengan tepat, satu koper aja sudah cukup kok untuk liburan berhari-hari.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE