Mengenal Asuransi Pernikahan, Jaminan Jika Terjadi Hal-hal yang Tak Diinginkan di Hari Bahagia

asuransi pernikahan

Belakangan ini marak kisah para pengantin yang harus bersedih di hari pernikahannya karena tertipu oleh sebuah wedding organizer abal-abal di Depok, Jawa Barat bernama Panda Manda. Hari yang seharusnya membuat pengantin bahagia justru berlangsung dengan menyedihkan karena makanan yang tidak tersedia hingga susunan acara yang kacau balau. Bahkan ternyata pihak yang dirugikan tak hanya pengantin tapi juga vendor-vendor yang tak kunjung dibayar. Jumlah korbannya pun ternyata nggak sedikit, tapi sudah mencapai puluhan. Duh!

Advertisement

Dengan adanya kasus ini, ada juga beberapa vendor yang ingin memberikan bantuan kepada korban penipuan dengan syarat bukti pembayaran ke pihak WO. Namun, hal ini tak selalu bisa diandalkan semua orang setelah tertipu. Untuk menggantikannya, kini ada yang namanya asuransi pernikahan. Kita simak yuk penjelasan selengkapnya!

1. Sama dengan produk asuransi lainnya, asuransi pernikahan memiliki tujuan untuk melindungi pengantin dari risiko yang mungkin terjadi

Pengantin pun bahagia/ Credit: Matt Fox via www.matt-fox-photography.com

Asuransi ini memiliki tujuan jika terjadi sesuatu di luar rencana pada pernikahanmu, maka kamu akan tetap aman karena pihak asuransi yang akan menggantinya. Misal jika terjadi sesuatu saat pengiriman busanamu kemudian pakaian tersebut malah hilang atau rusak, maka pihak asuransi tersebut akan menggantinya, termasuk jika ternyata makanan dari pihak katering tidak ada seperti pada beberapa kasus pengantin yang tertipu oleh Panda Manda.

2. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi saat hari pernikahanmu, risikonya ternyata bukan perihal cuaca saja!

Musim hujan/ Credit: Lea-Ann Balter via lea-annbelter.com

Bencana alam merupakan sesuatu yang tak terhindarkan, hal ini dapat berpengaruh besar pula pada pernikahanmu. Risiko lain yang mungkin terjadi antara lain adalah kerusuhan, kejahatan, terorisme, hingga kebakaran lokasi pernikahan. Hal-hal lain layaknya orang tua, wali, atau pengantin yang meninggal karena kecelakaan selama di perjalanan juga mungkin terjadi pada pernikahanmu. Risiko inilah yang bisa kamu pakai sebagai pertimbangan akan mengikuti asuransi yang satu atau tidak perlu.

Advertisement

3. Ada beberapa risiko yang mungkin terjadi  pada pernikahan yang bisa di-cover oleh asuransi yang satu ini

Katering kosong/ Credit: Seputar Pernikahan via www.seputarpernikahan.com

Ada beberapa hal utama yang akan menjadi sorotan untuk di-cover asuransi pernikahan karena merupakan hal-hal yang umum terjadi, misalnya cuaca buruk saat acara digelar outdoor, maka pihak asuransi akan memberikan penjadwalan ulang dan menanggung biayanya. Terjadinya sesuatu pada vendor yang menyebabkan kekacauan acara seperti penipuan juga menjadi fokus utama.

Selain hal-hal utama tersebut, kamu juga bisa kok memasukkan adannya kemungkinan risiko lain ke dalam additional coverage namun juga dibarengi harga yang lebih mahal. Tambahan coverage ini mulai dari dokumentasi, kecelakaan, bahkan hingga bulan madu.

4. Jadi, walaupun asuransi pernikahan mungkin masih jarang ditemui, namun ternyata hal ini perlu kamu pertimbangkan

Advertisement

Kena banjir/ Credit: s6photography via www.s6photography.co.uk

Kamu mungkin sudah menyiapkan pernikahanmu dari  lama baik secara konsep maupun uangnya juga. Berbagai vendor sudah kamu temui, namun bukan berarti hal ini dapat menyelamatkanmu dari risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi. Justru dengan banyaknya hal yang kamu urus, selalu ada kemungkinan untuk terjadi satu hal yang terlewati. Uang yang dipakai pun bukan hanya satu atau dua juta, namun bisa jadi hingga ratusan juta. Jika tidak dipersiapkan, kamu mungkin akan rugi besar-besaran jika sampai terjadi sesuatu dengan pernikahanmu. Di sinilah mengapa asuransi bisa menjadi sesuatu yang kamu pertimbangkan.

Namun demikian, perlu diingat bahwa asuransi bukan sesuatu yang harus. Kamu bisa meminimalisir berbagai risiko yang ada dengan beberapa hal seperti memilih tanggal pernikahan di bulan dengan cuaca yang bagus, hingga melakukan banyak survei terhadap vendor yang akan kamu gunakan. Sehingga kamu tak perlu cemas berlebihan walau tidak mengikuti asuransi pernikahan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE