Melakukan sesi foto prewed menjadi ritual yang seolah menjadi kebutuhan wajib bagi calon pengantin. Selain sebagai kenang-kenangan, hasil foto prewed ini biasanya juga digunakan sebagai pajangan pada undangan maupun saat pesta pernikahan. Nggak heran, banyak pasangan yang mempersiapkan momen ini mulai dari konsep, tempat, hingga busana yang dikenakan demi menampilkan kesan keromantisan. Namun ada juga beberapa pasangan yang enggan melakukan sesi foto prewed karena beberapa alasan tertentu.

Nah, jika kamu dan pasangan mungkin nggak sempat atau memang nggak menghendaki adanya sesi foto prewed layaknya pasangan kekinian lainnya, ada trik untuk mengakali agar pada undangan atau venue pesta pernikahanmu tetap terpasang foto kalian. Layak coba dan hemat biaya kok!

1. Foto jadul selama berpacaran yang digabungkan dan dikolase menjadi satu frame yang apik dan memorable

Foto jadul yang dikolase via www.instagram.com

Advertisement

Coba cek kembali galeri ponselmu, sudah berapa banyak foto yang kamu hasilkan selama masa berpacaran? Kumpulkan foto-foto tersebut untuk dikolase sebagai pengganti foto prewed. Selain itu, kamu juga bisa mengambil beberapa foto masa kecil ataupun momen penting seperti ulang tahun misalnya.

Atur foto-foto tersebut sedemikian rupa untuk menghadirkan kembali kenangan akan peristiwa penting di hidup kalian. Kamu bisa meniru kolase foto jadul milik Ayudia Bing Slamet dan suaminya, Ditto, yang memasang foto-foto jadul masa sekolah mereka saat akad nikah. Selain lebih natural dan timeless, ide mengumpulkan foto jadul ini unik, bukan?

2. Edit foto terbaik kalian sekreatif mungkin dengan latar impian sebagai background-nya

Mengedit foto sesuai dengan latar yang diinginkan via picsart.com

Jika kalian nggak sempat melakukan sesi foto prewed, jangan lupa bahwa di zaman teknologi sekarang ada yang namanya software untuk mengedit foto. Nah, coba kamu gunakan fotomu dan pasangan, lalu manfaatkan sebagai bahan untuk berkreasi demi mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan foto prewed dengan latar impian sebagai background-nya. Misalnya menggunakan latar film ataupun fenomena alam menakjubkan tanpa harus ke lokasinya langsung. Sangat menghemat bujet bukan?

3. Berfoto di dua tempat terpisah lalu digabungkan sesuai situasi yang ingin ditampilkan

Foto di tempat terpisah via www.brilio.net

Advertisement

Bagi pasangan yang nggak bisa melakukan sesi foto prewed karena alasan syariat agama misalnya, kalian bisa mengakalinya dengan melakukan foto di tempat terpisah untuk kemudian edit sedimikian rupa. Misalnya, ambillah foto di dua tempat terpisah, lalu gabungkan kedua foto tersebut menjadi satu frame yang menarik dan layak untuk dipasang di undangan maupun di venue pesta pernikahan. Dalam hal ini, kamu juga membutuhkan software khusus untuk mengedit foto agar komposisinya sesuai dengan yang kamu harapkan.

4. Mengubah fotomu dan pasangan menjadi sebuah sketsa tangan yang menggambarkan sebuah alur cerita tertentu

Sketsa wajah via www.pinterest.se

Kalau kamu ingin yang lebih unik lagi selain menggabungkan dua atau beberapa foto menjadi satu, cobalah berkreasi dengan mengubahnya menjadi bentuk sketsa tangan. Bagian tersulitnya adalah adalah menentukan foto mana yang akan dibuat sketsanya. Pilihlah foto kalian dengan pose yang oke untuk diaplikasikan menjadi sketsa, misalnya foto duduk bersebelahan sambil tersenyum. Agar lebih hidup, buatlah rangkaian sketsa yang disusun sedemikian rupa sehingga berkesan ada alur ceritanya. Untuk misi yang satu ini, kamu harus temukan orang yang ahli membuat sketsa wajah, ya!

5. Agar nggak kayak orang kebanyakan yang melakukan foto prewed, kenapa nggak kamu lakukan saja sesi foto post wedding? Malah sudah sah, ‘kan?

Post wedding via www.youtube.com

Trik ini cocok banget jika akad nikah dan resepsi pernikahanmu dilaksanakan dalam selisih waktu yang berjauhan. Sebagai solusi kamu yang nggak sempat melakukan sesi foto prewed, kamu bisa melakukan sesi foto bersama pasangan usai hari pernikahan. Foto post wedding juga terkesan lebih menguntungkan, pasalnya kamu bisa bebas berekspresi dengan pasangan halalmu. Apalagi bila pemotretan dilakukan sembari honeymoon. Keindahan di destinasi tujuan tentu akan menjadi latar belakang menakjubkan untuk mengabadikan momen kalian berdua. Hasilnya nanti bisa kamu pasang saat merayakan pesta pernikahan kalian deh!

Melewati sesi foto prewed nggak menjadi halangan bagi calon pengantin untuk bisa memajang foto kebersamaannya baik di dalam undangan maupun di venue pesta pernikahan. Beberapa trik di atas bisa jadi pilihan agar foto kalian tetap bisa ditunjukkan pada tamu undangan sekalian. Tentu saja, keputusan untuk melakukan trik-trik ini juga kembali ke masing-masing pasangan. Lakukan jika memang sepaham dan seturut dengan syariat keyakinanmu masing-masing, ya. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya