Wisata Jeglongan 1000, Protes Anak Muda Atas Kerusakan Jalan di Lampung Timur! Kreatif Banget Sih Mereka

Mendengar kalimat, Wisata Jeglongan 1000 (sewu/seribu), seakan mengingatkan pada beberapa destinasi wisata di Jawa. Ada Grojogan Sewu, Lawang Sewu maupun Candi Sewu. Eits, jangan salah paham dulu. Wisata jeglongan 1000 adalah sebuah sindiran buat pemerintah Lampung karena jalannya begitu buruk. Jalan rusak dan bolong-bolong inilah yang disebut ‘jeglongan’ dan saking banyaknya yaudah disebut saja 1000. Jadilah Wisata Jeglongan 1000 yang ramai di media sosial di awal bulan Februari lalu.

Advertisement

Lantas seperti apa sih Wisata Jeglongan 1000 di Lampung Timur ini, kok sampai viral di dunia maya. Yuk kita kepoin sama-sama…

Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Remaja Positif membuat promosi Wisata Jeglongan 1000 pada bulan Februari lalu. Wisata ini adalah berupa sindiran kepada pemerintah akan banyaknya lubang-lubang di jalanan…

wisata jeglongan 1000 via www.facebook.com

Lokasi protes anak-anak muda ini berada di Desa Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Mereka menuliskan berbagai macam sindiran yang mirip sebuah promosi tempat wisata…

keren sih ini via www.facebook.com

Advertisement

Foto-foto ini pertama kali diunggah oleh akun Facebook Cory Eureikha pada awal Februari. Dalam beberapa hari, foto ini langsung viral dan tentu saja membuat banyak sekali netizen mengetahui kondisi mengenaskan ini. Malu deh pemerintah daerahnya…

lampung jadi terkenal via www.facebook.com

Memang kondisi jalanan di Lampung Timur banyak yang rusak parah. Hal seperti ini juga jarang jadi perhatian pemerintah. Untuk itu aksi Wisata Jeglongan 1000 ini adalah cara ampuh mengambil perhatian pemerintah daerah, khususnya Bupati…

ide cerdas via www.facebook.com

Sindiran sarkas juga merek gunakan dalam poster-poster mereka. Bisa berenang sambil naik mobil, tulis mereka…

mantap! via www.facebook.com

Tak sampai seminggu, Dinas Pekerjaan Umum meninjau daerah tersebut dan akan diperbaiki segera. Luar biasa ya media sosial. Bayangkan jika cuma laporan aja, belum tentu berbulan-bulan dikerjakan!

Advertisement

dinas PU pun datang via www.facebook.com

Setelah itu giliran Bupatinya pun juga datang. Kerja kreatif mereka berhasil dengan luar biasa. Gerakan sosial mereka mendapat apresiasi dari ribuan orang. Mereka berhasil menyindir dan menampar pemimpin mereka sendiri dengan telak. Salut buat anak muda Remaja Positif ini!

Horeee via www.facebook.com

Aksi ini tentu jadi inspirasi untuk daerah lain. Bahwa media sosial bisa jadi alat yang paling efektif untuk melakukan gerakan sosial. Siapa sangka, gerakan kecil ini menuai simpati dan yang paling penting tujuan mereka tercapai. Jalan berlubang akan segera diperbaiki

seru banget via www.facebook.com

Seru banget ‘kan? Kamu bisa jadikan Wisata Jeglongan 1000 itu sebagai inspirasimu buat bikin perubahan di daerahmu. Zaman sekarang, media sosial bisa digunakan untuk apa saja. Salah satunya perubahan. Dan kamu bisa jadi agen perubahan itu sendiri!

Simple-Work-Blog-Banner
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

23 Comments

  1. Erin Gibreka berkata:

    TJ selamat deli serdang juga parahhhh

  2. Gresik Sumpek INFO Gresik

  3. Rika Sari berkata:

    Kab. Oku timur Sumsel lebih parah

  4. Endar Kurniawan berkata:

    Lampung Selatan sekalian ki, wisata 10.000 jeglongan malahan haha Leenyy Triiwiidiiantyy

  5. Nugraha Einey berkata:

    itu gak seberapa parah di tmpak aku,,lubang jlnan nya pung gak besar2.

  6. Sondang Maria Simanjuntak halan halan ke jeglongan sek ndes

  7. Tya Bannafs berkata:

    Fitaria jd ingat…. Ahh ya sudahlah. ?

  8. Gubernur nya haloooooooo lg ngapain…..???????????

CLOSE