Mengurus persiapan pernikahan memang nggak mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan sampai matang, bahkan berbulan-bulan sebelum acara.

Salah satu hal yang mesti dipikirkan sejak awal adalah undangan pernikahan. Kamu pasti ingin undangan pernikahanmu punya tema yang beda dan unik. Namun, beragamnya desain undangan yang ada juga buat kamu bingung memilih. Apalagi ternyata dari banyaknya bentuk undangan yang ditawarkan nggak sesuai dengan selera.

Advertisement

Sebelum kamu putus asa memilih desain undangan, Hipwee mau coba bantu menyiapkan beberapa desain yang bisa dipertimbangkan. Yuk, dilihat satu persatu!

1. Ditempel di atas kayu, kertas simpel warna cokelat pucat ini bisa jadi undanganmu

Meski pesta pernikahanmu bukan di dalam hutan pinus seperti Andien dan Ippe, undangan pernikahan dengan tema natural berunsur kayu sah-sah aja kok untuk kamu gunakan. Dengan komposisi warna yang natural dan nggak berlebihan, tampilan beberapa cetakan tulisan dan gambar yang berlubang membuatnya tampil catchy di mata.

2. Undangan pernikahan ala-ala buku kwitansi. Di belakangnya, ada foto pre-wedding yang ditempel manis

Ini bukan kwitansi bukan juga buku cek atau kumpulan voucher gratisan, tapi ini adalah undangan pernikahan. Coba kamu amati lagi baik-baik, bukannya masih jarang sekali ya ada undangan pernikahan dengan bentuk semacam itu? Jadi, bisa dong kamu pilih undangan ini untuk menyebar kabar kebahagiaanmu di pelaminan.

3. Undangan berbentuk brosur, dengan ilustrasi berwarna pastel. Nggak cuma sederhana, tapi juga santai dan ceria

Sekilas bentuknya seperti brosur, tapi ilustrasi, pemilihan warna serta tulisannya punya level yang jauh banget di atas brosur pada umumnya. Wah, si tamu juga pasti bakal kebayang tema pernikahan apa yang akan diusung oleh kamu. Pastinya konsepnya santai dan ceria gitu!

Advertisement

4. Undangan berbentuk kipas: nggak cuma unik tapi juga multifungsi. Tamu-tamu yang kamu undang langsung jatuh hati

Mau tahu apa yang bakal diucapkan kerabat dan juga teman perempuanmu saat mendapat undangan dari kamu,

Wah, unyu banget nih undangannya. Bisa buat kipasan, dijadiin pajangan juga rasanya sah-sah aja nih…

5. “Save the date” pernikahanmu bakal lebih kerasa lagi dengan undangan yang format gambarnya seperti kalender ini.

Undangan yang satu ini juga punya desain dan warna yang simpel. Pemilihan warna yang cukup mencolok cuma ada di amplopnya saja, sedangkan isinya cukup hitam putih dengan sedikit ikon hati berwarna merah di tanggal pernikahanmu. Tambahan pita berwarna cream pun udah cukup membuat “save the date” pernikahanmu kerasa di hati undangan.

6. Kesederhanaan warna hitam-putih memang paling bisa memunculkan kesan elegan. Nggak perlu banyak hiasan, cukup bermain di tipografi undangan.

chalkboard-style-wedding-invitations-560x510

Saat semua orang mencari undangan yang punya banyak hiasan di sana sini. Kamu cukup pilih undangan yang bermain dengan typography dan warnal natural hitam putih. Tenang, undanganmu itu sudah cukup terlihat mewah tanpa harus berlebihan

7. Gambar sebuah pohon besar yang didominasi warna hitam. Bisa banget jadi simbol “Pohon cinta” kamu dan pasangan.

Undangan pernikahan kali ini juga nggak perlu banyak tulisan di sana sini. Gambar pohon besar dengan detail-detail daun yang lebih menonjol udah cukup membuat penampilannya nggak membosankan.

8. Tema floral juga nggak harus meriah. Buat yang simple aja dengan ilustrasi 1-2 bunga

il_570xN.254092639

Kamu ingin undangan yang cantik dengan ilustrasi floral, tapi nggak ingin terlihat terlalu ramai juga. Buat aja ilustrasi bunga yang ukurannya agak besar, warna yang digunakan juga cukup merah bata, cokelat tanah dan krem. Bagaimana, manisnya undanganmu nggak berlebihan kan?

9. Ceriakan kartu undanganmu dengan dominasi warna oranye. Pilih juga tipografi yang manis dan hangat!

Kamu ingin pesta pernikahanmu terasa hangat dalam balutan kekeluargaan. Nah, supaya undanganmu juga mencerminkannya, warna oranye yang mendominasi bisa menampakkan suasana ceria yang hangat yang emang kamu inginkan. Nggak perlu hiasan juga untuk memberi kesan mewah, cukup pakai tipografi dan sentuhan ilustrasi bunga.

10. Kamu dan pasanganmu pencinta musik sejati? Sah-sah aja kalau undangan pernikanmu berbentuk vinyl.

Buat kamu dan pasangan musik adalah segalanya untuk kalian berdua. Apalagi kalian ternyata juga sama-sama berjiwa klasik. Udah deh, menjatuhkan pilihan di desain undangan berbentuk vinyl ini nggak bakal bikin kamu menyesal. Siapa tahu, kenalan atau temanmu mengira kalau ini benar-benar vinyl. Hehehe.

11. Undangan dengan hiasan perangko buat kamu si vintage yang elegan

Kesan klasik bakal lebih kuat, kalau kamu menambahkan beberapa perangko lama di tampilan depannya. Nuansa vintage-nya nggak bisa diragukan lagi ya?

12. Undangan ala peta yang warna-warni bisa menceritakan kisah perjalananmu dengan pasangan. Wah, bisa dijadiin pajangan!

Orang-orang yang suka travelling emang selalu punya kesan ceria, dan pasti juga punya banyak cerita yang bisa dibagikan. Biar orang tahu seperti apa kalian, kartu undangan dengan sedikit cerita dan ilustrasi ala-ala map cocok banget nih.

13. Undangan pernikahan kalian yang dibuat map ala-ala dongeng. Nggak kekanak-kanakan, justru bisa bikin berbinar para undangan

Undangan pernikahan juga nggak harus dengan desain kaku dan serius. Desain kekanak-kanakan dengan ilustrasi seperti dalam buku dongeng tetap bisa membuat undanganmu berkesan dengan sempurna kok. Percaya deh, pasti mereka yang melihat akan berbinar-binar dan senyum-senyum. Kalau perlu kamu juga bisa tambahkan beberapa cerita tentang perjalan cinta kamu dan si dia, siapa tahu kisanya mirip-mirip dongeng juga. Hehehe… *khayal*

14. Bawa kesan hangat di undanganmu dengan tema musim gugur. Cukup gambar aja sebuah batang pohon dengan detail daun menguning.

Undangan dengan hiasan batang bohon dan beberapa sisa daun yang menguning juga udah cukup menyampaikan kesan hangat dari kabar yang dibawa.

15. Punya saudara atau mungkin kamu sendiri jago gambar? Kenapa nggak kamu buat aja undangan pernikahanmu dengan artwork sketsamu

Undangan yang dilukis sekarang ini memang udah mulai banyak digunakan. Tapi, nggak ada salahnya juga kalau undangan pernikahanmu pun hasil karya tangan seseorang. Beruntung kalau, kamu punya teman atau saudara jago gambar yang berabik hati membuatkannya. Atau, jangan-jangan kamu sendiri pun bisa membuatnya. Jadi nggak perlu ngeluarin banyak modal juga kan untuk pesan cetak undangan.

Nah, dari 15 desain unik di atas, mana nih yang jadi favorit kalian?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya