10 Destinasi Wisata Terbaik di Vietnam, dari Air Terjun sampai Gurun Pasir Semua Ada!

Wisata Vietnam

Kalau mengikuti perkembangan pandemi COVID-19, kamu pasti sudah dengar tentang kesuksesan Vietnam.  Bahkan hingga saat ini, Vietnam termasuk satu dari sedikit negara yang sama sekali tidak memiliki kasus kematian akibat virus corona. Padahal negara ini berbatasan langsung dengan China, tempat pertama kali kasus COVID-19 dilaporkan. Karena kesigapan dan kerja sama yang oke di semua lini, Vietnam bisa berhasil menekan angka penularan. Hebat ya kerja sama antara pemerintah dan warganya.

Advertisement

Jika berhasil mempertahankan kondisi ini, Vietnam akan bisa membuka pintu negaranya lebih cepat dibandingkan negara-negara lain. Termasuk bagi sektor pariwisatanya. Nah, apa aja sih destinasi wisata andalan di Vietnam? Ternyata banyak banget lo Guys, dari air terjun yang indah, bangunan atau kuil bersejarah, sampai gurun pasir pun ada. Siapa tahu setelah pandemi berakhir dan kondisi lebih aman, kamu tertarik berkunjung ke negara ini. Ini nih rekomendasinya…

1. Air Terjun Ban Gioc

Ternyata di Vietnam ada wisata secantik ini! via southeastasiabackpacker.com

Air terjun Ban Gioc ini terletak di Provinsi Cao Bang di Vietnam Utara. Untuk kesana, butuh sekitar delapan jam perjalanan dari Hanoi melalui jalur darat. Sama seperti air terjun terkenal lainnya di dunia termasuk Niagara dan Iguazu, air terjun yang sangat cantik ini berada di perbatasan antara dua negara. Ban Gioc berbatasan dengan Cina. Lebih disarankan untuk datang ke sini pada September-Oktober, karena di sekitar bulan Agustus sering terjadi hujan deras.

Untuk ke Ban Gioc dari Cao Bang (2 jam perjalanan) menggunakan minibus hanya dipatok biaya sekitar 45 ribu rupiah. Menarik banget ya, wajib ke sana sih kalau berkunjung ke Vietnam.

2. Teluk Ha Long atau Ha Long Bay

Panorama Teluk Ha Long dari atas, indah ya via www.vogue.com

Teluk Ha Long atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ha Long Bay ini Raja Ampat versi Vietnam ya. Dikelilingi lebih dari 1600 pulau-pulau kecil dari batuan karst sangat menambah keindahan panorama matahari tenggelam. Ha Long Bay ini merupakan situs warisan dunia UNESCO yang terletak di timur laut Vietnam, Teluk Tonkin, Provinsi Quang Ninh. Ha Long Bay berjarak 165 kilometer dari Hanoi dan dapat ditempuh menggunakan bus, taksi, sepeda motor, feri atau helikopter. Normalnya perjalanan itu memakan waktu empat jam.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Ha Long Bay adalah bulan Maret hingga Mei atau September hingga November. Disarankan untuk bermalam ya, supaya bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

3. Gereja Katedral Notre Dame Saigon

Ini gereja ikonik di Kota Ho Chi Minh via theculturetrip.com

Gereja Katedral Notre Dame ini beralamat di 1 Cong Xa Paris, Ben Nghe, Distrik 1, Kota Ho Chi Minh. Gereja ini buka setiap hari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi gereja ini adalah selama misa Minggu pukul 09:30. Sama halnya seperti tempat-tempat suci di manapun, kita harus berpakaian dengan pantas dan jangan mengganggu para penyembah ketika Anda menjelajahi serta memotret Gereja Katedral Notre Dame Saigon.

Advertisement

4. Sunworld Fansipan Legend

Fansipan gunung tertinggi se-Indocina via www.instagram.com

Fansipan ini merupakan gunung di Vietnam dan sekaligus merupakan gunung tertinggi di Semenanjung Indocina. Fansipan terletak di Provinsi Lào Cai di wilayah Barat Laut Vietnam, 9 kilometer barat daya Sa Pa di pegunungan Hoang Lien Son. Nah di Sunworld Fansipan Legend ini kamu bisa menikmati pemandangan dengan naik kereta gantung menuju ke puncak Fansipan dari stasiun Sapa. Biaya tiket kereta gantung sekitar 367 ribu rupiah per orang dewasa dan 2 arah serta 245 ribu rupiah per anak dan 2 arah. Kereta gantung beroperasi setiap hari, mulai pukul 07:30 – 17:30.

Selain itu, Sunword Fansipan ini juga menyelenggarakan banyak festival seperti alpine, bunga azalea, festival bunga segitiga, festival anggur, dan masakan budaya barat laut. Nah kalau memang berencana mengunjungi tempat ini, jangan lupa bawa baju tebal ya!

5. Golden Bridge Da Nang

Wah megah banget ya pemandangannya kalau dilihat dari jembatan ini via www.instagram.com

Golden Bridge telah dibuka sejak Juni tahun 2018. Golden Bridge kemudian menjadi simbol baru pariwisata Da Nang. Jembatan ini seperti sedang diangkat oleh sepasang patung tangan besar kuno (yang terlihat seperti tangan dewa gunung). Di bawahnya pun terlihat hutan hijau yang sangat indah. Untuk sampai di sana, hanya membutuhkan waktu 45 menit berkendara dengan mobil dari pusat Kota Da Nang.

Setelah itu karena Golden Bridge ini milik Resort Ba Na Hills, perlu juga untuk naik kereta gantung menuju ke puncak Ba Na Hills. Biaya kereta gantungnya sekitar 460 ribu rupiah untuk dewasa dan 367 ribu rupiah untuk anak-anak. Lebihnya, sudah tidak perlu membayar tiket masuknya lagi karena sudah membeli tiket kereta gantung.

6. Delta Sungai Mekong

Wah seru banget kayaknya menyusuri sungai Mekong via www.vivutravel.com

Delta Sungai Mekong merupakan  jaringan distribusi di Vietnam bagian barat daya, antara Kota Ho Chi Minh dan Negara Kamboja. Sungai Mekong sendiri berhulu di Himalaya, melewati Cina, Myanmar, Thailand, dan Kamboja sebelum sampai di Vietnam. Sebagian menjelaskan alasan itulah mengapa airnya sangat keruh. Lebih dari setengah produksi beras dan ikan negara ini berasal dari wilayah delta ini. Maka wilayah ini sangat berharga untuk ekonomi Vietnam.

Untuk menuju ke Delta Sungai Mekong dibutuhkan waktu sekitar 2-8 jam. Jadi sebenernya, Delta Sungai Mekong ini memiliki berbagai tempat yang berbeda-beda jaraknya. Mulai dari wisata untuk menyusuri sungai di Mỹ Tho yang ditempuh selama 2 jam dari Ho Chi Minh hingga sebuah daerah yang mana terletak pasar apung Cai Rang.

7. The Word Coffee Museum di Dak Lak

Keren banget ya arsitekturnya! via lanhabayvietnam.com

Buat para pecinta kopi yang berencana berlibur ke Vietnam wajib banget dateng ke museum kopi ini. Karena Vietnam menjadi negera penghasil kopi terbesar setelah Brazil, maka didirikanlah museum ini. Untuk teman-teman arsitektur, tempat ini juga bisa menjadi rekomendasi karena memang bangunannya yang unik. Museum ini terletak di Buon Ma Thuot, Dak Lak, Vietnam. Untuk sampai di tempat ini, akan dibutuhkan waktu 7 jam dari Kota Ho Chi Minh. Dan untuk harga tiket masuknya yaitu sekitar 136 ribu rupiah.

8. Gumuk Pasir di Mui Ne

Wah udah berasa kaya di timur tengah gitu ya via blog.airpaz.com

Kalau lihat foto ini rasanya seperti di timur tengah gitu ya. Padahal ini cuma di Vietnam lo! Keren banget ya pemandangannya dan luas juga hamparan pasirnya. Gumuk pasir Mui Ne ini memiliki dua jenis pasir, putih yakni yang lebih terang dan merah yang warnanya lebih pekat. Biasanya, turis lokal maupun internasional pergi ke sini untuk sekedar menikmati pemandangan, bermain ATV ataupun bermain seluncur menggunakan papan. Untuk sampai ke Mui Ne bisa menggunakan bus malam dari Ho Chi Minh dengan biaya sekitar 100 ribu rupiah untuk 6 jam perjalanan.

9. Pasar Minggu Bac Ha

Destinasi yang pas untuk kamu yang suka human interest dan budaya via www.trekkingsapa.com

Pasar Bac Ha yang terletak di perbukitan utara Vietnam merupakan salah satu pasar etnis terbaik di seluruh Asia Tenggara, lo! Pada hari Minggu, etnis minoritas dari desa dan bukit-bukit sekitar datang dengan berjalan kaki,  motor, dengan kuda, dan dengan kerbau untuk sekedar bersosialisasi. Seperti makan, minum, merokok, potong rambut, dan membeli produk serta daging untuk kebutuhan minggu selanjutnya. Mereka biasanya mengenakan baju khasnya yang berwarna-warni.

Di pasar ini dijajakan juga berbagai kain dan kerajinan khas sana. Untuk mengunjungi pasar ini, dapat ditempuh waktu 2,5 jam dari Sapa dan sekitar 1,5 jam apabila berangkat dari Lao Cai.

10. My Son Temple

Sedikit mirip Angkor Wat di Kamboja yaa.. via www.instagram.com

Situs ini mirip Angkor Wat yang ada di Kamboja ya, sangat kuno. My Son Temple ini merupakan sekelompok kuil-kuil Hindu yang telah ditinggalkan dan hancur sebagian. Kuil ini terletak di provinsi Quảng Nam, Vietnam bagian tengah dan dibangun antara abad ke-4 dan ke-14 oleh Raja Champa. Tiket masuknya sekitar 93 rupiah. Untuk sampai di My Son Temple ini kamu hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Da Nang. Jadi kalau mau ke sini bisa sekalian ke Golden Bridge ya!

Itu dia tadi tempat-tempat wisata di Vietnam. Masih di dalam lingkup Asia Tenggara tapi pemandangannya benar-benar bak di Eropa, negara Timur Tengah, ataupun Jepang.. Jangan lupa masukin ke daftar tempat liburanmu ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

just a glitch in the matrix

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE