Bukan Cuma Soal Cuaca, Ini 5 Pertimbangan Penting Saat Pilih Resepsi Nikah Indoor atau Outdoor

Venue indoor vs outdoor untuk pernikahan

Memillih venue pernikahan dapat menjadi hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Tapi sebelum memilih venue, ada baiknya kamu dan pasangan putuskan dulu ingin membuat pesta di dalam ruangan atau luar ruangan. Hal ini tergantung dari konsep yang kamu inginkan, serta tak lupa juga berkaitan dengan anggaran.

Advertisement

Meskipun biasanya cuaca turut jadi pertimbangan utama, sebenarnya ada beberapa hal lain juga yang perlu kamu pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggelar pernikahan di dalam atau di luar ruangan. Agar nggak sampai salah langkah, simak dulu yuk ulasannya berikut ini!

1. Suhu di gedung bisa kamu atur, sedangkan di area outdoor kamu hanya bisa berdoa agar cuaca nggak membuat make-up-mu luntur

Awas! Make-up luntur via imagenesmi.com

Biasanya gedung memiliki suhu ruangan yang bisa diatur, jadi kamu nggak perlu takut tamu kepanasan atau kedinginan, sedangkan di area outdoor kamu harus siap sedia jika tamu menggerutu kepanasan terkena matahari atau basah karena kehujanan.

Kamu juga perlu siap-siap untuk ikhlas jika akhirnya make-up-mu harus luntur terkena keringat atau air hujan.

Advertisement

2. Masih berkaitan dengan cuaca, kamu harus sewa tenda jika pernikahan outdoor-mu diselenggarakan di musim hujan

Tenda pernikahan outdoor via singaporebrides.com

Sebenarnya pernikahan indoor atau outdoor bisa dilakukan kapan saja, termasuk ketika musim hujan. Bedanya, saat kamu menikah di dalam ruangan tentu nggak perlu memasang tenda. Sedangkan jika menikah di area outdoor saat musim hujan, tenda sebaiknya tersedia. Atau kalau nggak ingin memasang tenda, kamu bisa juga menyediakan payung meski ini jelas lebih merepotkan.

3. Pesta pernikahan outdoor identik dengan suasana yang santai, sebaliknya pesta indoor terkesan lebih formal

Outdoor lebih formal via www.mercuryhall.com

Pesta pernikahan outdoor bisa kamu gelar di alam terbuka seperti pesta kebun, picnic wedding, atau bahkan dengan venue di pinggir pantai. Suasana tersebut membangun kesan santai dalam pernikahanmu. Sebaliknya, susana dalam gedung biasanya terkesan formal. Pilihannya tergantung pernikahan seperti apa yang kamu inginkan.

4. Kendala logistik ternyata nggak hanya dialami saat melaksanakan pernikahan outdoor lo, indoor juga punya kemungkinan

Persiapan dekorasi via celestikal.wordpress.com

Menikah outdoor memiliki kemungkinan akan adanya kesulitan menata barang-barang seperti dekorasi karena areanya. Namun menikah indoor di gedung yang berada di lantai tinggi juga memungkinkan adanya kesulitan untuk instalasi.

Advertisement

5. Jangan lupa, tamu yang datang mungkin akan perlu ke toilet dengan air bersih

Toiletnya juga didekorasi via www.imagenesmi.com

Jika memilih venue outdoor, kamu harus memastikan bahwa ada toilet yang terjangkau dan memiliki air bersih. Kamu bisa memastikan ketersediaan ini ke vendor jika kamu memakainya. Di gedung pun kamu juga sebaiknya memastikan bahwa toilet yang tersedia memiliki air brsih, namun biasanya hal ini lebih mudah didapatkan.

6. Untuk biaya, memang nggak terlampau jauh, tapi biaya menikah di outdoor cenderung lebih murah dibanding sewa gedung

Perhitungkan bujetnya via www.kiplinger.com

Dengan perhitungan jumlah tamu yang sama, pernikahan di area outdoor cenderung lebih murah karena sewa tempat biasanya lebih murah daripada di gedung. Jika memilih tempat yang sudah biasa digunakan untuk melangsungkan pernikahan outdoor, dekorasi biasanya sudah termasuk dalam paket.

Apapun pilihannya, pastikan kamu sudah membuat konsep acara dan mempertimbangkannya dengan matang. Selain hal-hal tersebut kamu juga perlu memastikan tempat yang kamu pilih tidak sulit dijangkau sehingga nggak merepotkan tamu undangan. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE