Nggak Melulu Pantai, 6 Destinasi Wisata Alam Pangandaran ini Juga Menarik untuk Dikunjungi

Wisata alam Pangandaran

Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan di Jawa Barat. Meski yang cukup populer dari Pangandaran adalah pantai-pantainya, tetapi kabupaten yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan ini memiliki potensi wisata alam yang cukup beragam, loh.

Advertisement

Bisa dibilang, Pangandaran merupakan destinasi yang cukup komplit untuk pecinta wisata alam. Kamu bisa memilih untuk mengunjungi pantai, sungai, bukit hingga bahkan hutan. Untuk itu Hipwee Travel sudah rangkum 6 destinasi wisata alam Pangandaran yang layak untuk disambangi jika kondisi sudah memungkinkan.

1. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu | Muthi’ah Zahra, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Pantai Batu Hiu menawarkan pesona laut lepas Samudera Hindia dari bukit karang. Oleh banyak wisatawan, lanskap pantai ini disebut mirip dengan Tanah Lot di Bali karena posisi batu karang yang menjorok ke tengah laut.

Perlu dicatat, di Pantai Batu Hiu wisatawan nggak disarankan untuk berenang karena ombak Samudera Hindia terkenal cukup ganas. Pantai ini lebih cocok disambangi untuk bersantai karena memiliki hamparan rumput hijau yang memberikan kesan teduh.

Advertisement

Selain bersantai, di Pantai Batu Hiu kamu juga bisa berfoto dengan latar laut lepas dari atas sebuah bukit kecil. Waktu terbaik untuk menikmati pesona pantai ini adalah pagi hari atau menjelang sore, agar dapat sekaligus menyaksikan indahnya matahari tenggelam.

2. Pantai Batukaras

Pantai Batukaras | Ridwanad, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Kalau tujuanmu ke pantai adalah untuk berenang atau bermain air, maka bisa menyambangi Pantai Batu Karas. Berlokasi di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, ombak di pantai satu ini begitu terkenal di kalangan peselancar, loh.

Selain bisa menjajal papan selancar, di pantai yang relatif lebih sepi ini kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari memancing di Batu Payung yang berada di sebelah barat pantai, bermain banana boat, atau bahkan berkemah.

Advertisement

3. Cukang Taneuh atau Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran | Ocyid X, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Destinasi yang berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran ini adalah wisata alam berupa aliran sungai yang diapit dua bukit bebatuan. Di sini kamu akan dimanjakan oleh panorama yang teduh, dengan tebing-tebing batu dan pepohonan lebat di sekitar aliran sungai.

Pastikan kamu membawa baju ganti ketika menyambangi destinasi satu ini, karena kebanyakan aktivitas yang bisa dilakukan di Green Canyon Pangandaran berkaitan dengan air, seperti body rafting dan kegiatan susur sungai menggunakan perahu.

4. Sungai Citumang

Sungai Citumang | M.M.Minderhoud or Wikipedia/Michiel1972, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Nggak kalah menarik dari Green Canyon, ada Sungai Citumang yang bisa kamu pilih untuk wisata sungai. Berlokasi di kompleks Objek Wisata  Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Sungai Citumang memilikir aliran air yang jernih dengan lanskap pepohonan hijau.

Aliran Sungai Citumang relatif tenang sehingga nyaman untuk berenang, dengan beberapa air terjun indah. Untuk memaksimalkan pengalaman di Sungai Citumang kamu bisa menjelajahi alirannya dengan melakukan body rafting bersama pemandu, atau aktivitas susur sungai dengan perahu.

5. Pepedan Hills

Untuk menikmati panorama alam Pangandaran dari ketinggian, kamu bisa mengunjungi Papedan Hills yang berlokasi di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Destinasi wisata yang cukup hits di kalangan wisatawan ini berada tak jauh dari Goa Nyiuran yang bisa sekaligus kamu sambangi.

Selain bisa menikmati keindahan alam yang membentang di depan mata, di Pepedan Hills kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti campingoutbond, hiking, bermain ayunan yang menantang karena berada di tepi jurang, atau sekadar foto-foto mengabadikan keindahan alam dari spot-spot khusus.

6. Cagar Alam Pangandaran

Jika ingin menikmati keindahan hutan lengkap dengan flora dan fauna, kabupaten satu ini punya Cagar Alam Pangandaran. Di sini kamu dapat bertemu berbagai jenis satwa liar, di antaranya rusa, kijang, lutung hingga landak jawa. Beberapa dari flora dan fauna di cagar alam ini dilindungi, jadi tetap jaga ketertiban selama berkunjung, ya.

Nggak hanya itu, di Cagar Alam Pangandaran kamu juga bisa menemukan jejak sejarah yang diperkirakan peninggalan Umat Hindu abad ke-15 yaitu Batu Kalde. Selain itu, destinasi satu ini juga memiliki sejumlah goa yang terbentuk secara alami, dan dibentuk sebagai markas perlindungan tentara Jepang, di antaranya Goa Panggung, Goa Parat, dan Goa Sumur Mudal.

Nah, itu dia 6 destinasi wisata alam di Pangandaran yang menarik untuk dikunjungi. Jika berkesempatan liburan ke Pangandaran, destinasi wisata mana yang pertema ingin kamu kunjungi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE