Segala hal yang menjurus pada pernikahan memang harus dipersiapkan secara matang. Apalagi mengenai resepsi, perlu persiapan matang dari awal. Tema, adalah hal yang tidak boleh terlewat. Karena tema merupakan titik awal yang paling menentukan persiapan selanjutnya, dekorasi misalnya.

Untuk keperluan dekorasi venue, diperlukan persiapan yang cukup banyak dan bikin pusing. Nah, untuk dekorasi, ternyata ada yang bisa kamu buat sendiri lho, guys. Dengan mengerahkan sedikit usaha yang bisa menghemat budget nikahanmu, acaramu pun tetap bisa meriah dan berkesan. 10 dekorasi untuk hari spesial yang bisa kamu bikin ini sudah dirangkum oleh Hipwee. Apa aja sih emangnya? Segera scroll ke bawah yuk, guys!

1. Botol bekas jangan buru-buru dibuang. Untuk dekorasi yang digantung, vas bunga ini bisa buat venue-mu terasa mengesankan.

Penghias acara

Penghias acara via www.shelterness.com

Advertisement

Eksistensi bunga tidak bisa lepas jika berhubungan dengan dekorasi pernikahan. Akan selalu ada bunga yang menghiasi di berbagai sudut. Untuk kesan pernikahan yang berbeda dari yang lain dan tentunya bisa dibuat sendiri, kenapa tidak coba bikin vas bunga gantung? Nggak perlu repot, hanya tali, botol yang sudah dibersihkan, dan bunga berwarna kalemlah yang perlu kamu siapkan. Daripada memakai barang mahal untuk dekorasi, botol bekas pun bisa dijadikan pilihan, kan?

2. Botol tak terpakai akan lebih cantik dengan cat kalem akrilik. Dekorasi di meja pun terlihat makin unik~

vas bercat

vas bercat via www.thesitsgirls.com

Untuk mempermanis dekorasi meja untuk menyuguhkan makanan atau ditempatkan di meja-meja lainnya, kamu nggak perlu repot mencari vas atau keramik baru yang merogoh kocek dalam. Pengeluaranmu makin banyak kan jadinya? Untuk menghindari hal itu, coba cek botol-botol yang udah nggak kepake yang memenuhi gudangmu. Dengan sentuhan warna-warna kalem dari cat akrilik, botolmu bisa disulap seketika jadi manis dan cantik. Tinggal masukkan bunga-bunga di dalamnya. Tertarik, guys?

3. Lilin memang nggak pernah absen untuk pelengkap dekorasi. Sulap jadi floating candle di jar pun bisa dijadikan pilihan.

Lilin mengambang

Lilin mengambang via emmalinebride.com

Untuk mendapatkan kesan acara yang hangat dan menyenangkan, tidak sedikit yang memakai lilin sebagai dekorasi pentingnya. Sekadar disandingkan di meja bersama kudapan legit pun bisa. Agar acaramu jadi lebih beda, kamu bisa coba buat floating candle di dalam mason jar. Isi jar dengan air biasa, lalu tarus lilin di atasnya. Jangan lupa pakai pita sebagai hiasan kecil di bagian luar. Nggak nyampe 10 menit, dekorasi simple ini bisa segera ditaruh di mejamu!

4. Buat resepsi outdoor-mu jadi lebih hangat, berkelas, dan ramah di dompet dengan lantern dari kaleng susu bekas!

Kaleng~

Kaleng~ via ohbestdayever.com

Advertisement

Untuk kamu yang punya rencana menyelenggarakan resepsi pernikahan di luar ruangan pada sore hari sambil menanti senja, ada sebuah dekorasi yang nggak boleh dilewatkan nih. Lantern yang terbuat dari kaleng susu bekas. Ya, kaleng susu yang biasanya kamu buang ke tempat sampah ini, bisa memberi nuansa hangat yang tentunya nggak kalah berkesan. Kamu tinggal mewarnai dengan cat, lalu memberi lubang agar cahaya dari dalam kaleng bisa terlihat sempurna. Kamu pun bisa pakai lilin sebagai sumber penerangan yang ditaruh di dasar kaleng. Mudah, berkelas, dan hemat budget!

5. Kaleng susu menyimpan seribu fungsi untuk dekorasi nikahanmu. Bisa berubah jadi apik dan ciamik sebagai vas bunga!

Kaleng susu

Kaleng susu via baysidebride.com

Jangan buang kaleng susu bekasmu secara terburu-buru. Barang ini bisa kamu manfaatkan di acara pernikahanmu, lho! Bahkan, bisa disulap menjadi vas bunga yang cantik dan memberi kesan vintage yang kental. Dengan tali cokelat yang dililitkan disekeliling botol, bisa buat dekorasimu jadi naik kelas yang bisa menghemat pengeluaranmu. Bisa dijadikan alternatif nih, guys!

6. Mendekorasi kursi tidak perlu ribet. Kain putih dan beberapa tangkai bunga pun bisa memberi kesan glamor di acaramu.

Bunga adalah kuncinya

Bunga adalah kuncinya via www.afloral.com

Menghias kursi nggak perlu dibikin ribet. Dengan kain tipis mengkilap murah dan mudah didapat di toko kain akan apik jika dipadukan dengan satu dua tangkai bunga. Kamu tinggal menutupi bagian depan dan belakang kursi, lalu menalikannya dengan bunga kesukaanmu. Lavender atau mawar bisa kamu jadikan pilihan, guys!

7. Kamu mau memberi nomer di meja tamu undanganmu? Pakai batu bata yang sudah dicat hitam dan kapur bisa menonjolkan tulisan ala blackboard.

Bata hitam

Bata hitam via www.weddingchicks.com

Ingin mencoba tema baru di acara nikahan sah-sah saja kok. Mungkin kamu pingin memberi nomor pada meja tamu undanganmu ala western wedding gitu. Semua itu bukan mustahil untuk diwujudkan. Untuk nomer meja yang unik seperti blackboard, kamu bisa pakai batu bata merah itu, lho. Kamu bisa beri warna hitam di seluruh permukaan batu bata. Setelah kering, ambil kapur putih untuk menuliskan nomernya. Selain unik, menyenangkan, acaramu pun tetap berada dalam level aman soal pengeluaran. Hehehehe.

8. Kehadiran bunga-bunga nggak boleh terlewatkan begitu saja. Menggantungkan di sebagian permukaan dinding akan buat acaramu makin sakral.

Latar cantik

Latar cantik via www.instagram.com

 Keindahan yang ditawarkan oleh bunga-bunga memang tidak bisa ditolak. Untuk memperindah venue resepsimu yang diadakan di dalam ruangan, kamu nggak boleh menyia-nyiakan bunga sebagai backdrop. Mungkin hanya sekedar hiasan, tapi dengan menggantung bunga yang penuh warna di dinding akan membuat suasana makin mengesankan. Mudah dan bisa kamu lakukan sendiri, kan?

9. Untuk photobooth yang sederhana tapi tetap berkesan, buat seperti korden dari kain renda dan hiasan bunga-bunga cantik.

Lumayan bisa buat photobooth

Lumayan bisa buat photobooth via www.wishahmonblog.com

Untuk photo booth yang bisa digunakan tamu undanganmu untuk berfoto-foto ria, kamu nggak perlu menganggarkan biaya yang terlalu mahal. Dengan kain bernuansa renda-renda putih dan hiasan bunga bak korden ini sudah bisa membuat tamumu senang mengambil gambar di sana. Kamu bisa menambahkan sebuah sangkar burung yang diisi bunga yang bisa mempermanis dekorasinya.

10. Menghias kursi yang sederhana jadi luar biasa pun bisa dengan bunga dan pita. Ikatlah secara rapat agar resepsimu makan mantap!

Penghias kursi

Penghias kursi via www.stylemepretty.com

Kalau kursi yang ada di venue pernikahannya polos-polos aja, jangan khawatir. Kursi yang awalnya biasa saja, bisa berubah menjadi istimewa dengan beberapa tangkai bunga yang diikatkan di bagian kanan atau kiri kursi menggunakan pita. Sebuah usaha yang nggak akan sia-sia demi terselenggaranya acara yang sakral dan mengesankan.

Untuk mendapatkan dekorasi yang apik tapi tidak mencekik budget nikahanmu kini bisa diwujudkan. Kamu hanya perlu memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan menyulapnya jadi istimewa. Mana nih dekorasi yang ingin kamu buat sendiri nantinya, guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya