Waspada Micro Cheating; Perselingkuhan Tipis-tipis yang Seringnya Nggak Disadari. Bahaya!

apa itu micro-cheating

Pernikahan merupakan sebuah komitmen yang akan selalu dipegang seumur hidup. Namun, pada praktiknya, memegang komitmen tersebut tidak semudah kedengarannya. Akan ada berbagai masalah yang bisa tiba-tiba datang di tengah jalan. Baik itu hal sepele atau masalah yang lebih besar, atau justru masalah besar yang timbul karena masalah kecil yang dibiarkan. Salah satu persoalan yang terkesan sepele yang sebenarnya perlu diwaspadai adalah micro cheating.

Advertisement

Sesuai namanya, micro cheating adalah tindak kecurangan kecil, tapi sebenarnya tak bisa dibiarkan begitu saja. Pun demikian juga bukan sebesar masalah perselingkuhan. Jika kamu penasaran bagaimana batasannya, simak yuk penjelasan Hipwee Wedding berikut ini!

Mungkin mendengar frasa micro cheating terdengar seperti hal sepele karena kata micro-nya, tapi hal ini ternyata bisa mengarah ke hal berbahaya

Hmm kok senyum-senyum sendiri/ Credit: Today via www.today.com

Dilansir dari Times, menurut seorang terapis pernikahan bernama Lindsey Hoskins, micro cheating adalah sebuah kebiasaan menggoda orang lain yang berada di garis antara kesetiaan dan ketidaksetiaan. Hal ini bisa berbeda tergantung pada hubungan dan orang-orangnya. Biasanya hal ini bisa terindikasi dengan adanya tindakan berupa kecurangan kecil baik secara emosional maupun secara fisik. Walau terdengar hanya sepele atau bercanda, lama-lama jika tidak terkontrol hal ini akan berdampak pada hubungan pernikahan suatu pasangan.

Ada beberapa kecurangan kecil yang mungkin jika dilihat dari beberapa pasangan akan terkesan biasa saja, tapi bisa jadi merupakan tanda bahaya

Chat sama siapa sih kok senyum-senyum begitu?/Credit: Bonobology via www.bonobology.com

Jika kamu melihat pasanganmu sedang swipe-swipe di aplikasi pencarian jodoh walau hanya untuk senang-senang atau menggoda 0rang asing yang terlihat lucu, hal ini sudah termasuk ke micro cheating. Contoh lainnya adalah saat pasangan mulai berhubungan dengan mantan atau dengan rekan kerja tapi bukan membicarakan perihal pekerjaan. Hal ini juga bisa dilihat dari tingkat keintensan pasangan berkomunikasi dengan seseorang melalui media sosial.

Advertisement

Jika micro cheating merupakan hal yang terkesan sepele, lalu apakah hal tersebut bisa membahayakan bagi hubungan pernikahan?

Curi-curi kesempatan/ Credit: Pizza Bottle via pizzabottle.com

Dilansir dari Times, menurut Dibble seorang associate professor bidang komunikasi, menggoda orang yang atraktif selain pasangan bukan tindakan yang berbahaya. Hal tersebut hanya digunakan untuk memenuhi ego sesaat saja. Mungkin kebiasaan-kebiasaan tersebut hanya  digunakan untuk senang-senang tanpa ada intensi untuk hal lain, namun jika dibiarkan ternyata kebiasaan ini bisa menaruh hubungan pernikahanmu ke dalam bahaya.

Kebiasaan inilah yang bisa menjadi batu loncatan ke perselingkuhan yang sebenarnya. Hal ini akan semakin berbahaya jika suatu hari ada masalah dalam rumah tangga. Alih-alih berniat mennyelesaikannya, bisa jadi pasangan yang sudah terbiasa melakukan micro cheating akan mengambil jalan pintas dengan benar-benar berselingkuh secara emosional.

Jika kamu sudah mulai mengidentifikasi hal ini, mungkin kamu bingung bagaimana caranya menghadapi. Cara berkomunikasi adalah kunci

Advertisement

Kuncinya komunikasi/ Credit: Family Meditation Center via familymediationcenter.ca

Pada saat tersebut kamu harus berani mengomunikasikannya untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan terhadap apa yang ia lakukan. Jika kamu tak mengungkapkannya, justru ia akan semakin menganggap hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan biasa. Namun, caramu menyampaikan juga perlu trik tertentu. Jika kamu menyampaikan dengan nada seolah menuduhnya bisa jadi kalian malah akan bertengkar karena ia merasa diserang.

Dilansir dari Ask Men, kamu bisa menghindari kata-kata sensitif seperti ‘micro cheating‘ itu sendiri dan ‘selingkuh’. Kamu bisa menggantinya dengan menanyakan sikapnya diikuti dengan pertanyaan ‘mengapa’. Jangan lupa untuk mendengarkan alasannya sehingga kamu bisa juga mendapatkan insight dari pasanganmu.

Terakhir, jika kamu tak begitu yakin apa yang termasuk micro cheating, kamu bisa menanyakan, “Apakah jika pasanganmu di sana saat kamu melakukannya, apakah kamu tetap akan melakukan hal tersebut? Apakah kamu akan merasa malu jika mereka tahu?. Jika ya, hmm, bisa jadi pasanganmu termasuk pelakunya nih!

Kalau menurut kamu, apa saja nih hal-hal lain yang masuk micro cheating tapi suka nggak disadari?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE