Membicarakan tentang negara India memang nggak akan ada habisnya. Negara ini merupakan negara dengan populasi penduduk yang banyak. Selain itu negara yang mendapat julukan Bollywood ini punya berbagai macam perayaan dan tradisi yang banyak dan unik. Khususnya dalam hal pernikahannya, di India rangkaian prosesi pernikahannya sangat panjang dan membutuhkan waktu beberapa hari. Dari mulai prosesi sebelum menikah, pesta pernikahan dan sesudah pernikahan.

Kalian yang suka nonton film India, pasti tau dong gimana ramai dan meriahnya acara pernikahan di India apalagi ditambah dengan tari-tarian dan nyanyian yang menjadi ciri khas negara Bollywood ini. Pakaian dan dekorasinya yang menampilkan banyak warna dan keceriaan. Nggak kebayang deh ribetnya. Adat yang digunakan dalam pernikahan India, biasanya juga kombinasi antara tradisi agama yang mereka yakini, yaitu antara lain, Hindu, Islam, Sikhs, Jains dan tradisi keluarga. Acara pernikahan pun bisa berlangsung selama 3-4 hari.

Nah guys, kali ini Hipwee akan bahas tentang ritual pernikahan India dan tahapannya apa aja. Yuk disimak 🙂

Prosesi sebelum pernikahan:

1. Sebelum menikah ada upacara yang dinamakan ritual shagun

ritual shagun via www.indiatimes.com

Advertisement

Upacara shagun yaitu, kunjungan ibu pihak pria ke rumah calon wanita sambil membawa hadiah, baju, beras, dan perhiasan. Setelah hadiah itu diterima, kedua keluarga membicarakan tanggal pernikahan. Kalau di Indonesia disebutnya lamaran.

2. Selain ritual shagun, ada juga ritual utama yaitu pithi

ritual pithi via www.newslovetime.com

Ritual pithi ini melambangkan keberuntungan. Dilakukan secara terpisah di kediaman masing-masing pria dan wanita. Tradisi ini mengolesi pasta yang terbuat dari turmerik; tepung dan air mawar di kulit calon pengantin.

3. Acara bertukar cincin yang disebut upacara magni

upacara magni via www.shaadicury.com

Ini adalah sesi pertunangan dengan calon pengantin bertukar cincin di hadapan keluarga. Biasanya kalau di Indonesia, prosesi ini bersamaan dengan lamaran. Jadi, sekalian lamaran dan pertunangan.

4. Menghias kaki dan tangan dengan indah, upacara mehndi menjadi yang paling ditunggu

upacara mehndi via www.weddinggeye.com

Setelah upacara magni selesai, selanjutnya ada ritual mehndi atau mehendi. Calon mempelai wanita akan dipakaikan mehndi. Proses ini bertujuan untuk menghias tangan dan kaki mempelai wanita. Upacara ini diadakan di rumah mempelai wanita. Calon mempelai wanita biasanya ditemani dengan teman-teman terdekat dan saudara sepupu yang belum menikah. Dalam ritual mehndi biasanya akan disuguhkan makanan dan musik. Pesta menari pun digelar di rumah calon pengantin pria dan wanita secara terpisah. Keluarga yang tua biasanya menyanyikan lagu tradisional dan memberkati sang pengantin wanita. Mehndi memiliki corak yang sangat indah dan mempunyai banyak makna. Masyarakat India percaya, semakin hitam mehndi semakin langgeng hubungan rumah tangganya.

5. Setelah upacara mehndi, tahap terakhir sebelum hari pernikahan adalah upacara haldi

upacara haldi via www.indiatimes.com

Dalam ritual ini, wewangian bunga melati dan aroma segar lainnya disiram di tubuh wanita dan pria. Keduanya pun dilarang keluar rumah, karena acara pernikahan akan berlangsung besok. Kalau di Indonesia namanya prosesi siraman.

Prosesi ketika pernikahan:

6. Penyambutan pengantin pria dan keluarganya yang disebut ritual baraat

ritual baraat via www.indiatimes.com

Semua keluarga menyanyi diiringi dengan musik, lalu ibu pengantin wanita akan menyambut pengantin pria dengan ritual yang disebut Varah Satkaarah. Ibu pengantin wanita menerima pengantin pria dengan menerapkan tilak (bubuk kumkum merah dan beras) di dahi pengantin pria yang menandakan keberuntungan pemberkatan. Setelah itu Ibu pengantin wanita mendampinginya ke mandap atau altar dengan kanopi yang menggambarkan rumah baru bagi pengantin. Pengantin pria lalu berdoa pada dewa Ganesha. Selanjutnya ada ritual Kanya Aagaman yaitu ritual mempertemukan pengantian wanita dengan pengantin pria. Pengantin wanita akan didampingi paman dan bibinya.

ritual mengelilingi api suci via www.indiatimes.com

Selanjutnya ada ritual Jai Mala yaitu ritual ketika pengantin saling bertukar kalung bunga, dan dilanjutkan dengan ritual  Hasta Melap dimana ayah dari pengantin wanita menyiram air suci di tangan pengantin. Selanjutnya ada ritual Vivah Havan, agni atau api dihidupkan, lalu pengantin mengelilingi api suci (Madhuparka) tersebut sebanyak tujuh kali sambil mengucap janji setia.

Prosesi stelah pernikahan:

7. Tahap terakhir dari prosesi pernikahan yang begitu panjang yaitu Kanyadaan

ritual kandayaan via www.indiatimes.com

Kanyadaan adalah ritual pernikahan adat India yang terakhir, ritual ini merupakan penyerahan pengantin wanita kepada pengantin pria oleh keluarganya. Selanjutnya, pengantin wanita akan tinggal di rumah pengantin pria sebagai menantu mereka.

Gimana Guys, udah tau kan tahapan pernikahan adat India apa aja. Walaupun terkesan ribet dan melelahkan, tapi ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan tradisi kebudayaan mereka lho. Terlihat unik dan menarik banget ‘kan. Apalagi dengan melihat pakaian dan perhiasaan mereka yang glamour dan rame banget, acara pernikahan pun jadi semakin meriah, tapi nggak menghilangkan momen suci dan sakralnya. Pecinta film Bollywood wajib tau nih 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya