6 Pilihan Wisata Gratis di Jogja Buat Kamu yang Punya Dompet Pas-pasan. Tinggal Bayar Parkir nih

Wisata gratis di Jogja

Kalau kamu penat dengan urusan pekerjaan atau urusan pendidikan, tak ada salahnya kamu sejenak menghabiskan waktu untuk berlibur. Dengan berlibur, kamu akan kembali semangat untuk menghadapi rutinitas kembali. Namun, bagaimana jika tak ada uang lebih untuk liburan? Jangan khawatir, kamu bisa mendatangi Kota Jogja dan mengunjungi banyak sekali wisata gratis yang ditawarkan. Seperti namanya yang istimewa, Kota Jogja juga menyimpan wisata yang istimewa dengan tanpa dipungut biaya.

Advertisement

Ada banyak sekali wisata gratis di Jogja, mulai dari ujung utara hingga selatan yang bisa kamu kunjungi. Dengan menyiapkan biaya parkir untuk kendaraan saja, kamu sudah bisa menikmati sajian wisata kota Jogja dan wisata alam yang mengagumkan. Mana saja wisata gratis yang ada di kota pelajar ini?

1. Di selatan Kota Jogja, kamu wajib mengunjungi Alun-Alun Kidul yang kental dengan sejarahnya

Alun-alun kidul Yogyakarta | Credit: Christophe95 (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia

Mengunjungi Kota Jogja tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Alun-Alun Kidul. Lokasi wisata ini masih berada di wilayah keraton yang ditandai dengan dua buah pohon beringin di tengahnya. Lekat dengan sejarah keraton, Alun-Alun Kidul ini konon dibangun oleh Pangeran Mangkubumi sebagai tempat berlatih prajurit keraton. Namun, kini tempat itu menjadi wisata yang menyuguhkan suasana menyenangkan dari pagi hingga malam hari. Di sini, kamu bisa berjalan lurus menuju area pohon beringin dengan menutup mata, menaiki odong-odong, sampai berburu kiliner di sekelilingnya.

2. Berbagai wisata museum sangat cocok untuk melihat sejarah sekaligus menghibur diri, salah satunya Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg | Credit: Sabjan Badio (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia

Kalau kamu penyuka sejarah, berkeliling museum di Jogja bisa jadi alternatif wisata gratis yang menyenangkan di Jogja. Salah satu museum yang berada di tengah kota ialah Museum Benteng Vredeburg. Museum ini berada di sekitar titik 0 kilometer yang menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah di Yogyakarta. Tak hanya bersejarah, museum ini juga memiliki arsitektur yang apik sehingga cocok menjadi tempat berfoto atau sekadar berjalan-jalan.

Advertisement

3. Jadi ikon utama kota ini, Tugu Jogja dan jalanan sekitarnya bisa jadi tempat wisata yang menyenangkan

Tugu Jogja | Credit: CEphoto via Wikimedia

Belum sah rasanya berwisata ke Jogja, kalau belum berfoto di tugu ini. Meski berada di tengah jalan raya, para wisatawan banyak yang mampir untuk sekadar berfoto di sana. Namun, tak hanya tugu saja yang memiliki keistimewaan di sana, bangunan-bangunan di sekitar tugu juga sangat ikonik dan mencirikan bangunan pada masa lalu.

4. Sedikit menjauh dari pusat kota, Bukit Bintang jadi pilihan wisata gratis yang menyajikan pemandangan kilauan lampu kota di malam hari

Bukit Bintang Jogja | Credit: Tempo.co

Banyak yang mengatakan Jogja adalah kota yang romantis. Untuk membuktikannya, kamu bisa mendatangi wisata ekonomis yang sati ini. Bukit Bintang terletak di wilayah perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul. Di sore hari, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan. Menjelang malam hari, kamu akan diperlihatkan kerlap-kerlip lampu kota di malam hari.

5. Seakan sedang berada di gurun, Gumuk Pasir Parangkusumo menyajikan pemandangan hamparan pasir dan pepohonan yang indah

Gumuk Pasir Parangkusumo | Credit: Tayuya Karin (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai dari jam tujuh pagi dan bisa bermain sepuasnya tanpa dipungut biaya. Kamu bisa bermain sandboarding, berfoto di spot yang Instagramable, sampai menikmati indahnya matahari  terbenam.

Advertisement

6. Selain museum, wisata candi di Jogja juga banyak ditawarkan secara gratis, salah satunya Candi Sambisari

Candi Sambisari | Credit: TeshTesh (CC BY-SA 3.0) via Wikimedia

Di Jogja, terdapat banyak sekali candi yang bisa kita kunjungi. Meski tidak semuanya gratis, namun sebagian besar candi di Jogja yang dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) tidak dipungut biaya masuk. Candi-candi itu di antaranya Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Ijo, dan masih banyak lainnya. Di Candi Sambisari, kita bisa melihat bangunan megah yang menjadi kompleks sejarah candi Hindu di masa lalu yang terkubur dalam tanah.

Itu dia sedikit di antara banyak sekali wisata gratis di Kota Jogja. Ternyata, berlibur tak harus mahal ya, SoHip?

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE